Yuk, Rayakan Earth Hour Dengan Menggunakan Produk Pembersih Alami!

Earth Hour yang diperingati pada tanggal 19 Maret tentunya tidak asing lagi di telinga Anda. Diselenggarakan oleh WWF (World Wildlife Fund), Earth Hour merupakan gerakan yang bertujuan menyatukan orang di seluruh dunia untuk melindungi dan melestarikan planet bumi. Sebagai makhluk yang bertempat tinggal di bumi, sudah sepatutnya kita bertanggung jawab akan kesejahteraan lingkungan kita.

Akan tetapi, sadar atau tidak, produk pembersih rumah yang tersedia di pasaran sekarang banyak mengandung zat kimia berbahaya dan dapat beresiko membahayakan tidak hanya kesehatan penghuni rumah, namun juga kelestarian lingkungan sekitar dan organisme lainnya. Contohnya: limbah produk pembersih yang dibuang ke saluran air.

Source: heinzabc.co.id
Source: heinzabc.co.id

Seringkali, produk pembersih yang dipakai justru lebih berbahaya dibandingkan dengan kuman dan kotoran yang hendak dibersihkan. Terutama jika Anda memiliki buah hati, sebaiknya Anda mempertimbangkan bahan pembersih alami sebagai solusi pembersih rumah Anda. Selain ramah lingkungan dan hemat biaya, bahan pembersih alami seperti lemon, baking soda, dan cuka juga mudah diperoleh.

1. Pembersihan Kaca Jendela & Cermin

Debu dan kotoran yang menempel di kaca jendela dapat menyebabkan permukaan kaca menjadi tampak buram dan kusam. Selain tidak enak dipandang mata, kaca yang kotor juga menghalangi sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Source: healthnewslibrary.com
Source: healthnewslibrary.com

Tenang, jendela rumah dan cermin dapat dibersihkan secara efektif dengan 4 sendok jus lemon dan setengah galon air. Campur kedua bahan tersebut lalu lap kaca dan cermin secara menyeluruh.

2. Pembersihan Kompor Masak & Peralatan Dapur

Bagi Anda yang sering memasak, tumpahan/ kotoran pada permukaan kompor adalah hal yang wajar. Tumpahan ini dapat dibersihkan dengan taburan garam dan kayu manis/ cinnamon. Selain membersihkan, kayu manis juga dapat menutupi dan menghilangkan bau hangus yang terdapat pada kompor dan peralatan dapur lainnya.

Source: stylepresso.com
Source: stylepresso.com

Untuk kompor dengan permukaan keramik, gunakan sikat gigi dengan larutan baking soda untuk membersihkan sela-sela dan bagian yang tidak terjangkau oleh kain lap.

3. Pembersihan Lantai

Lantai merupakan cerminan kebersihan yang penting dari setiap rumah. Bayangkan jika lantai Anda kotor, lengket, dan berdebu. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda di rumah, apalagi jika Anda memiliki buah hati yang senang menghabiskan waktu bermain dan duduk di atas lantai.

Source: berita9online.com
Source: berita9online.com

Untuk membersihkan lantai dengan bahan alami, tuangkan larutan cuka ke dalam seember air hangat (pastikan bahwa airnya hangat!). Campuran ini cocok untuk membersihkan permukaan lantai ubin, keramik, vinyl, dan kayu. Selain membuat lantai rumah Anda mengkilap, larutan cuka dan air hangat juga dapat menghilangkan residu minyak yang menempel.

Terkadang, aktivitas membersihkan rumah seorang diri dapat terasa melelahkan. Tetapi, dengan hadirnya Beres.id sekarang, Anda selalu dapat meminta ahli profesional/ pembantu rumah tangga untuk mengerjakannya.

Jika Anda membutuhkan jasa bersih-bersih rumah, Anda dapat menyewa jasa pembersih/ cleaning service profesional melalui www.beres.id !

Yuk, jaga kelestarian bumi kita dengan menerapkan green cleaning dan memanfaatkan produk pembersih alami!

 

By Cindy Junovica