Wujudkan Proses Pindah Rumah Bebas Kendala Lewat 8 Tips Relokasi Berikut

Melelahkan, bikin stress dan ‘bawaannya’ selalu was-was! Kira-kira begitu lah cara paling tepat untuk mendeskripsikan apa yang kita rasakan saat menjelang pindahan rumah. Pernah mengalaminya?

Tenang, semua mimpi buruk tentang pindah rumah tersebut tidak akan menjadi kenyataan jika Anda merencanakan dan mempertimbangkannya dari jauh-jauh hari dengan matang. Untuk memulai, mari simak 8 tips dan trik berikut yang perlu Anda ketahui sebagai panduan.

Image Credit: thespruce
Image Credit: thespruce

1. Tau cara packing efektif

Packing adalah salah satu bagian paling rumit dari rangkaian perpindahan rumah. Karena memakan waktu yang relatif lama, ada baiknya Anda mulai mengemasi barang dari jauh-jauh hari. Jika mendadak dan tergesa-gesa, hal-hal buruk seperti barang yang tertinggal, manajemen packing yang amburadul, dan barang bersifat ‘bongkar-pasang’ yang rusak menjadi semakin mungkin terjadi.

Beres.id pernah membahas cara mengemas barang secara efektif saat pindahan rumah. Klik di sini untuk tahu detail selengkapnya.

Image CreditL firemen moves
Image Credit: firemen moves

2. Persiapkan Survival Box untuk hindari ‘bongkar pasang’ koper yang sudah dirapikan sebelumnya

Butuh sekurang-kurangnya dua minggu hingga Anda dapat bernafas lega saat semua urusan pindahan selesai. Persiapkan ‘survival box’ berupa persediaan kebutuhan sehari-hari yang Anda perlukan. Mereka yang termasuk kategori ini di antaranya; peralatan mandi, handuk, peralatan makan, beberapa baju bersih dan hal lainnya yang mutlak diperlukan sehari-harinya.  Survival box juga sudah selayaknya dikemas dengan rapih di sebuah tas atau box yang cukup besar.

Image Credit: equity management reality LLC
Image Credit: equity management reality LLC

3. Beri label pada semua box atau koper saat packing

Jangan mengandalkan ingatan seperti “box berisi pernak-pernik di lemari kamar ada di box yang berwarna cokelat yang tidak terlalu berat”. Tulis. Beri label pada box-box ini untuk memudahkan Anda nantinya saat hendak mengeluarkan dan menempatkan mereka di rumah baru. Alternatif lain adalah dengan menempelkan label pada masing-masing box lalu buat pendataan sendiri. Misal, satu box diberi label/tanda warna tertentu untuk kemudian tulis deskripsi di secarik kertas bahwa, misal, box dengan label berwarna merah berisi buku-buku, satu box kecil yang memuat pajangan di meja belajar serta semua koleksi tas ransel Anda.

Image Credit: penny hoarder
Image Credit: penny hoarder

4. Donasikan atau Jual Barang Tidak Terpakai

Salah satu momen terbaik dari packing saat pindahan adalah ketika kita menyadari ada banyak barang di rumah yang sebenarnya tidak begitu Anda pakai atau bahkan perlukan. Jika sudah demikian, untuk apa buang-buang tenaga mencari cara mengemas mereka? Jual sofa di ruang tamu yang Anda beli saat diskon gede-gedean tahun lalu, donasikan pakaian yang sudah lama sekali Anda tidak gunakan karena perubahan ukuran badan, tukar tambah televisi kamar tidur Anda dengan yang lebih canggih.

Image Credit: KSL
Image Credit: KSL

5. Pilih Truk Pickup atau Truk Engkel? Sesuaikan kebutuhan!

Kemas dan packing mungkin masih bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Namun perkara transportasi saat relokasi barang-barang di hari H? Menggunakan jasa profesional jelas merupakan satu-satunya keputusan bijak yang perlu Anda ambil. Umumnya, terdapat dua jenis transportasi pengangkut yang bisa dimanfaatkan untuk pindahan, yakni truk pickup untuk pindahan yang tergolong ringan dan truk engkel yang menyediakan lebih banyak ruang untuk barang-barang Anda yang ingin direlokasikan.

Kedua pilihan ini bisa Anda dapatkan lewat para penyedia jasa pindahan profesional yang terhubung dengan Beres.id. Namun sebelum melakukan pesanan, mari ketahui lebih baik perbedaan dari apa yang keduanya tawarkan sebagai berikut untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan Anda!

Truk Pickup Truk Engkel
Dimensi : 230 x 160 cm Dimensi : 310x 160 cm
Kapasitas : max 700 kg Kapasitas : max 2000 kg
Estimasi muatan : Beberapa box (tergantung cara penempatan) berisikan baju dan barang non fragile lainnya, 1 meja belajar, 1 meja rias, 1 hingga 2 kursi kerja, furnitur ‘bongkar pasang’ IKEA, dan 1 unit mesin cuci. Estimasi muatan : 1 Kasur ‘bongkar pasang’ ukuran single atau queen, 1 ‘bongkar pasang’ lemari pakaian, 1 meja belajar, 1 meja lampu kamar,  1 hingga 2 kursi kerja, 1 kulkas (satu pintu), 1 mesin cuci, 1 meja rias, maksimal 10 box berisi baju dan barang non fragile lainnya.

Kedua penawaran di atas sudah termasuk penyediaan troli, terpal dan tali. Harga terjangkau yang harus dibayarkan nantinya sudah meliputi biaya bensin, tol serta parkir (jika ada), biaya supir dan 1 helper jika Anda memesan paket Engkel

Info penawaran lebih lengkap, akses di sini.

button request jasa

 

Kenwood Moving & Storage Inc

6. Kontak dan perbaharui detail alamat Anda pada pihak-pihak yang mungkin membutuhkan

Lakukan ini setidaknya 2 minggu sebelum pindah. Beberapa pihak yang perlu Anda kabari antara lain: pihak Bank untuk mengirimkan tagihan atau surat bulanan ke alamat yang baru, sekolah atau kampus, database kantor, pimpinan wilayah setempat seperti kelurahan atau RT/RW, serta pihak asuransi. Daftar barusan masih dapat berbuntut dan tergantung dari masing-masing dari kita.

Image Credit: the spruce
Image Credit: the spruce

7. Kunjungi dan pelajari medan lokasi baru

Kembali lagi, ini sepatutnya dilakukan dari jauh-jauh hari atau setidaknya 2 minggu sebelum pindah. Beberapa yang harus diperhatikan:

  • Akses ke transportasi umum
  • Aksesibilitas ke lokasi lain.
  • Restoran serta klinik atau rumah sakit di sekitar tempat tinggal yang baru
  • Para tetangga. Ada baiknya Anda mengunjungi satu atau dua tetangga yang sepertinya dapat menyambut Anda dengan hangat. Hal ini diperlukan karena tidak menutup kemungkinan Anda memerlukan bantuan orang lain saat masa repotnya perpindahan. 
Image peekbrotherspainting
Image Credit: peekbrotherspainting

8. Periksa ulang kelayakan rumah sebelum ditinggal

Khususnya bagi Anda yang berniat menyewakan atau menjual kembali unit yang sebelumnya ditempati. Pastikan setiap sudut bersih sembari melakukan pengecekan ulang apakah ada yang terlewat dari analis. Anda harus memastikan segalanya masih berfungsi dengan baik dan nampak tetap bersih. Situasi paling umum adalah banyaknya bekas-bekas paku untuk frame foto, poster dan sebagainya. Jika sudah begini, Anda bisa lakukan hal sederhana seperti menambalnya dengan pasta gigi untuk kemudian Anda cat ulang kembali.