Wujudkan Konsep Rumah Skandinavian Yang Lagi Ngehits Di Tahun 2018

Konsep Skandinavian atau juga dikenal dengan istilah Nordic design bertahan hingga kini di jajaran konsep hunian paling diminati di dunia. Konsep yang menggabungkan unsur minimalis dan fungsionalitas ini baru mulai benar-benar mendunia dan menjadi sorotan utama dalam ranah industri desain interior, khususnya rumah, pada tahun 2016.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak pemilik rumah yang menyulap hunian mereka dengan konsep ini. Para aktor di industri properti juga tidak kalah gencar menjadikan konsep ini sebagai salah satu yang dijagokan di pasaran. Bagaimana dengan Anda? Berikut 10 langkah brilian dan praktis untuk mewujudkan hunian a la Skandinavian impian Anda.

1. Cat Dinding Menggunakan Warna Netral

Apapun yang masih seputar nuansa monokrom adalah pilihan yang tepat untuk konsep rumah Skandinavian. Namun abu-abu atau off-white sekiranya memiliki kekuatan tersendiri untuk diterapkan pada hunian di negara bercuaca cenderung panas menyengat seperti halnya Indonesia. Dua pilihan warna ini dapat memberi kesan sejuk tersendiri pada hunian.

Image Credit: freshome.com
Image Credit: freshome.com

2. Dekorasi Dinding Dengan Ukuran Lebih Besar

Salah satu tujuan penggunaan warna netral pada dinding adalah agar dinding itu dapat menjadi latar belakang yang cantik dan elegan untuk memaksimalkan kehadiran lukisan, bingkai, serta dekorasi dinding lainnya. Konsep Skandinavian umumnya mengutamakan dekorasi dinding dengan ukuran yang lebih besar dengan motif yang tidak jauh dari nuansa geometris seperti garis-garis, polkadot, atau heksagonal.

Motif rumit seperti pemandangan akan membuat ruangan terkesan ‘penuh’ dan sempit, yang tentunya tidak sesuai dengan prinsip Skandinavian. Anda juga dapat beralih ke pajangan typography berisikan kalimat motivasi, misalnya, sebagai alternatif yang tidak kalah menarik dan sejalan dengan konsep.

Image Credit: pinterest.com
Image Credit: pinterest.com

3. Terapkan “less is more”

Ini berkaitan dengan prinsip utama Skandinavian itu sendiri yang menerapkan paham minimalisme dan fungsionalitas. Konsep ini membuat rumah memiliki lebih sedikit barang atau furniture dalam setiap ruangan. Bahkan, ada beberapa inovasi furniture yang serbaguna dari segi fungsi. Misal, situasi bawah tangga rumah yang disulap menjadi rak buku atau sepatu. Masih seputar rak, keberadaan berbagai jenis kabinet sangat lazim ditemukan di rumah berkonsep Skandinavian karena fungsinya yang dapat menyimpan berbagai macam hal. Segala sesuatu harus terorganisir dengan rapih dan efisien jika Anda benar-benar ingin mengusung konsep ini.

Image Credit: arsitag.com
Image Credit: arsitag.com

4. Letup-letup Warna Pada Perabot atau Furniture BUKAN Larangan

Meskipun diselimuti dinding yang berwarna netral dan segala sesuatunya terkesan minimalis, bukan berarti kita tidak dapat bermain dengan warna. Anda dapat tetap menghadirkan warna-warna cerah pada perabot atau furniture rumah, sebut saja seperti karpet di wilayah meja makan, sofa di ruang keluarga, atau mungkin rak gantung dari kayu di kamar tidur.

Akan menjadi nilai plus jika Anda mempertimbangkan pemilihan warna yang masih berkaitan dengan warna bernuansa alam seperti hijau, biru, atau cokelat terang.

Image Credit: interiordesign.id
Image Credit: interiordesign.id

5. Pastikan Banyak Pencahayaan Alami Masuk ke Dalam Rumah

Tema ini identik dengan jendela berukuran lebih besar agar lebih banyak cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Berhubung dalam konsep hunian ini, keberadaan tanaman di dalam rumah juga disarankan, pemasangan jendela seperti ini juga dapat membantu sahabat hijau tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Image Credit: home-designing.com
Image Credit: home-designing.com

6. Perbanyak Perabot Berbahan Dasar Alami

Minimalkan penggunaan perabot atau barang berbahan metal/ plastik. Berangkat dari penggambaran umum konsep Skandinavian yang dekat dengan alam dan sekitarnya, perbanyak perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu atau bahan alami lainnya. Rumah juga akan secara otomatis terasa lebih sejuk.

Image Credit: salaarc.com
Image Credit: salaarc.com

7. Keberadaan Kursi Eames

Masih dalam pembahasan tentang perabot berbahan kayu, kursi Eames juga sangat identik dengan hunian rumah berkonsep Skandinavian. Anda akan sering menemukan keberadaan kursi berjenis klasik ini dalam hunian atau ruangan yang mengusung konsep Skandinavian-Nordik. Untuk memperolehnya pun relatif mudah karena kursi jenis ini sudah banyak tersedia di berbagai toko penyuplai perabot rumah tangga di Indonesia.

Image Credit: arsitag.com
Image Credit: arsitag.com

8. Miliki Taman Yang Asri

Di negara tempatnya berasal, rumah Skandinavian umumnya berlokasi di alam terbuka. Karena tidak memungkinkan bagi sebagian besar hunian yang ingin mengusung konsep serupa, biasanya mereka akan beralih dengan pengadaan taman atau halaman rumah yang asri, terawat namun tetap minimalis. Bahkan, jika tidak juga ada lahan untuk hal itu, kita dapat ‘membawa’ taman tersebut ke dalam rumah.

Letakkan berbagai tanaman-tanaman hias dalam rumah baik sebagai pelengkap sudut ruangan atau bahkan dekorasi manis di atas meja. Namun begitu, pastikan sahabat-sahabat hijau ini juga terawat. Jangan sampai kering dan justru malah membuat rumah menjadi terlihat kotor.

Image Credit: kennethwalter.com
Image Credit: kennethwalter.com

9. Bunga-bunga Dengan Warna Yang Tidak Terlalu Mencolok

Selain tanaman hijau, keberadaan bunga juga tidak kalah menguatkan konsep Skandinavian pada rumah. Terutama Anda yang memutuskan untuk memadukan konsep netral atau monokrom pada hunian dengan letupan-letupan warna lain. Rule of thumb untuk pengadaan bunga pada hunian berkonsep ini adalah ukuran yang tidak terlalu besar serta warna yang tidak terlalu mencolok – mawar pastel bisa menjadi salah satu alternatif yang terbaik.

Image Credit: shutterstock.com
Image Credit: shutterstock.com

10. Gunakan Flooring Berbahan Kayu

Diakui, memang merupakan tantangan besar untuk memiliki hunian berbahan dasar kayu dengan iklim seperti yang dimiliki Indonesia. Namun, kalau Anda dapat menjawab tantangan tersebut, penggunaan lantai berbahan dasar kayu akan menyempurnakan konsep hunian Skandinavian impian Anda. Jika tidak, marmer atau bahan lain yang memberikan kesan sejuk juga dapat menjadi alternatif.

Image Credit: interiordesign.id
Image Credit: interiordesign.id

Terinspirasi untuk segera menjadikan Skandinavian sebagai konsep desain hunian Anda? Tenang, semua persiapan yang Anda butuhkan dapat ditemukan di www.beres.id.

Dapatkan jasa kontraktor renovasi yang handal & terpercaya sesuai dengan budget Anda. Bandingkan harga dan tinjau ulasan & testimoni dari pelanggan sebelumnya.

button request jasa


Ditulis oleh: Aditya Gilank Pratama

Disunting oleh: Cindy Junovica