WOW! Jakarta Menempati Posisi ke-50….

… dari 50 Ibu Kota Negara yang terdaftar dalam hasil riset tingkat keamanan kota, atau di kenal sebagai EIU Safe Cities 2015. Dengan kata lain, The Economist Intelligence Unit menyatakan bahwa Jakarta adalah Ibu Kota yang paling tidak aman di dunia.

Hal ini tentunya sangat meresahkan hati warga Indonesia. Selain perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, politik, dan ekonomi, keamanan dan ketentraman lingkungan juga merupakan faktor pendorong penting dalam suatu negara.

source: okezone.com
source: okezone.com

Oleh karena itu, peranan masyarakat untuk ikut turun tangan dalam mengurangi tingkat kriminalitas sangatlah diharapkan. Walaupun tidak berwenang secara hukum akan keamanan dan pertahanan negara, Anda dapat memulai dengan melindungi lingkungan sekitar.

Berikut hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan rumah dan lingkungan Anda.

Biasakan mengunci pintu dan jendela rumah tanpa meninggalkan kunci di sekitar rumah.

Salah satu poin terpenting dalam menjaga keamanan rumah adalah mengunci pintu. Selain pintu utama, pintu-pintu ruangan dimana Anda menyimpan barang berharga juga harus dikunci rapat, terutama ketika Anda hendak bepergian.

Selain itu, hindari menaruh kunci di bawah keset kaki. Tindakan ini dapat diperkirakan oleh calon perampok dan mereka akan dengan mudah memasuki rumah Anda. Oleh karena itu, Anda disarankan agar menduplikasi kunci untuk setiap penghuni rumah. Lebih baik mengeluarkan biaya lebih untuk duplikasi kunci daripada resiko lebih untuk perampokan, bukan?

Source: Feedyweedy.com
Source: Feedyweedy.com

Oh ya, jangan lupa tutup tirai Anda karena tirai yang terbuka lebar dapat memperlihatkan keadaan rumah. Tanpa disadari, hal ini memberitahukan keadaan rumah kepada orang luar, dan orang tersebut berpotensi merampok rumah Anda.

Biarkan lampu teras atau beranda (balkon) menyala saat Anda tidak berada di rumah.

Salah satu undangan bagi para perampok adalah ketika rumah Anda di ketahui kosong, setidaknya untuk sementara waktu. Pertanda yang paling jelas adalah ketika lampu utama, teras atau beranda (balkon) Anda tidak menyala.

source : sinarharapan.co
source : sinarharapan.co

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyalakan paling tidak satu atau dua lampu ketika Anda hendak bepergian. Hal ini mengisyaratkan bahwa penghuni rumah sedang berada di dalam rumah dan mengurangi kemungkinan calon perampok memasuki rumah Anda.

Pemasangan gembok, kamera CCTV dan alarm.

Saat bepergian, kebanyakan orang akan mengunci dan memasang gembok dari bagian luar. Nah, ini mengisyaratkan bahwa penghuni rumah sedang tidak berada di tempat, dan hal tersebut dapat memberi pertanda kepada calon perampok.  

Salah satu trik yang harus Anda coba adalah memasang gembok dari bagian dalam. Mengapa? Karena tindakan ini memperlihatkan seakan-akan Anda sedang berada di dalam rumah, dan ini dapat mengurangi potensi perampokan.

Source : pixabay.com
Source : pixabay.com

Untuk pertahanan lebih, Anda juga dapat memasang sistem alarm dan CCTV. Seandainya pelaku berhasil menerobos rumah Anda, bunyi alarm dapat menyebabkan kepanikan bagi pelaku dan camera CCTV dapat merekam tindak kejahatan tersebut.

source : ameritechsystems
source : ameritechsystems

Jika Anda berencana memasang  alarm & CCTV untuk keamanan rumah Anda, ahli Beres siap membantu Anda. Selain itu, Beres juga menyediakan jasa tukang besi (untuk pembuatan jendela dan pintu), serta pemasangan pagar biasa/ otomatis untuk rumah Anda, lengkap dengan perbandingan harga sesuai dengan kebutuhan atau preferensi Anda. Kunjungi www.beres.id !

 

By Sona Jessica Merlin