Waspada, Ini 8 Tanda Rumah Anda Telah Menjadi Sarang Rayap!

Kecil seperti semut, tapi kemampuan rayap menggerogoti rumah tidak dapat disepelekan lagi. Sebuah hasil studi mengatakan bahwa rayap pada rumah-rumah di Indonesia dapat mengakibatkan kerugian hingga triliunan rupiah setiap tahunnya. Bahkan pada 2015 sendiri, kerugian tersebut tercatat hingga 8,68 triliun rupiah di Indonesia. Kenali 8 tanda berikut untuk tahu apakah hunian Anda telah menjadi rumah bagi hama pembawa rugi ini.

1. Adanya Rongga Yang Membentuk Jalur Terowongan Pada Dinding Rumah

Pernah melihat gundukan memanjang kecokelatan pada dinding rumah yang berongga menyerupai terowongan? Besar kemungkinan, itu adalah perbuatan pada para koloni rayap tanah atau subterranean  yang digunakan sebagai akses keluar masuk dan mendistribusikan hasil panen menggerogoti rumah Anda. Hal ini dikatakan sebaga strategi mereka agar tidak terlihat. Terowongan kecil ini terbuat dari puing-puing tembok yang, lumpur, debu, hingga kotoran mereka sendiri.

Image Credit: masseyservices.com
Source: masseyservices.com

button request jasa

2. Berseraknya Tumpukkan Sayap Di Lantai

Rayap dewasa, entah jantan atau betina, secara natural akan memasuki fase aktif reproduksi dan berlomba-lomba mencari pasangan untuk menciptakan kloter koloni baru. Dalam fase ini, untuk mempermudah pergerakan, mereka umumnya akan terbang meskipun dengan sayap yang tergolong rentan patah. Karena itu, jika Anda menemukan banyak sayap-sayap transparan keruh di lantai rumah, itu bisa menjadi indikasi rumah Anda telah menjadi sarang dari koloni-koloni rayap.

Image Credit: blogspot.com/lulabipenghitamlangit
Source: blogspot.com/lulabipenghitamlangit

3. Ditemukannya Gundukkan Kotoran Rayap

Usai menggerogoti dinding dan bagian serta perangkat rumah yang terbuat dari kayu, rayap umumnya akan meninggalkan kotoran atau feses yang menggunduk di lantai atau dekat dengan lokasi penyerangan oleh mereka. Dengan demikian, gundukan kotoran yang berbentuk serbuk dan berwarna cokelat ini di dalam rumah adalah indikasi kuat hunian Anda telah menjadi tempat bersarangnya sarap.

Image Credit: qlapa.com
Source: qlapa.com

4. Dinding Terdengar Kopong

Rayap gemar menggerogoti tembok atau perangkat rumah lain, khususnya yang terbuat dari kayu. Dengan beberapa ketukan jari, Anda dapat menilai sendiri apakah rumah Anda telah menjadi korban rayap atau belum. Jika tidak terdengar kokoh dan ada indikasi dinding terdengar kopong, besar kemungkinan sedang ada koloni rayap yang aktif bersarang di hunian Anda.

Ilustrasi tidak adanya indikasi kerusakan pada permukaan, padahal bagian dalam sudah digerogoti. (Image Credit: disolepestcontrolperth.com)
Source: disolepestcontrolperth.com

5. Terdengar Bunyi ‘tap tap’ Serta Bunyi Yang Menyerupai Robekan Kertas

Rayap akan selalu aktif mencari celah baru untuk mereka gerogoti. Umumnya mereka akan berpencar dan ketika salah satu rombongan telah menemukan sasaran empuk, cara mereka memberikan sinyal ke koloni lebih besar adalah dengan menyundulkan kepala mereka ke permukaan hingga mengeluarkan bunyi tap tap pada dinding. Usai berkumpul, mereka pun melakukan aksi mereka dan proses menggerogoti kerap hingga mengeluarkan bunyi seperti proses merobek-robek kertas.

Ilustrasi cara kerja hama. (Image Credit: tribunnews.com)
Source: tribunnews.com

6. Ada Bolongan Pada Dinding, Lantai atau Perabot Kayu

Dan jika koloni yang hadir terlampau banyak, banyak kasus yang hingga mengakibatkan bolong atau terbentuknya rongga pada dinding atau perangkat rumah lain khususnya yang terbuat dari kayu. Jika sudah begini, jelas bahwa rumah Anda memang telah menjadi sarang bagi banyak koloni rayap yang aktif dan merugikan.

Image Credit: termitecontrol.com
Source: termitecontrol.com

7. Pohon di Halaman Rumah Memiliki Callus

Salah satu cara mudah juga untuk mengindikasi keberadaan rayap adalah dengan melihat kondisi pohon di halaman rumah, jika ada. Meskipun kecil, pergerakan rayap tergolong cepat. Pohon kerap menjadi rumah yang tidak kalah nyaman bagi para koloni rayap. Umumnya, pohon yang terserang rayap akan bereaksi dengan kemunculan tree callus atau gundukan terowongan rayap yang berskala lebih besar dan lebih nampak, biasanya berbentuk melingkar menyerupai lubang atau sarang burung.

Image Credit: aucourdelarbe.com
Source: aucourdelarbe.com

8. Kemunculan Earthen Packing Merayap di Berbagai Penjuru Dinding

Ini adalah indikasi terburuk dari keberadaan rayap di rumah Anda. Earthen packing pada dasarnya sama terowongan rayap yang sebelumnya disebutkan. Bedanya, yang satu ini sudah jauh terlampau menjalar ke banyak bagian dengan ukuran yang relatif lebih besar dan terlihat. Dalam banyak kasus, kemunculan earthen packing menandakan bahwa rayap sudah berhasil menggerogoti titik-titik fondasi terpenting pada rumah dan tentunya, dapat berakibat sangat buruk jika dibiarkan.

Image Credit: pestec.com.au
Source: pestec.com.au

Selain 8 hal yang disebutkan di atas, masih banyak hal lain yang mengindikasikan keberadaan rayap di rumah. Tentunya, yang paling berbahaya adalah ketika tanda tersebut tidak muncul sama sekali dan kita mengetahuinya saat dinding keropos, perangkat rumah rusak, dan kerugian-kerugian sudah terlanjur melanda.

Perlu diingat pada dasarnya setiap rumah rentan menjadi tempat bersarangnya rayap, terutama jika di dalamnya terdapat banyak unsur timber atau kayu-kayuan.

Awali langkah Anda memiliki rumah bebas rayap serta hama lainnya dengan bantuan Beres.id. Dapatkan jasa pembasmi hama yang handal dan berpengalaman untuk membantu ada mencegah atau menangani masalah rayap di rumah. Daripada menunggu rugi banyak, tidak ada salahnya segera bertindak dari sekarang, bukan?

button request jasa


Ditulis oleh: Aditya Gilank Pratama

Disunting oleh: Cindy Junovica