Usir Nyamuk Dengan 11 Tumbuhan Ajaib Berikut Ini

Kenyamanan dalam rumah kerap terganggu dengan banyaknya gerombolan nyamuk yang asik tamasya di hunian kita. Sayangnya, obat nyamuk bakar serta lotion usir nyamuk terkadang bukan pilihan yang tepat karena zat kimia yang terkandung di dalamnya serta aroma dan tekstur yang belum tentu favorit semua orang. Namun tahukah Anda, ada beberapa tanaman yang terbukti ampuh usir nyamuk? Yuk berkenalan dengan 11 di antaranya berikut ini!

1. Lavender

Alasan: Tanaman ini mengandung linalool dan lynalyl asetat yang konon sangat dibenci oleh para gerombolan nyamuk karena dapat membuat mereka pusing.
Padahal, aroma Lavender sangat digemari banyak orang. Rupanya pun cantik dan cocok untuk sekaligus dijadikan hiasan di dalam atau pekarangan rumah Anda.

Image Credit: Teleflora
Image Credit: Teleflora

button request jasa

2. Geranium (Tapak Dara)

Alasan: Tanaman ini geraniol dan sitronelol yang juga ampuh mengusir nyamuk karena aromanya yang cukup kuat.

Geranium juga memiliki karakteristik unik yakni permukaannya yang sensitif terhadap hembusan angin. Karena itu, letakan geranium di dekat jendela atau celah ventilasi serta lokasi lain yang mudah terkena angin agar aromanya dapat menyebar dengan cepat ke seisi ruangan. Soal penampilan, bunga ini tidak kalah cantik dari Lavender dan juga cocok untuk dijadikan pajangan di rumah.

Image Credit: Wallpapers Craft
Image Credit: Wallpapers Craft

3. Rosemary

Alasan: Rosemary memiliki aroma yang menyerupai minyak telon atau minyak kayu putih pada umumnya, dua jenis aroma yang kita ketahui sebagai aroma yang tidak disukai nyamuk.

Anda dapat menanamkan Rosemary di dalam rumah dengan wadah pot atau pun di pekarangan rumah. Jika terdapat lahan yang cukup, menanamnya di pekarangan rumah dengan jumlah yang besar dapat menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi jika Anda dapat memposisikannya di daerah dekat jendela serta pinggiran pintu rumah.

Image Credit: Drakes7Dees
Image Credit: Drakes7Dees

4. Serai Wangi

Alasan: Kandungan zat geraniol dan sitronelal di dalamnya membuat serai wangi tidak hanya cocok dijadikan bahan makanan namun juga ampuh usir nyamuk.

Sayangnya, serai umumnya tidak dapat dimasukan ke dalam pot dan ditanam di dalam rumah. Namun, untuk mengakalinya, Anda dapat menanam serai wangi ini di area dekat jendela atau pintu rumah serta titik-titik lain yang Anda curigai sebagai celah masuknya gerombolan nyamuk masuk dari luar.

Image Credit: HKTI Online
Image Credit: HKTI Online

5. Lemon Balm

Alasan: Sama halnya dengan serai wangi, lemon balm juga mengandung geraniol dan sitronelal yang dapat usir nyamuk.

Ditambah lagi aroma segar jeruk yang khas dari tanaman ini juga sedap untuk dihirup. Namun perlu dicatat, menanam lemon balm membutuhkan komitmen besar karena sifatnya yang invasif yakni kemampuan untuk tumbuh merambat dengan cepat. Jika malas merawatnya, rumah atau pekarangan akan terlihat tidak terawat.

Image Credit: Swallowtail Garden Seeds
Image Credit: Swallowtail Garden Seeds

6. Catnip

Alasan: Catnip memiliki minyak esensial bernama nepetactone yang dikatakan ampuh usir nyamuk.

Atau disebut Nepeta Cataria dapat tumbuh tinggi menjulang. Karena itu, pilih zona yang tepat di halaman rumah agar saat tumbuh nanti tidak mengganggu pandangan dan estetika pekarangan. Tanaman ini juga cocok bagi Anda yang memelihara kucing karena dikatakan mampu membuat kucing menjadi lebih aktif dan asik diajak bermain.

Image Credit: magzquebec
Image Credit: magzquebec

7. Akar Wangi

Alasan: Sama seperti serai wangi yang memiliki bau menyengat dan tidak menyenangkan bagi kawanan nyamuk.

Selain itu, Akar Wangi juga sangat dibenci oleh jenis nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit demam berdarah. Juga sama halnya dengan serai wangi, tanaman jenis ini tidak dapat tumbuh di dalam rumah melainkan hanya di zona pekarangan.

Image Credit: taman nurseri
Image Credit: taman nurseri

8. Citrosa Mosquito

Alasan: Memiliki aroma lemon yang sangat tajam sehingga sangat dibenci dan dihindari oleh para gerombolan nyamuk.

Sayangnya, sebuah tantangan untuk memperoleh tanaman ini di Indonesia. Anda idealnya harus mengimpor terlebih dahulu dari negara asalnya yakni Belanda. Namun karena dianggap sebagai salah satu tanaman yang paling ampuh usir nyamuk, usaha dan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh tanaman ini tidak akan sia-sia.

Image Credit: Bonnie Plants
Image Credit: Bonnie Plants

9. Kemangi

Alasan: Juga dikarenakan kemampuannya mengeluarkan aroma tajam yang sangat dibenci oleh gerombolan nyamuk. Selain itu, tanaman ini juga mudah didapatkan di Indonesia.

Anda juga dapat membuat ramuan usir nyamuk sendiri dengan menggunakan kemangi. Tumbuk halus daun kemangi lalu campurkan ke dalam air yang sudah dimasukkan ke dalam botol semprot. Diamkan semalaman dengan suhu ruangan lalu ramuan siap untuk disemprotkan ke bagian tubuh yang ingin Anda lindungi dari gigitan nyamuk.

Image Credit: Cintai Hidup
Image Credit: Cintai Hidup

10. Zodia

Alasan: Zodia memiliki kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine yang mengancam kenyamanan gerombolan nyamuk.

Dikenal sebagai perlengkapan esensial warga Papua sebelum masuk hutan untuk berburu. Cocok untuk ditanam di pekarangan rumah karena selain nyamuk, tanaman ini juga mampu mengusir jenis hama lain. Selain itu, Anda juga dapat menanamnya dalam pot kecil dan dirawat di dalam rumah.

Image Credit: Urban Hidroponik
Image Credit: Urban Hidroponik

11. Bawang Putih

Alasan: Meskipun tidak berbau menyengat, tanaman bawang putih ampuh usir nyamuk dan kandungan belerang yang ada di dalamnya juga dapat sekaligus membunuh larva-larva nyamuk.

Selain ditanam di pekarangan rumah, Anda juga dapat menggunakan bawang putih yang sudah dipanen untuk senjata usir nyamuk. Iris kecil-kecil bawang putih secukupnya kemudian letakkan di titik-titik terjadinya sirkulasi udara di dalam rumah. Jika Anda tidak begitu suka dengan aromanya, teteskan cairan lavender atau wewangian lainnya.

Image Credit: Cara Menanam
Image Credit: Cara Menanam

Lengkapi upaya Anda usir nyamuk dari rumah dengan lakukan inspeksi dan penanganan hama rutin oleh jasa profesional yang terpercaya. Mulai pencarian Anda dengan para penyedia jasa terkait yang terhubung dengan Beres.id. Sekali klik di sini, Anda langsung dapatkan akses untuk ke beberapa pilihan dan bisa sekaligus lakukan pemesanan. Siap miliki hunian bebas nyamuk serta jenis hama lainnya?

 

button request jasa