Usai Pindahan Rumah, Inilah 7 Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan

Rumah baru, energi baru! Rumitnya masa-masa pindahan rumah bukanlah rangkaian perjuangan seru menempati hunian baru yang harus dilewati. Usai proses relokasi dan serah terima kunci, perjuangan melewati minggu-minggu pertama di hunian baru pun berlanjut! Sebelumnya, simpan dulu antusiasme Anda mencat ulang dinding rumah, menanam berbagai varian baru di halaman, atau merombak ulang layout beberapa ruangan. Karena usai pindahan rumah, 7 hal penting ini lah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Simak dan siap-siap mencatat!

1. Pastikan akses untuk air, listrik, dan gas.

Aktifkan fasilitas air, listrik, dan gas di rumah hunian baru. Biasanya akses ke ketiga fasilitas mendasar ini akan di non-aktifkan secara sementara oleh penghuni sebelumnya. Usai pindahan rumah, pastikan hal-hal berikut telah diaktifkan dan tidak lupa juga untuk melakukan proses baliknama dari penghuni sebelumnya untuk urusan kepemilikan dan tagihan bulanan.

Image Credit: merdeka.com
Image Credit: merdeka.com

2. Unpack… seperlunya dulu.

Jika Anda telah menyimak tips pindahan yang pernah Beres bagikan beberapa waktu lalu, Anda tentu familiar dengan istilah survival box, yakni koper, tas atau box berisi kebutuhan sehari-hari yang Anda perlukan beberapa hari usai masuk rumah baru. Mereka yang termasuk kategori ini di antaranya; peralatan mandi, handuk, peralatan makan, beberapa baju bersih dan hal lainnya yang mutlak diperlukan sehari-hari. Anda tidak dianjurkan untuk segera terburu-buru unpack barang-barang besar lain di hari-hari pertama masuk hunian baru. Selain karena proses tersebut membutuhkan energi besar dan perlu didedikasikan untuk satu hari penuh, Anda juga dapat terlebih dahulu menggunakan waktunya untuk bersih-bersih lagi dan finalisasi mapping rumah baru.

Image Credit: HireAHelper.com
Image Credit: HireAHelper.com

3. Ganti Kunci

Anda tidak akan tahu-menahu siapa saja yang memiliki kunci serta akses lain di rumah hunian baru Anda. Untuk berjaga-jaga, selalu dianjurkan bagi penghuni baru untuk mengganti semua kunci serta sistem akses lain  ke dalam rumah. Jangan lupa juga untuk membuat duplikat dari setiap kunci dan duplikat karena kecerobohan dapat terjadi kapan saja.

Image Credit: The Speaker
Image Credit: The Speaker

4. Berkenalan dengan tetangga baru

Malu bertanya sesat di jalan. Selain karena fakta bahwa kedepannya Anda akan hidup berdampingan, bersosialisasi dengan tetangga di awal masa pindah juga akan membantu Anda untuk memperoleh berbagai informasi yang mungkin Anda perlukan, antara lain lokasi pasar serta tempat makan, akses transportasi umum, klinik terdekat dan informasi trivial lainnya yang hanya diketahui mereka yang sudah lama bermukim di sana.

Image Credit: Ipswich Star
Image Credit: Ipswich Star

5. Pasang internet

Baiknya, hal ini Anda lakukan sebelum masuk hunian baru. Namun bagi Anda yang tidak berkesempatan untuk mengurusnya lebih dulu, mengurus pemasangan akses internet adalah hal yang juga tidak kalah penting untuk Anda prioritaskan. Sisi positif dari memasang internet usai pindahan rumah ialah kesempatan untuk mencari tahu terlebih dahulu dari tetangga akan pilihan-pilihan penyedia jasa internet terbaik di daerah hunian baru Anda.

Image Credit: CNet
Image Credit: CNet

6. Perbaharui detail alamat

Ini juga langkah yang seharusnya Anda lakukan sebelum pindahan. Namun usai pindahan rumah, Anda harus kembali memastikan kalau pihak-pihak penting seperti bank, sekolah dan kantor telah mengetahui informasi kepindahan Anda tersebut dan mengganti alamat Anda dengan yang baru. Jika tidak, nantinya akan sulit ketika saatnya mereka membutuhkan untuk mengirimkan sesuatu ke alamat Anda yang sekarang. Hubungi lagi pihak-pihak penting ini untuk konfirmasi final tentang detail alamat hunian baru Anda.

Image Credit: 6123RF
Image Credit: 6123RF

7. Pasang security sistem

Tidak tepat lagi rasanya untuk beranggapan kalau pemasangan security system berbasis teknologi yakni CCTV di rumah sebagai hal yang mewah. Biaya yang dikeluarkan memang tidak murah namun hal itu tidak menutupi fakta bahwa kita sangat memerlukannya. Terlebih lagi saat pindahan rumah, penting bagi Anda untuk segera mempertimbangkan pemasangan CCTV di hunian baru Anda. Lokasi baru, medan baru, dan tentunya tantangan baru. Tidak ada yang tahu kalau salah satu tantangan baru yang harus Anda hadapi adalah resiko terjadinya tindakan kriminal. Pemasangan CCTV dapat membantu Anda mengurasi rasa cemas tersebut dan tentu berujung meningkatkan kenyamanan Anda baik di hari-hari pertama menikmati hunian baru dan seterusnya.

Image Credit: Which.co.uk
Image Credit: Which.co.uk

Apakah ada yang terlewat? Jangan ragu untuk bagikan pengalaman Anda usai pindahan rumah pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

 

button request jasa