TV Anda Rusak? Kenali Dulu Penyebabnya!

kegiatan menonton TV bersama keluarga
Source: tehgelas.com

Hampir seluruh rumah di Indonesia mempunyai TV atau televisi. Selain fungsinya sebagai penyaji informasi dan hiburan, TV seringkali menjadi ‘pemersatu’ para anggota keluarga di rumah. Anda bisa bercengkrama bersama-sama dengan anggota keluarga sambil menonton acara favorit.

Sebenarnya TV tidak memerlukan perawatan yang rumit. Namun, sama seperti alat elektronik lainnya, kerusakan TV pun kerap terjadi.  Kita sebagai pengguna sering meremehkan hal – hal kecil yang berpotensi memicu kerusakan TV.

Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menggunakan TV agar bisa bertahan lama.

Hindari Meletakkan Barang Elektronik Lainnya Secara Berdekatan

Pernahkah anda meletakkan barang elektronik lain saat TV sedang menyala? Hal ini ternyata seringkali dilakukan tanpa sengaja oleh banyak orang. Barang elektronik seperti handphone dan lain sebagainya yang diletakkan di dekat TV bisa mempengaruhi televisi. Hal ini disebaakan setiap barang elektronik memiliki komponen magnetnya masing-masing. Akibatnya, jaringan TV mungkin menjadi tidak stabil, apalagi jika televisi didukung oleh jaringan internet. Selain itu, kinerja komponen perangkat keras dan lunak TV /hardware lainnya pun akan terganggu.

jangan meletakkan barang elektronik terlalu dekat dengan TV
Source: pinterest.com

Tempat Untuk TV Terlalu Sempit Atau Tidak Ada Ventilasi Udara

Hal ini sering terjadi bagi anda yang meletakkan TV di dalam lemari. Perlu diketahui bahwa sirkuit atau rangkaian di dalam TV saat aktif bisa menimbulkan panas. Oleh sebab itu, jika tidak ada sirkulasi udara yang baik maka akan menyebabkan panas berlebih pada rangkaian TV. Hal inilah yang sering memicu terjadinya kerusakan pada komponen penting dalam rangkaian TV tersebut.

Terkena Sambaran Petir

Di musim hujan, petir pun tak dapat dihindari. Anda dianjurkan untuk berhati-hati jika TV sedang dalam kondisi menyala karena sambaran petir bisa saja mengenai TV. Hal ini dapat terjadi terutama jika antena TV anda dipasang di luar rumah. Untuk mengantisipasinya, gunakan penangkal petir atau cabut kabel jek antena yang menancap di belakang televisi saat sedang hujan deras dan terdapat sambaran petir.

tv terkena sambaran petir
Source: dsx.weather.com

Arus Listrik Tidak Stabil

Biasanya hal ini terjadi pada daerah-daerah yang kekurangan energi listrik. Walau di dalam TV anda memiliki power supply automatis, tidak menutup kemungkinan tetap terjadi kerusakan. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan stavol atau stabilizer agar terhindar dari arus berlebih atau kekurangan. Dengan begitu, tegangan yang masuk ke dalam TV tetap normal.

stavol listrik untuk TV
Source: pinterest.com

Teknisi Service TV Sembarangan

Hal penting lain terkait dengan kerusakan televisi adalah memilih jasa service TV yang amatiran dan tidak profesional. Jangan sembarangan menggunakan jasa service TV karena salah-salah, TV anda malah mengalami kerusakan yang lebih parah daripada sebelumnya atau anda harus merogoh kantong yang dalam untuk kerusakan yang tidak seberapa.

Kunjungi www.beres.id untuk mendapatkan teknisi service TV terpercaya. Tim profesional yang berpengalaman akan membantu anda dengan harga terbaik.


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica