Tips Foto Setara Kamera DSLR Hanya Dengan Kamera Smartphone

foto kamera iPhone
Source: businessclassbackpacker.com

Perkembangan teknologi yang begitu pesat seolah membuat benda-benda di sekitar kita beralih fungsi. Telepon yang pada dasarnya adalah alat komunikasi jarak jauh kini berkembang menjadi Smartphone; salah satu perangkat penunjang hidup yang paling utama. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, Smartphone juga dapat berfungsi sebagai kamera.

Walaupun dari segi kualitas tidak bisa menandingi kamera DSLR, foto hasil kamera Smartphone dapat terlihat cantik, berkualitas, dan profesional (seperti kamera DSLR) dengan tips-tips berikut.

#1 Posisi pengambilan foto

Jangan terpaku pada posisi berdiri saat mengambil foto dengan Smartphone anda. Coba posisi-posisi yang lebih ekstrem seperti membungkukkan badan, berjongkok atau bahkan tengkurap di lantai. Posisi-posisi tersebut dapat membantu anda mendapatkan angle/ sudut pengambilan foto yang lebih baik terhadap objek yang dipotret.

sudut pengambilan gambar/ foto
Source: pinterest.com

#2 Waktu yang tepat

Jika memungkinkan, pilihlah waktu yang tepat saat mengambil foto. Kebanyakan fotografer memilih pagi dan sore hari untuk melakukan pemotretan. Mengapa? Karena salah satu komposisi foto bagus, berkualitas, dan profesional adalah good lighting/ pencahayaan yang memadai. Nah, anda akan mendapat jumlah cahaya yang cukup pada waktu tersebut.

pentingnya cahaya/ good lighting saat pemotretan/ pengambilan foto
Source: fstoppers.com

#3 Filter foto

Filter pada foto itu ibaratnya seperti dressing pada makanan. Fungsinya seperti  pelengkap sebuah foto sebelum disajikan ke penikmat. Namun, penggunaan filter pun tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena pemakaian filter yang salah justru berakibat membuat foto terlihat buruk, amatir, dan tidak enak dipandang mata. Selain itu, lebih baik menggunakan filter saat proses editing daripada langsung menggunakan fitur filter tersebut saat mengambil foto.

NB: Jika objek yang ditampilkan sudah bagus secara natural (tanpa editing), anda tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan filter foto. #nofilter

foto kamera iPhone 6s
Source: www.instagram.com/ericajioe

 

Filter foto black and white (hitam putih)
Source: pinterest.com

#4 Aplikasi kamera third party pada Smartphone

Tidak harus membeli Smartphone baru untuk mendapatkan fitur kamera yang lebih up-to-date. Ada banyak aplikasi pihak ketiga pada sistem operasi iOS dan Android yang menyediakan fitur kamera yang beragam dan diperbaharui secara berkala. Aplikasi Camera+ (iOS) dan ProCapture (Android) dapat memberikan fitur tambahan pada kamera Smartphone anda , selain dari yang sudah ada.

Aplikasi third party pada smartphone
Source: hapetekno.com

#5 Aplikasi Photo Editor

Selanjutnya setelah mendapatkan foto yang bagus dengan aplikasi third party, anda bisa mendownload aplikasi editing pada Smartphone. Aplikasi editing ini berfungsi sebagai penyeimbang dan penambah kualitas dari foto yang anda ambil. Hampir setiap aplikasi editing foto juga akan menyediakan filter yang beragam.

– LINE CAMERA

Selain menyediakan aplikasi chatting, LINE juga menggarap aplikasi editing foto semenjak 2012. Dan menariknya aplikasi LINE Camera masih menawarkan fitur-fitur yang up-to-date dan mengikuti tren.

LINE Camera photo editor

– VSCO

Layaknya seorang fotografer profesional, anda dapat mengedit foto dengan kesan vintage dan gelap. Ketenaran VSCO seakan tidak meredup meskipun tengah bermunculan aplikasi-aplikasi photo editor lain saat kini. Dengan fitur journal, anda juga dapat melihat foto-foto milik pengguna lain layaknya media sosial.

VSCO Cam Photo Editor

Foto-foto pada kamera Smartphone biasanya lebih ditujukan untuk keperluan non-profesional dan pribadi seperti media sosial. Untuk foto profesional dan acara-acara resmi dan spesial, pastinya anda dianjurkan untuk menggunakan kamera DSLR untuk kualitas foto, gradiasi dan saturasi warna yang lebih profesional. 

Beres.id menyediakan jasa fotografer/ videografer profesional khusus untuk acara-acara spesial seperti pernikahan, pertunangan, dan fotografer prewedding. Abadikan momen-momen spesial anda dengan Beres.id!


Written by Ryandi Kaswira