Tips Bersih-Bersih Efektif & Hemat Energi Di Bulan Ramadhan

Saat sedang menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tubuh menjadi lebih mudah capek karena tidak ada asupan makanan atau minuman. Akan tetapi, ini bukan berarti alasan bagi anda untuk bermalas-malasan dan absen membersihkan rumah ya!

Kebersihan rumah merupakan sumber kesehatan dan kesejahteraan utama keluarga. Memang, bersih-bersih rumah saat sedang berpuasa mungkin terdengar sangat membebani dan melelahkan. Nah, untuk meringankan tugas bersih-bersih anda, Beres merangkum 6 tips dan trik mudah agar anda dapat menghemat waktu dan tenaga, sekaligus menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Gunakan Sapu Untuk Membersihkan Langit Rumah

Gunakan sapu yang dibaluti kain untuk membersihkan dinding dan langit rumah
Source: kaodim.com

Langit-langit rumah sangat rentan terhadap jaring laba-laba. Umumnya, kebanyakan orang menggunakan tangga untuk mencapai langit-langit dinding & plafon dan membersihkannya dengan kain lap. Akan tetapi, hal ini dapat menjadi aktivitas yang sangat menguras tenaga, apalagi saat sedang berpuasa.

Agar tidak cepat lelah dan kehabisan energi, gunakan sapu untuk membersihkannya. Gunakan kain yang sudah tidak terpakai, lalu diikat kencang di atas sapu. Dengan begitu, anda bisa mulai menyapu semua kotoran yang ada dengan mudah.

Bersihkan Kipas Angin Gantung/ Ceiling Fan Dengan Sarung Bantal

Masukkan baling-baling kipas angin dalam sarung bantal bekas
Source: kaodim.com

Tidak ingat kapan terakhir kali anda mengelap kipas angin gantung di rumah? Kini saatnya! Tahukah bahwa anda bisa menggunakan sarung bantal yang sudah tidak terpakai lagi untuk membersihkannya? Caranya gampang. Masukkan salah satu baling-baling kipas angin gantung ke dalam sarung bantal lalu seka bagian atas dan bawah baling-baling. Tujuannya agar debu bisa langsung masuk ke dalam sarung bantal tanpa terlalu banyak jatuh dilantai. Lakukan hal yang sama pada semua baling-baling hingga terlihat bersih.

Bersihkan Noda Minyak Di Piring Dengan Baking Soda

basmi noda minyak membandel dengan baking soda
Source: kaodim.com

Mencuci piring dengan noda minyak dan lemak yang menempel memang sangat menguras tenaga dan waktu. Anda harus membersihkan dan membilasnya berulang kali hingga bersih. Untuk menanganinya, anda dapat mencoba menggunakan baking soda.

Baking soda dapat membantu anda membersihkan noda minyak membandel pada piring serta menghilangkan bau tak sedap dengan ampuh dan cepat. Anda mesti mencobanya!

Atasi Kompor Berminyak Dengan Minyak Sayur

gunakan minyak sayur untuk membasmi noda minyak pada kompor
Source: kaodim.com

Saat sedang menggoreng atau menumis masakan, minyak yang beterbangan dan berceceran di sisi kompor pun seringkali tidak dapat dihindari. Untuk mengatasi masalah kompor berminyak, celupkan handuk atau tisu ke dalam minyak sayur lalu gosok pada area kompor yang berminyak. Selain minyak sayur, anda juga bisa menggunakan baking soda atau cuka untuk membersihkannya. Dengan begini, bersih-bersih saat puasa menjadi lebih mudah, bukan?

Bersihkan Keyboard Dengan Cotton Buds

gunakan cotton buds untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop atau komputer
Source: kaodim.com

Kapan terakhir kali anda membersihkan sela-sela keyboard laptop atau komputer? Gunakan ujung cotton buds untuk membersihkan celah-celah diantara keyboard. Celupkan cairan pembersih alat elektronik atau air pada cotton buds agar kotoran lebih mudah terangkat.

Hilangkan Noda Minuman Dari Karpet Dengan Krim Cukur

Krim Cukur dapat menghilangkan noda minuman pada karpet
Source: kaodim.com

Jus tumpah di atas karpet? Tidak perlu khawatir. Pertama-tama, semprot krim cukur pada noda karpet dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian, gunakan scrub dan gosok perlahan untuk menghindari kerusakan pada karpet. Mulai dengan menggosok dari tepi luar ke arah tengah agar noda tidak menyebar. Lalu, oleskan air dan cuka ke karpet. Dengan begitu, noda jus atau minuman akan hilang. 


Membersihkan rumah saat sedang berpuasa memang akan membuat anda cepat lelah dan memakan banyak waktu. Tapi itu tidak akan terjadi jika anda tau bagaimana cara menyelesaikannya. Jika anda butuh bantuan ekstra di rumah, hubungi jasa pembersih rumah profesional kami di www.beres.id dengan harga terbaik. Rumah yang bersih pun bisa anda wujudkan!


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica