‘Sulap’ Ruang Kamar Rumah Anda Dengan Keajaiban Cermin

Bicara soal cermin, benda yang satu ini tergolong benda yang unik dan multifungsi meskipun kehadirannya sering didapati dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan cermin zaman dulu yang cenderung berbentuk persegi empat, cermin modern sekarang hadir dalam berbagai macam bentuk, menjadikannya sebagai elemen penting dalam desain interior suatu rumah.

Cermin berperan sebagai penunjang kehidupan sehari-hari ataupun penghias ruangan. Coba bayangkan rumah tanpa cermin sama sekali. Hal ini mungkin akan terdengar dan terlihat janggal. Malahan, sebagian besar orang merasa kurang “sreg” jika keluar dari kamarnya tanpa menatap cermin terlebih dahulu.

Kehadiran cermin di rumah sebagai pelengkap design interior
Source: safarimp.com

Entah itu untuk alasan berbenah diri, dekorasi, ataupun fengshui sekalipun, cermin merupakan elemen yang dapat membawa perubahan yang besar dan memberi tampilan yang berbeda. Selain itu, mendekorasi kamar menggunakan cermin tidak memakan biaya yang terlalu mahal, dibandingkan jika anda harus merombak atau merenovasi rumah lagi untuk menambah ruang.

1. Gunakan Cermin Berukuran Besar

Penggunaaan cermin di ruangan yang cenderung sempit justru dapat membuat ruangan tersebut terlihat 2 kali lebih besar! Semakin besar cermin yang digunakan, kamar anda juga akan terlihat semakin besar lagi. Efek pantulan cahaya dari cermin juga dapat memberi kesan lebih hidup dan cerah untuk kamar anda.

Letakkan cermin di kamar tidur untuk ilusi ukuran yang lebih luas
Source: tiperumahminimalis.com

2. Ekspresikan Jiwa Seni Anda Dengan Cermin

Selain ke dalam kanvas lukis, cermin juga dapat anda sulap menjadi sebuah karya seni hasil tangan anda sendiri, yang tentunya sangat cocok sebagai dekorasi kamar. Seorang seniman Jepang bernama Yayoi Kusama terbukti sukses dalam menyulap ruang penuh cermin dengan ilusi luar angkasa.

Pada sebuah pameran di New York, ia mempertunjukkan sebuah kreasi bernama “Mirrored Infinity Room”. Kreasi ruangan gelap yang dipenuhi dengan cermin di dinding dan ditambah dengan gantungan lampu LED di langit-langit dan suasana yang sangat tenang. Apakah anda tertarik untuk mendekorasi kamar seperti ini?

Mirrored Infinity Room
Source: japanesestation.com

3. Ide Alternatif Untuk Mengisi Dinding Yang Kosong

Kebanyakan orang akan menggantung foto atau lukisan-lukisan di atas ranjang. Sebagai alternatif untuk mengisi dinding kamar anda, khususnya di atas ranjang, anda dapat menggantung cermin besar seukuran dengan luas dinding. Kamar anda jadi tentunya akan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

Letakkan cermin untuk mengisi dinding yang kosong daripada lukisan atau foto
Source: bintanghome.com

Selain tips-tips di atas, ada banyak cara lain untuk mendekorasi kamar anda dengan cermin. Semuanya tergantung pada bagaimana cara anda untuk lebih berimajinasi dan kreatif dalam mengolah cermin umumnya dipandang orang sebagai benda biasa menjadi bahan kreatif untuk mendekorasi kamar.

Konsultasikan ide-ide brilian anda dengan ahli desain interior Beres dan maksimalkan ruang kamar anda!

booking

By Ryandi Kaswira