Solusi Membersihkan Jendela Berdebu Dengan Benar & Efektif

Terkadang, membersihkan atau mencuci jendela dapat memakan waktu yang lama dan menguras banyak tenaga. Apalagi jika Anda bertempat tinggal di daerah tropis yang memiliki cuaca panas dan lembab seperti Indonesia, jendela rumah Anda pun pastinya tak luput dari debu.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membersihkan jendela lebih sering karena debu yang tertempel di jendela dapat berpindah masuk ke bagian dalam rumah Anda.

windows.jpg.653x0_q80_crop-smart
Source: mnn.com

Selain frekuensi pembersihan jendela, cara membersihkannya pun perlu diperhatikan. Pernahkah Anda merasa walaupun setelah dilap berulang kali namun jendela Anda tetap terlihat buram dan kotor?

Nah, hal ini mungkin terjadi karena metode pembersihan Anda yang salah sehingga pembersihan menjadi tidak efektif.

Berikut tips-tips pembersihan jendela untuk menghilangkan debu, noda, & kotoran dengan efektif dan benar.

1. Bersihkan jendela saat cuaca mendung

Membersihkan jendela saat matahari bersinar terik merupakan kesalahan besar yang patut dihindari. Mengapa? Karena panas dari sinar matahari akan menyebabkan cairan pembersih mengering dengan cepat dan hal ini akan menimbulkan bercak-bercak noda di jendela. Alhasil, Anda harus membersihkan jendela berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Source: bedlamfarm.com
Source: bedlamfarm.com

Ingat: Hindari sinar matahari terik yang menembus kaca secara langsung saat membersihkan jendela. Big NO!

2. Lepaskan kain jendela/ gorden sebelum membersihkan jendela

Jika Anda memasang kain jendela/ gorden pada jendela, sebaiknya Anda melepaskannya terlebih dahulu sebelum proses pembersihan dimulai. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa debu dari kain jendela Anda tidak akan terbang atau mengotori kaca jendela.

Source: lipsus.kompas.com
Source: lipsus.kompas.com

3. Gunakan alat-alat & metode pembersihan yang benar

Peralatan yang harus disediakan:

  • Cairan Pembersih
  • Kain Microfiber
  • 1 Ember Air Hangat
  • Squeegee (alat pembersih yang terbuat dari karet)
  • Spons

Langkah-langkah pembersihan:

  • Tuang cairan pembersih ke dalam seember air hangat. Ingat, jangan menuangkan terlalu banyak cairan pembersih. Lebih sedikit busa, lebih baik.
Source: id.wikihow.com
Source: id.wikihow.com
  • Gunakan spons untuk menyerap cairan sebanyak mungkin dan sebarkan secara merata ke seluruh permukaan jendela. Spons yang lembut dapat mengangkat dan menyerap kotoran tanpa menyebabkan goresan pada kaca.
Source: infoskep.com
Source: infoskep.com
  • Bersihkan dengan menggunakan squeegee (pisau karet) dan tarik dengan gerakan membentuk huruf S dari arah atas ke bawah. Lap permukaan squeeqee dengan kain bersih usai setiap tarikan dan ulangi proses ini untuk beberapa kali.
Source: blog.detroitsponge.com
Source: blog.detroitsponge.com
  • Setelah itu, lap kaca jendela Anda dengan kain microfiber (atau kain berbahan halus lain) untuk mengeringkannya secara total. Kain microfiber dapat menyerap air tanpa meninggalkan bercak atau goresan dan oleh sebab itu, merupakan peralatan penting yang tidak boleh dilewatkan.
Source: vforce.ca
Source: vforce.ca

Masih kesulitan membersihkan jendela rumah Anda? Sewa jasa pembersihan/ pembantu terpercaya dan profesional dari Beres untuk membantu Anda! Rilekskan diri Anda & serahkan urusan bersih-bersih rumah kepada ahlinya.

booking

 

By Cindy Junovica