Sedia Payung Sebelum Hujan: Jangan Abaikan 5 Persoalan Atap Ini!

Kontraktor sedang menangani atap: genteng
Source: liputan6.com

Untuk mengantisipasi berbagai masalah yang umumnya muncul pada musim hujan, anda sebaiknya melakukan pengecekan atau bahkan melakukan perbaikan di sejumlah titik tertentu pada bangunan, tidak terkecuali atap rumah. Sebelum nantinya anda harus melakukan perbaikan besar atau bahan mengganti seluruh struktur atap karena menyepelekan hal kecil, berikut solusi mengatasi masalah atap rumah yang patut anda simak.

Atap Terlalu Landai

Kontraktor sepakat bahwa kemiringan atap rumah yang paling ideal adalah sekitar 25-30 derajat. Kisaran angka kemiringan atap ini berlaku baik untuk segi konstruksi maupun segi total luas atap rumah. Jika atap rumah datar atau landai, maka akan menyebabkan genangan dalam beton dan air  akan merembes. Jika hal tersebut terjadi, maka solusinya adalah meningkatkan kemiringan atap.  

kemiringan atap/ genteng juga perlu dipertimbangkan
Source: middletnroofing.com

Atap Bocor

Perubahan cuaca juga mampu membuat genteng mudah pecah & semen pada bubungan menjadi retak. Oleh karena itu, lakukan pengecekan setiap setahun sekali pada puncak atap, bubungan dan talang, serta lapisi dengan waterproofing. Jika anda melapisinya dengan waterproofing, pastikan untuk membaca dengan baik petunjuk penggunaan yang tertera pada produk waterproof yang dibeli.

atap bocor saat musim hujan
Source: commercialinteriorsjax.com

Genteng Merosot

Umumnya genteng tanah liat dirancang dengan sudut antara 27,5 derajat sampai 40 derajat. Apabila sudut tidak pas, akan menjadi jalan air untuk masuk. Sebaiknya, sudut atap dibuat landai dengan sudut lebih lebar dari 40 derajat. Setiap kepingan genteng pun sebaiknya dipaku ke reng yang berada tepat di bawahnya agar tidak mudah merosot.

Peristiwa merosotnya genteng ini mudah dideteksi & cara memperbaikinya juga tidak sulit. Anda tinggal memasangnya lagi pada posisi semula. Tapi, jika genteng yang merosot tersebut ada di bagian tengah atau atas, tentu harus dilakukan dengan hati-hati terutama ketika memanjat. Jangan sampai kaki menginjak reng atap karena hal ini dapat membuat susunan strukturnya menjadi rusak.

Bubungan Retak

Bubungan retak menjadi celah masuknya air hujan. Perubahan cuaca dapat menyebabkan material atap rumah menjadi aus sehingga menimbulkan bubungan retak pada dak beton. Anda dapat mengatasinya dengan meminimalkan sambungan atap seperti penggunaan bubungan dan jurai.

Ukuran bubungan atau jurai jangan terlalu tinggi karena akan menimbulkan celah yang mengundang air. Cara lainnya, anda dapat mengaplikasikan lembaran khusus yang tahan air, lunak, dan lentur di atas permukaan bubungan.

bubungan retak
Source: ccroofing.com

Suhu Panas Di Loteng

Loteng rentan panas di siang hari. Namun, hal itu dapat dikurangi dengan membuat ventilasi menyilang (crossed ventilation) dengan memodifikasi lubang angin dan membuat rongga-rongga di bawah genteng. Anda juga dapat memakai bahan insulasi dan pemasangan turbin.

buat ventilasi menyilang (crossed ventilation)
Source: www.cse.org.uk

Jika anda ingin menyewa jasa pemasangan/ perbaikan atap rumah anda, jangan ragu untuk menyewanya di www.beres.id. Kontraktor profesional dan jujur akan membantu anda dengan harga terbaik.


Written by Putri Wahyuni