Rumah Bersih Kini Tidak Sulit Lagi, Begini Caranya.

bersihkan perabotan dan peralatan dapur secara rutin
Source: ebay.com

Rutin Membersihkan Perabotan & Peralatan

Perabotan tidak boleh luput dari pandangan anda. Perabotan yang bersih bisa membuat suasana di rumah menjadi nyaman dan bahkan menjadikan anggota keluarga lebih betah untuk berlama-lama di dalam rumah.

Anda harus rutin membersihkan perabotan, apalagi bagian-bagian tertentu seperti toilet dan dapur yang sering menjadi sarang jamur. Selain itu, segera bersihkan dapur & seluruh peralatan setelah anda selesai memasak.

Bahan Pembersih Kimia
Source: umweltbundesamt.de

Hindari Penggunaan Bahan Pembersih Kimia Sebisa Mungkin

Menggunakan bahan pembersih instan yang kini banyak dijual di pasaran memang lebih mudah dan mempercepat waktu pembersihan. Tapi, bahan-bahan pembersih tersebut memiliki kandungan bahan kimia yang dapat berdampak buruk bagi anda dan keluarga.

Sebagai gantinya, anda dapat menggunakan bahan pembersih alami seperti garam, baking soda, cuka ataupun lemon.

Jaga kebersihan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing
Source: animalli.com

Perhatikan Kebersihan Hewan Peliharaan

Apakah anda mempunyai hewan peliharaan di rumah seperti kucing atau anjing? Jika iya, jangan lupa memperhatikan kebersihan hewan peliharaan anda sekaligus kandangnya. Kandang hewan yang jarang dibersihkan dapat mencemari udara dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, hindari juga untuk membiarkan hewan peliharaan masuk ke dapur atau kamar tidur.

semprotan anti serangga
Source: happyhealthynourished.com

Sediakan Pengusir Serangga

Selain dapat mengganggu kebersihan rumah, serangga juga bisa menjadi sumber kuman penyebab penyakit. Guna mempermudah pengusiran dan mencegah serangga datang kembali, anda dapat menggunakan bahan alami seperti daun kemangi dan minyak kayu putih disudut ruangan.

Kain microfiber
Source: baltimoredetailing.net

Gunakan Kain Microfiber

Debu sangat ringan dan mudah beterbangan dari satu tempat ke tempat lain, sehingga menyapu atau menyedot mungkin saja tidak cukup. Anda butuh kain microfiber untuk membersihkannya. Secara alami, kain microfiber memiliki daya listrik positif yang akan menarik daya negatif dari debu, kotoran, kutu, tungau dan bahkan membersihkan benda pada level mikro seperti bakteri. Dengan demikian, selain dapat menghemat tenaga dan waktu saat membersihkan rumah, penggunaan zat kimia pun dapat diminimalisir. Klik disini untuk membaca keunggulan kain Microfiber dibanding kain lap biasa.

pengharum ruangan alami
Source: popeti.com

Letakkan Pengharum Ruangan

Untuk menghilangkan bau apek dan menyegarkan udara, Anda dapat menggunakan pengharum ruangan. Di pasaran terdapat dua jenis zat pewangi, yakni yang berbahan dasar air dan berbahan dasar minyak. Berbahan dasar air  memiliki kestabilan aroma (wangi) yang bertahan sekitar 3-5 jam. Sedangkan pewangi berbahan dasar minyak menggunakan bahan pelarut atau cairan pembawa, diantaranya isoparaffin, diethyl phthalate atau campurannya.

Sebagai tempat tinggal dan berkumpul bersama keluarga, rumah harus tetap bersih agar tercipta suasana yang nyaman. Sayangnya, kesibukan pekerjaan membuat banyak orang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membersihkan rumah.

Jika anda sibuk dan membutuhkan bantuan bersih-bersih rumah, jangan khawatir. Temukan jasa pembersih rumah yang anda inginkan di www.beres.id untuk hasil yang memuaskan.


Written by Putri Wahyuni