Renovasi Berskala Kecil Yang Dapat Meningkatkan Nilai Properti Secara Pesat

meningkatkan nilai jual-beli properti rumah
Source: mobe.com

Anda memiliki rumah dan ingin menjualnya? Lanjutkan membaca.

Untuk dapat menjual rumah sesuai dengan harga yang telah anda tetapkan sekaligus meningkatkan nilai properti, anda perlu membuat rumah menarik dan layak agar tidak ditawar habis-habisan oleh calon pembeli. Jangan sampai rumah anda bernilai jauh di bawah nilai yang seharusnya hanya karena tampilan rumah yang kurang layak. Berikut cara yang bisa anda lakukan nilai jual-beli properti anda meningkat.

Mengecat Ulang Dinding Rumah

Calon pembeli tentunya tidak ingin mengeluarkan biaya yang mahal untuk biaya pengecatan yang besar. Oleh karena itu, calon pembeli pastinya akan menawar rumah anda dengan harga rendah jika banyak hal yang harus diperbaiki dengan dana sendiri. Jadi, jika sudah banyak bagian cat yang mengelupas, ada baiknya anda mengecat ulang agar terlihat lebih cantik. Dengan mengecat ulang, interior anda pun akan tampak seperti baru kembali dan nilai jual rumah anda pun dapat meningkat.

pengecatan dinding rumah

Membuat & Mempercantik Taman

Apabila rumah anda tidak memiliki taman, tidak ada salahnya anda merombak atau menata space kecil di halaman depan, samping, atau belakang rumah untuk membangun taman kecil. Anda dapat menggunakan sejumlah tanaman hias berukuran kecil. Bila rumah yang akan dijual memiliki taman, itu adalah modal yang sangat baik. Namun, jangan biarkan taman hanya ditumbuhi rumput dan tanaman liar ya!

Dengan kehadiran sedikit tanaman hijau, rumah akan tampak semakin cantik, menarik dan enak dipandang. Hal ini akan menjadi nilai tambah rumah anda di hadapan calon pembeli.

persiapkan taman menyambut imlek 2017
Source: desainrumahmoderen.com

Mengganti Perabot & Keramik Rusak

Perhatikan kondisi perabot dan keramik di ruangan rumah seperti dapur, ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi anda. Contohnya, apabila keramik telah menguning, berkerak, berubah warna, atau terlihat usang, anda disarankan untuk menggantinya. Hal ini berpotensi meningkatkan niat calon pembeli dan menjadi nilai plus.

Perhatikan pula kondisi dapur rumah anda. Segera tangani masalah kabinet atau lemari dapur yang rusak, jika ada. Selain itu, jika terdapat atap genteng atau saluran pipa air yang sudah usang, bolong, dan bocor, anda dianjurkan untuk segera menanganinya. 

mengganti keramik lantai yang sudah lama dan rusak
Source: koran-sindo.com

Membangun Pagar & Memasang CCTV

Bila rumah anda tidak terletak di komplek khusus dengan pengawalan security yang ketat, maka pagar adalah hal yang penting. Faktor keamanan ini seringkali menjadi pertimbangan bagi pembeli saat hendak membeli rumah.Selain itu, anda dapat memasang sistem alarm anti-maling dan camera CCTV untuk keamanan lebih. Nah, dengan kehadiran pagar rumah yang  kokoh serta sistem keamanan yang bagus,  kemungkinan rumah anda untuk dibeli menjadi lebih besar, dan harga jual juga akan semakin bernilai tinggi. 

pagar rumah yang kuat dan kokoh
Source: rumahmasakini.com

Sirkulasi Udara Yang Bersih dan Segar

Sebelum calon pembeli anda datang dan melihat kondisi rumah, pastikan bahwa jendela dan ventilasi udara telah dibersihkan. Buka jendela setidaknya 2 jam sebelum calon pembeli datang. Hal ini akan memberikan sirkulasi udara yang segar di dalam rumah. Dengan sirkulasi udara yang baik, calon pembeli akan merasa nyaman.

Apabila anda hendak melakukan beberapa renovasi seperti pengecatan, perombakan taman, pembetulan/ pembuatan kabinet atau memasang pagar, jangan ragu untuk menghubungi jasa pertukangan profesional, berpengalaman, dan terpercaya di www.beres.id . Beres.id menyediakan berbagai macam jasa untuk renovasi berskala kecil hingga besar. Anda dapat memilih kontraktor sesuai dengan budget dan preferensi.  


Written by Putri Wahyuni