Rencana Mudik Lebaran? Simak 7 Hal Penting Berikut Sebelum Tinggalkan Rumah

Libur panjang Lebaran menjadi momentum bagi sebagian banyak masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, untuk pulang ke kampung halaman. Mudik umumnya memakan waktu satu hingga dua minggu sebelum akhirnya kembali ke aktifitas sediakala. Adalah hal yang wajar jika Anda sebagai pemilik hunian merasa cemas meninggalkan rumah dengan waktu yang cukup lama seperti itu.

Inilah 7 hal penting yang dapat menjadi catatan Anda akan apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu pada rumah hunian Anda sebelum melakukan perjalanan. Mudik tanpa rasa cemas pun bukan lagi sebuah wacana!

1. Cek semua sumber colokan listrik di rumah.

Pastikan tidak ada perangkat listrik yang masih tercolok; dari hal paling kecil yaitu charger telepon genggam hingga televisi serta perangkat hiburan sehari-hari berbasis tenaga listrik lainnya. Selain membahayakan karena resiko semacam hubungan arus pendek listrik, hal ini juga tentunya menghemat penggunaan listrik semasa berpergian yang berujung biaya listrik bulanan yang lebih murah.

Image Credit: hunker
Image Credit: hunker

2 Memperhitungkan keadaan kulkas atau lemari pendingin.

Idealnya, Anda sebaiknya turut menonaktifkan kulkas selama mudik atas dasar keamanan. Tentunya, semua isi di dalamnya harus dikeluarkan terlebih dahulu untuk menghindari bau atau busuknya makanan. Namun jika isi kulkas Anda terlalu banyak atau Anda dihadapkan dengan situasi lain yang membuat Anda harus tetap menyalakan kulkas selama mudik, tidak masalah selama Anda memiliki langkah antisipasi. Sebagai contoh, Anda perlu letakkan di sudut rumah yang paling aman dari kebocoran air saat hujan deras tiba.

Image Credit: eggs.ca
Image Credit: eggs.ca

3 Buat skenario setting rumah tetap tampak berpenghuni.

Kasus kemalingan relatif ramai di periode mudik lebaran kemungkinan besar karena banyak pemilik rumah yang berpergian mudik membiarkan rumah mereka nampak benar-benar kosong. Berikut adalah trik membuat rumah seakan-akan masih tetap berpenghuni:

  • Pasang lampu otomatis. Anda dapat install lampu yang secara otomatis berfungsi saat malam hari tiba. Dengan begini, setidaknya bagian depan rumah Anda masih memiliki pencahayaan layak meskipun langit sudah gelap.
  • Pangkas dan tata tanaman depan rumah sebelum berangkat. Bagian depan rumah yang terkesan berantakan akan tanaman yang dibiarkan tumbuh tidak terawat akan memberikan kesan hunian tersebut kosong.
  • Tidak berlangganan koran untuk sementara waktu. Lebih tepatnya, hindari berbagai jenis transaksi pembelian yang bersifat beli-antar. Jika koran atau barang apapun tiba dan dibiarkan tergeletak begitu saja di halaman rumah, mereka yang berniat buruk mungkin akan dengan mudahnya kalau rumah sedang tidak berpenghuni.
  • Letakkan sandal depan rumah. Cara yang terkesan paling sepele namun ampuh. Sandal atau sepatu yang dibiarkan tergeletak di depan pintu memberikan kesan natural bahwa rumah sedang berpenghuni.
Image Credit: Renee's Ravishing Recipes And Health Facts
Image Credit: Renee’s Ravishing Recipes And Health Facts

4 Pasang CCTV di sudut-sudut rawan rumah.

Setelah itu, apa salahnya mengombinasikan beberapa cara konvensional di atas dengan sentuhan teknologi yang kini kian memudahkan, bukan? Rogoh kocek sedikit lebih dalam untuk melakukan pemasangan CCTV di sudut-sudut rawan pada rumah yang mudah disusupi.

Image Credit: The Telegraph
Image Credit: The Telegraph

button request jasa

5 Berikan kunci rumah pada tetangga yang dipercaya.

Terlebih lagi jika Anda memang tinggal di sebuah lingkungan yang memang kental nuansa rukun tetangganya. Tidak ada salahnya Anda mempercayakan kunci rumah ke tetangga yang memang dekat dan dipercaya. Hal ini untuk memastikan akan ada orang yang bertindak jika terjadi sesuatu tak terduga di rumah seperti mati lampu, tanaman yang jatuh, dan situasi-situasi buruk lainnya.

Image Credit: AAphils 24hr Lock & Key
Image Credit: AAphils 24hr Lock & Key

6 Bersih-bersih sebelum berangkat.

Sangat tidak dianjurkan untuk menunda-nunda membersihkan rumah hingga pulang dari mudik. Kotoran dalam rumah akan menumpuk dan malam membuat situasi rumah menjadi kumuh saat Anda pulang dari kampung halaman. Lebih buruknya lagi, kalau dengan lengahnya kita membersihkan rumah sebelum keberangkatan, rumah akan mendadak jadi lahan bermain paling menyenangkan bagi hama-hama seperti tikus atau kecoak.

Image Credit: Home Clean image
Image Credit: Home Clean image

button request jasa

7 Pastikan untuk titip hewan peliharaan

Titip sahabat-sahabat kecil Anda ke pusat penitipan, keluarga, teman atau tetangga yang Anda percaya. Jangan biarkan mereka tetap berada di rumah karena akan membahayakan keselamatan mereka serta barang-barang mudah pecah milik Anda yang ada di rumah.

Image Credit: Grandmas Home Remedy
Image Credit: Grandmas Home Remedy

Ada tips yang terlewat? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komen di bawah. Klik disini untuk terhubung dengan para penyedia jasa profesional yang mungkin Anda butuhkan untuk persiapan mudik di rumah, hanya di Beres.id.