Punya Hewan Peliharaan di Rumah? Jangan Abaikan Tips Kebersihan & Kesehatan Berikut Ini

anjing peliharaan lucu
Source: IndiaBright.com

Memiliki hewan peliharaan dengan tingkah pola yang lucu tentunya sangat menggemaskan dan menyenangkan. Namun, memelihara hewan di rumah membutuhkan tidak hanya sekedar kasih sayang, tetapi juga rasa tanggung jawab dan metode perawatan yang benar.

Agar rumah tetap terjaga kebersihannya dengan kehadiran hewan peliharaan, coba terapkan tips-tips berikut.

Sirkulasi Kandang Yang Baik

Luangkan waktu untuk membersihkan kandang hewan secara berkala, minimal dua minggu sekali. Selain itu, pastikan tempat atau kandang hewan peliharaan memiliki sirkulasi udara yang baik. Meletakkan kandang hewan peliharaan di ruang terbuka seperti halaman rumah dan tidak meletakkannya di dalam ruang tertutup adalah pilihan yang bijaksana. Hal ini penting karena tanpa sirkulasi udara yang baik, bau dari hewan peliharaan akan mengendap di dalam ruangan.

kandang hewan peliharaan di taman atau halaman rumah
Source: desainrumahnya.com

Sisir & Mandikan Hewan Peliharaan Secara Teratur

Apabila anda hendak membawa hewan peliharaan ke dalam rumah, sebaiknya sisir bulu atau rambutnya minimal sekali. Dengan meluangkan waktu beberapa menit untuk menyisir bulu binatang peliharaan akan mengurangi bulu atau rambut yang rontok atau jatuh di dalam rumah. Selain itu, moment ini dapat menciptakan kedekatan atau keterikatan antar binatang peliharaan dengan anda sebagai tuannya.

sisir dan rapikan bulu hewan peliharaan anjing atau kucing
Source: culturaliteraria.com

Gunakan Baking Soda

Baking soda mampu menyerap bau dan cocok bagi anda yang memelihara hewan peliharaan di rumah. Selain dapat digunakan sebagai penyegar udara alami, baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau apek dari kain, perabot, bahkan mainan hewan.

Larutkan empat sendok makan baking soda dalam satu liter air hangat. Untuk jenis mainan yang berbulu yang tidak dapat dicuci dengan air, taburkan baking soda ke mainan dan biarkan selama + 15 menit. Kemudian, gosok dan hilangkan sisa bubuk baking soda.

Perhatikan Kebersihan dan Kehigienisan Tempat Makan

Agar rumah tidak menjadi kotor, jangan biasakan hewan peliharaan untuk makan di dalam rumah. Anda bisa menempatkan wadah makanan di halaman atau di luar rumah. Selain itu, hindari wadah makanan dalam keadaan basah karena akan menyebabkan munculnya bakteri & menimbulkan bau tidak sedap.

perhatikan kebersihan tempat makan dan minum anjing atau kucing peliharaan
Source: blog.puali.com

Bersihkan Bulu Atau Rambut Hewan Yang Beterbaran

Ini adalah masalah paling utama yang menimbulkan efek cukup berbahaya bagi pemilik hewan peliharaan. Mengapa? Karena kuman & virus yang muncul dari bulu atau rambut hewan bisa membahayakan kesehatan. Secara tidak sadar, bulu atau rambut hewan bisa masuk ke hidung dan dapat menyebabkan alergi.

Oleh sebab itu, mengatur udara di dalam rumah agar selalu bersih sangat penting untuk dilakukan. Bersihkan kuku, bulu atau rambut hewan dengan menggunakan sarung tangan yang terbuat dari karet ataupun vacuum cleaner.

membersihkan bulu hewan peliharaan dengan vacuum cleaner
Source: pinterest.com

Udara bersih sangat menunjang kesehatan anda dan anggota keluarga agar tidak terserang penyakit seperti alergi. Dapatkan ahli jasa pembersihan rumah berpengalaman dan profesional untuk membersihkan rumah anda secara rutin. Oh ya, sebelum menyewa, pastikan anda menginformasikan kehadiran hewan peliharaan (seperti anjing, kucing, burung, dll) kepada penyedia jasa pembersihan/ cleaning service.


Written by Putri Wahyuni