Pertama Kali Pindah Rumah? Checklist Ini Wajib Anda Miliki Dan Penuhi

 

Jika ini merupakan pengalaman pertama Anda pindahan rumah, rangkaian persiapan hingga masuk hunian baru tentu akan terasa sangat merepotkan dan melelahkan. Namun dengan persiapan yang matang, Anda dapat melalui proses yang mulus dan berujung mendapatkan pengalaman yang menarik. Inilah panduan jitu pindahan rumah yang sudah kami tuang dalam checklist berikut. Ambil pena dan siap-siap mencatat!

Image Credit: Rent.com
Image Credit: Rent

2 Bulan Sebelum Pindahan

  • Jelajah seisi rumah

Alokasikan waktu di akhir pekan Anda dengan jelajahi seisi rumah. Perhatikan barang-barang yang Anda miliki dan visualisasikan mereka berada di rumah baru Anda nantinya sembari mulai bayangkan strategi bagaimana Anda akan memindahkan mereka. Buat daftar tersendiri untuk pastikan tidak ada ruangan yang terlewat.

  • Tentukan dan catat

Masih terhubung dengan poin sebelumnya, tuangkan hasil penelusuran rumah Anda dalam satu catatan khusus. Isi catatan paling tidak, berisi daftar barang-barang di setiap ruangan dengan dua kategori berbeda yakni mana yang akan Anda akan bawa ke rumah baru dan mana yang akan Anda tinggal atau donasikan.

  • Cari dan pelajari pilihan penyedia jasa pindahan

Ada banyak pilihan jasa relokasi yang tersedia namun tentu tidak semua akan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Karena itu, idealnya proses pencarian jasa relokasi dilakukan sejak jauh-jauh hari yakni setidaknya dua bulan sebelum pindahan.

Hemat waktu pencarian Anda dengan percayakan pada para penyedia jasa yang terhubung dengan Beres.id. Entah preferensi Anda itu Truk Engkel atau Truk Mobil Pick-Up, temukan informasi lengkap dan pilihan penyedia jasa profesional terpercaya dari keduanya di sini.

 

button request jasa

 

Image Credit: Unpacked
Image Credit: Unpacked

6 Minggu Sebelum Pindahan

  • Beli alat perlengkapan packing

Mulai beli berbagai perlengkapan yang akan Anda butuhkan nantinya saat proses packing. Hal ini meliputi bubble wrap, kardus kokoh, selotip besar, plastik, hingga koper untuk baju jika memungkinkan.

  • Gunakan barang yang sudah hampir habis atau mendekati batas kadaluarsa

Dari mulai minyak sayur, perlengkapan mandi, stok makanan hingga deterjen baju, besar kemungkinan Anda tidak akan membawa mereka ke rumah yang baru. Perhitungkan pola pemakaian sehingga Anda tidak perlu membuang-buang mereka dengan sia-sia saat pindahan nanti.

  • Perhatikan denah interior rumah baru serta dimensi dan fungsinya

Anda juga dapat berkunjung ke rumah baru dan pelajari isinya dari dimensi hingga fungsi masing-masing ruangan. Akan lebih baik jika Anda mengenal ukuran perangkat besar yang Anda miliki untuk memudahkan Anda dalam memperhitungkan penggunaan ruang di hunian baru tersebut. Proses ini juga dapat memberikan gambaran bagaimana baiknya nanti saat memasukan barang ke dalam rumah dan proses eksekusi pindahan secara keseluruhan pun jadi lebih mulus.

Image Credit: Readers Digest
Image Credit: Readers Digest

1 Bulan Sebelum Pindahan

  • Tentukan penyedia jasa pindahan

Satu bulan sebelum pindahan adalah batas Anda menentukan penyedia jasa pindahan yang akan dipercayakan nantinya. Sepakati dan konfirmasi dari mulai tanggal pindahan, biaya yang diperlukan, dan detail penting lainnya.

  • Mulai packing

Packing time! Gunakan catatan Anda sebelumnya yang berisi barang mana yang akan Anda bawa pindahan nantinya. Select, categorize  and pack! Beres.id sebelumnya telah mengulas tips packing untuk keperluan pindahan rumah. Klik di sini untuk akses ke artikel tersebut.

  • Pisahkan barang yang berharga

Hal ini perlu perhatian dan timing khusus. Miliki catatan tersendiri akan barang-barang berharga yang Anda miliki di rumah. Hal ini dapat meliputi surat-surat penting (sertifikat rumah, asuransi, dsb), perhiasan, hingga safe deposit box. Tentukan apakah barang dalam kategori ini Anda pindahkan sendiri atau termasuk dalam jasa relokasi yang Anda pilih. Jika memilih pilihan kedua, pastikan Anda memiliki hitam di atas putih tersendiri dengan pihak penyedia jasa.

  • Kontak pihak penting untuk update alamat baru Anda

Pihak seperti bank, asuransi, kantor hingga sekolah buah hati Anda idealnya perlu diberikan notifikasi tentang perpindahan rumah Anda. Sebulan sepatutnya tidak terlalu dini untuk memberikan informasi tentang alamat baru Anda agar mereka dapat mulai memperbaharui data pribadi Anda di sistem mereka.

Image Credit: Jacksonville Moving Blog
Image Credit: Jacksonville Moving Blog

2 Minggu Sebelum Pindahan

  • Dapatkan konfirmasi cuti dari kantor saat hari pindahan

Penting untuk memastikan kalau pada saat hari pindahan, kita benar-benar bebas dari pekerjaan dan urusan lain. Satu hari tersebut perlu didekasikan untuk memonitor proses perpindahan agar berjalan mulus dan sesuai rencana. Pastikan Anda dapat konfirmasi cuti dari kantor atau kepada siapa pun Anda melapor di tempat kerja setidaknya dua minggu sebelum hari pindahan.

  • Reconfirm pihak jasa pindahan

Hubungi kembali pihak penyedia jasa relokasi yang Anda pilih sebelumnya. Pastikan kembali terkait jadwal, biaya, dan detail lainnya. Jika memungkinkan, dapatkan kontak petugas mereka yang akan melayani Anda nantinya untuk memudahkan koordinasi beberapa hari sebelum dan saat hari pindahan.

  • Pasang internet di rumah baru

Internet menjadi sedemikian esensial saat ini. Karena itu, ada baiknya dua minggu sebelum hari pindahan Anda sudah mulai berupaya untuk memasang internet di rumah baru. Akses internet juga akan memudahkan Anda untuk berhubungan dengan kerabat atau pihak-pihak lainnya di hari-hari pertama Anda di rumah baru.

  • Duplikat kunci rumah baru

Dengan seringnya anda melakukan mobilisasi rumah lama ke rumah baru di hari-hari menjelang pindahan, resiko kehilangan kunci juga menjadi semakin besar. Karena itu, pastikan setidaknya Anda memiliki satu kunci duplikat rumah baru sebagai langkah antisipasi.

Image Credit: Provicial Moving and Storage
Image Credit: Provicial Moving and Storage

1 Minggu Sebelum Pindahan

  • Persiapkan Survival Box menjelang pindahan

Persiapkan ‘survival box’ berupa persediaan kebutuhan sehari-hari yang Anda perlukan beberapa hari menjelang pindahan dan satu hingga dua hari usai masuk rumah baru. Mereka yang termasuk kategori ini di antaranya; peralatan mandi, handuk, peralatan makan, beberapa baju bersih dan hal lainnya yang mutlak diperlukan sehari-harinya. Survival box juga sudah selayaknya dikemas dengan rapih di sebuah tas atau box yang cukup besar.

  • Defrost Freezer atau lemari es

Seminggu adalah waktu yang tepat untuk mengosongkan isi kulkas dan mencairkan peti esnya. Dengan memberikan beberapa hari pada kulkas untuk berhenti berfungsi saat proses pindahan, resiko menimbulkan bau hingga terjadinya kerusakan pun dapat dihindari.

  • Double check detail eksekusi

Periksa kembali semua persiapan pindahan. Hal ini meliputi kroscek ulang daftar barang yang akan direlokasi, koordinasi dengan pihak jasa pindahan, hingga menyusun strategi memasukan barang-barang besar ke dalam rumah baru. Jika memang diperlukan, Anda juga dapat membuat rundown untuk hari pindahan nantinya dan mendelegasikan anggota keluarga Anda dengan tugas-tugas tertentu. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing sendirian karena segalanya akan terkoordinasi dengan baik dan proses pindahan pun berjalan lebih mulus.

Image Credit: MassLive.com
Image Credit: MassLive

Hari Pindahan

Pastikan di hari pindahan Anda telah cukup banyak beristirahat sehingga memiliki energi yang cukup. Selain soal tenaga, hari pindahan juga membutuhkan konsentrasi penuh Anda untuk siap berkoordinasi dengan beberapa pihak khususnya dengan anggota keluarga serta penyedia jasa relokasi yang Anda gunakan.

Selalu berada dalam jangkauan hal esensial pindahan seperti catatan inventori barang, telepon genggam untuk berkomunikasi, kunci rumah, serta cash untuk biaya tak terduga. Baiknya, Anda masukan semua kelengkapan tersebut ke dalam satu ransel atau tas kecil yang mudah Anda kenakan dan bawa-bawa seharian.