Permasalahan Umum Yang Sering Muncul Saat Melakukan Open House Di Hari Raya

Ingin mengadakan open house di hari raya lebaran? lanjutkan membaca.

Open house merupakan tradisi umum yang kerap dilakukan masyarakat, termasuk kaum Muslim ketika Hari Raya tiba. Kunjungan ke rumah teman atau keluarga untuk menyantap makanan dan bersilaturahmi memang menyenangkan. Tapi, mengadakan acara open house di rumah sendiri? Tidak semudah yang dipikirkan.

Oleh sebab itu, sebelum menyelenggarakan open house, sebaiknya anda mengetahui beberapa permasalahan yang (mungkin) terjadi di tengah open house agar anda tidak panik dan dapat menyediakan solusinya.

1. Porsi Makanan < Jumlah Tamu Yang Datang

makanan yang disediakan oleh jasa catering profesional dan berpengalaman untuk acara open house

Anda dapat memprediksi berapa jumlah tamu yang datang, tapi anda tidak dapat memastikan berapa jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, anda harus menyiapkan makanan yang cukup agar semua tamu dapat menyantap hidangan. Anda tidak mau bukan ada yang tidak mendapatkan makanan karena kehabisan?

Jika terdapat 100 tamu yang hadir, anda disarankan untuk memesan porsi makanan untuk 80 – 90 pax. Di samping itu, jangan lupa sediakan makanan kecil seperti kue-kue, es krim, dan makanan pencuci mulut.

Untuk lebih amannya, anda disarankan untuk menyewa jasa catering profesional di hari H. Dengan adanya jasa catering, anda tidak perlu kebingungan memikirkan solusi untuk porsi makanan yang tidak cukup. Dengan begini, anda pun bisa dengan santai berbincang tanpa harus khawatir tamu anda akan kelaparan!

2. Lantai Menjadi Kotor & Lengket

lantai kotor dan lengket saat open house

Dengan kehadiran puluhan bahkan ratusan orang di rumah anda, lantai kotor dan lengket merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Telapak kaki yang berjalan kesana-kemari, makanan atau minuman yang jatuh di lantai, apalagi jika terdapat banyak tamu anak-anak dan balita.

Sewa jasa pembersihan rumah atau cleaning service untuk membantu anda apabila kewalahan. Dengan adanya kehadiran cleaning service, paling tidak anda tidak perlu repot-repot membanting tulang menyapu dan mengepel seisi rumah setelah hari open house yang melelahkan.

3. Noda Minuman atau Makanan Jatuh Di Sofa

noda makanan yang jatuh pada karpet atau sofa

Salah satu jenis noda yang paling sering ditemukan di sofa atau karpet adalah noda air. Noda ini berasal dari minuman yang tumpah di atas sofa, misalnya susu, jus, kopi dan sebagainya atau makanan berkuah yang mengandung minyak seperti gulai, kari, sop, bakso atau dan sebagainya.

Oleh sebab itu, jika sofa atau karpet kain terkena noda saat tamu anda sedang makan atau minum di saat open house, segeralah bersihkan noda tersebut agar tidak meninggalkan bekas yang bisa merusak tampilan sofa aau karpet Anda. Jika noda termasuk parah, serahkan ke jasa pembersihan sofa atau cuci karpet profesional dan berpengalaman agar sofa dan karpet anda dapat kembali terlihat baru dan bersih.

4. AC Tidak Nyala Atau Tidak Dingin

pengaturan temperatur atau suhu AC di rumah anda

Salah satu masalah yang mungkin muncul adalah cuaca yang terlalu panas dan temperatur ruangan yang tidak dingin. Apalagi saat anda tengah ‘kebanjiran’ tamu saat open house. Udara yang tetap sejuk, segar, dan mengalir sangat diperlukan di saat-saat seperti ini. Jangan sampai AC anda bermasalah yang menyebabkan tamu merasa gerah dan kepanasan hingga silaturahmi pun terganggu.

Sebelum itu terjadi, pastikan bahwa pendingin udara atau AC anda berfungsi dengan baik. Segera service AC sebelum hari H untuk memastikan kinerja AC maksimal.  

5. Toilet Mampet

sistem flushing toilet bermasalah atau saluran air mampet

Salah satu bagian ruangan yang tak luput dikunjungi saat open house adalah toilet. Apalagi jika tamu anda tinggal berjam-jam di rumah. Sama seperti AC dan alat elektronik lainnya, pastikan bahwa toilet anda berfungsi dengan baik. Cek wastafel, bak mandi, dan sistem flush. Jika terdapat masalah, anda dianjurkan untuk segera memperbaikinya untuk mencegah potensi ketidaknyamanan tamu saat sedang menggunakan WC.

Serahkan masalah perpipaan kepada tukang pipa air terpercaya dan berpengalaman. Pastikan kinerja sistem pembuangan air dan kebersihan toilet lancar selama open house.  


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica