Perhatikan 5 Kriteria Ini Sebelum Menyewa Instruktur Renang

seorang wanita sedang berenang dengan gaya bebas di kolam renang

Berenang merupakan olahraga air yang digemari banyak orang, dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain dianggap sebagai hobi atau aktivitas yang menyenangkan, berenang juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, berenang merupakan salah satu keahlian yang penting untuk dikuasai oleh setiap orang dan sebaiknya dimulai sejak usia belia. Namun, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan orang dewasa pun dapat menguasai teknik berenang yang baik dan benar, tentunya dengan bantuan guru les/ instruktur renang yang tepat dan handal.

Apa yang harus dicari dan dinilai dari seorang instruktur renang sebelum anda menyewanya?

#1 Kualifikasi dan pengalaman renang yang bagus

Sebelum menyewa instruktur renang, ada baiknya ada memeriksa latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi guru les renang tersebut seperti berapa tahun pengalaman yang mereka miliki sebagai instruktur renang, apakah mereka memiliki sertifikasi atau pelatihan khusus renang khusus, atau apakah mereka pernah memiliki pencapaian atau juara lomba renang, dan sebagainya.

Jika anda masih kurang yakin, tanyakan pendapat dan ulasan dari klien-klien yang telah memakai jasa pelatih renang tersebut sebelumnya. Biasanya, instruktur renang berkualitas memiliki sejumlah klien puas yang akan dengan senang hati menjawab keraguan anda. Lebih baik teliti daripada salah pilih, bukan?

kualifikasi instruktur renang (medali, pencapaian, juara lomba)
Source: pinterest.com

button request jasa

#2  Kepribadian yang ramah dan menyenangkan itu penting

Selain skill atau keahlian, personality atau kepribadian juga tidak kalah pentingnya. Seorang instruktur yang baik harus mampu mengkomunikasikan kemampuannya dengan tepat dan pastinya, dengan cara yang menyenangkan. Di samping itu, mereka juga harus siap siaga  membantu klien mengatasi permasalahan mendasar seperti rasa takut terhadap air (aquaphobia), postur kaki, badan, atau tangan yang kaku saat terapung, dan lain-lain.  

sindrom aquaphobia
Source: wisegeek.com

#3  Perbedaan mengajar anak-anak VS orang dewasa

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua instruktur renang dapat mengajar kelompok usia yang berbeda; ada beberapa yang khusus memberikan pelatihan kepada anak-anak/ balita, dan ada yang lebih condong mengajar orang dewasa. Anak-anak biasanya membutuhkan perhatian khusus, sedangkan orang dewasa sudah dapat menjadi penyeimbang diri mereka sendiri. Jadi, pastikan bahwa anda menyewa instruktur yang tepat.

Guru les renang anak-anak biasanya memiliki sifat lebih sabar, lembut, mampu menghadapi kerewelan si anak, serta menggunakan cara kreatif untuk membantu si anak memahami dan mempraktikkan teknik yang diajarkan.

anak bayi berenang di kolam renang
Source: portalanak.com

#4  Kedisiplinan Instruktur juga patut dipertimbangkan

Kedisiplinan merupakan salah satu faktor yang harus turut diperhatikan. Pastikan bahwa si instruktur tepat waktu, memberikan latihan semaksimal mungkin dalam sesi yang dijanjikan, dan tegas namun tidak memaksa dalam memberikan pelajaran.

NB: Murid renang juga harus memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi demi mencapai hasil pelatihan yang cepat dan bagus ya!

kedisiplinan dan tepat waktu dalam sesi belajar renang
Source: papasemar.com

#5  Harga atau tarif yang dikenakan

Sebelum melakukan deal atau mempekerjakan si instruktur, dapatkan informasi dan detil yang lengkap tentang tarif yang dikenakan; berapa jam per sesi, berapa sesi per minggu/ bulan, apakah anda bisa mendapatkan uang kembali (refund) atau menjadwal ulang pertemuan  (reschedule) jika berhalangan.

harga atau tarif guru les renang
Source: shutterstock.com

Apakah anda berniat mencari jasa guru les/ instruktur renang untuk memberikan pelatihan kepada anda/ keluarga? Beres.id menyediakan jasa guru les/ instruktur renang terpercaya dan handal untuk membantu anda. Bandingkan harga dari beberapa instruktur renang dan pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anda.

button request jasa


Written by Cindy Junovica