Pentingnya Kebersihan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja

Bersih itu sehat, bersih itu sebagian dari iman, dan bersih itu enak dipandang. Tapi, benarkah kalau kebersihan itu dapat mempengaruhi produktivitas kerja?

Seperti yang kita ketahui, tinggi-rendahnya produktivitas kerja berhubungan dengan pikiran positif, dan pikiran positif dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Nah, oleh karena itu, lingkungan kerja yang kotor dan berantakan dapat menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya tingkat produktivitas seseorang.

jaga kebersihan meja kerja untuk produktivitas yang lebih tinggi
Source: decoist.com

Ingin meningkatkan tingkat produktivitas saat bekerja?

1. Bersihkan sisa-sisa makanan di meja sehabis makan dengan segera

Ngemil sambil bekerja memang bikin nagih buat kebanyakan orang. Ada yang bilang makan cemilan saat bekerja dapat meningkatkan fokus terhadap pekerjaan. Meja kerja juga terkadang digunakan sebagai meja makan darurat buat anda yang terlalu sibuk saat jam makan siang.

Nah, bagi anda yang gemar makan sambil bekerja, jangan lupa untuk membersihkan meja kerja anda dari sisa makanan secara berkala. Sisa makanan di meja kerja seringkali mengeluarkan bau yang tidak sedap dan menjadi sarang lalat, dan bau yang tidak sedap ini pun akan mengganggu konsentrasi kerja anda.

Ingat, jangan sampai kesibukan membuat anda mengabaikan kotak/ pembungkus makanan menumpuk di meja kerja ya!

bersihkan sisa makanan atau kotak/ pembungkus makanan sehabis makan
Source: google.com

button request jasa

2. Berantakan itu kreatif, sedangkan bersih itu produktif

Dilansir oleh Forbes, seorang penulis bernama David Burkus mengatakan bahwa situasi yang tertata dan rapi membuat pekerja lebih mengikuti standar ekspektasi yang harus diikuti. Situasi seperti kantor-kantor pada umumnya sangat mengedepankan produktivitas kerja ketimbang kreativitas kerja.

Namun, untuk mengembangkan ide-ide yang kreatif, tatanan meja yang terlalu kaku dan monoton dapat menghambat jiwa kreatif si pekerja. Oleh sebab itu, desain-desain kantor sekarang banyak yang mengedepankan konsep modern agar pekerja-pekerja lebih terbuka terhadap pemikiran kreatif. Namun berantakan ataupun tidak, kebersihan tetap menjadi yang terpenting. Tetap jaga kebersihan meja dan tempat kerja di sekitar anda agar makin produktif!

meja kerja yang berantakan
Source: huffpost.com

3. Meja kerja yang terlihat bersih belum tentu bersih

Never judge a book by its cover. Pastinya anda pernah mendengar peribahasa terkenal ini, bukan?

Dalam halnya kebersihan, tempat-tempat yang tidak kasatmata dan tidak terpikirkan biasanya menyimpan banyak bakteri yang tidak anda sadari. Peralatan elektronik seperti komputer, keyboard, dan mouse anda merupakan salah satu sarang bakteri yang sering terabaikan. Seperti dilansir oleh Liputan6.com, sebuah kantor berita online di Australia diinspeksi oleh “pemburu bakteri”. Setelah diinspeksi dengan menggunakan mesin pendeteksi bakteri, hasil yang diperoleh cukup mengejutkan.

Meja kerja dan keyboard terdeteksi memiliki 2.219 bakteri per sentimeter persegi. Jumlah tersebut setara dengan  jumlah bakteri yang terdapat pada gagang sapu (2.284 bakteri).

keyboard atau peralatan komputer merupakan sarang bakteri
Source: nsw.gov.au

Intinya, dengan lingkungan kerja yang bersih, manfaat yang kita dapatkan sangat banyak. Lingkungan kerja yang kotor dan tidak higienis tidak hanya enak dipandang, namun juga akan mengganggu fokus dan produktivitas.

Jika anda orang yang sibuk dengan pekerjaan, menyewa jasa pembantu bersih-bersih bisa jadi solusi. Dengan begitu, Anda dapat menyalurkan tenaga anda untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting seperti pekerjaan anda, bukan?

Kunjungi www.beres.id dan sewa jasa cleaning service handal dan profesional untuk mem’beres’kan kantor/ tempat kerja anda.

button request jasa


Written by Ryandi Kaswira