Pembantu Rumah Tangga Mudik Lebaran? Gak Perlu Pusing!

Hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan hari bahagia yang dinantikan oleh umat Muslim diseluruh dunia. Namun, dibalik suka cita menghadapi lebaran, ketakutan pun terjadi karena para asisten rumah tangga harus mudik. Tentunya ini akan menjadi dampak bagi Anda yang memiliki PRT di rumah.

pembantu mudik lebaran
Source: merdeka.com

Bayangkan, rumah Anda yang besar dan terbiasa bersih karena jasa pembantu rumah tangga, mendadak redup karena Anda harus mengambil alih sementara posisi mereka ketika mudik, belum lagi si kecil yang masih membutuhkan perhatian Anda, mau tidak mau fokus Anda harus terbagi. Banyak sekali keluarga Indonesia yang begitu kerepotan ketika asisten rumah tangga pulang kampung untuk beberapa saat.

Berikut ini adalah kiat-kiat khusus untuk menghadapi asisten rumah tangga Anda yang mudik ke kampung halamannya.

1. Atur Jadwal Kepulangan Pembantu Rumah Tangga (PRT)

Apabila Anda memiliki asisten rumah tangga lebih dari satu, sebaiknya Anda mengatur jadwal mudik lebaran mereka secara bergantian dimana Anda harus memastikan terlebih dahulu kepada asisten rumah tangga Anda, sehingga ketika salah satu asisten rumah tangga mudik, Anda tidak perlu kebakaran jenggot.

2. Berbagi Tugas Dengan Anggota Keluarga

Biasakan sebelumnya untuk mengurus pekerjaan rumah tangga Anda sendiri, walaupun Anda memiliki asisten rumah tangga. Hal ini dilakukan agar Anda tidak bergantung dalam segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga Anda.

bagi tugas dengan anggota keluarga saat pembantu mudik
Source: marketplus.co.id

Mulailah membagi tugas dalam pekerjaan rumah tangga dengan anggota keluarga Anda seperti suami dan anak-anak. Diskusikan sebelumnya dengan suami Anda, pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan oleh suami dan anak-anak.

Berikan pekerjaan rumah tangga yang sedikit berat kepada suami Anda dan pekerjaan rumah tangga yang ringan kepada anak-anak Anda. Sementara, Anda dapat mengurusi pekerjaan dapur dan menjaga anak balita Anda.

3. Buat Jadwal Pekerjaan Yang Akan Anda Lakukan

Jangan cemas dan stress bila asisten rumah tangga Anda mudik ke kampung halamannya. Setelah Anda berbagi tugas rumah tangga dengan anggota keluarga, buatlah jadwal pekerjaan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Hal ini untuk mempermudah  Anda dan anggota keluarga untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

4. Simpan Stok Makanan Yang Cukup

Pergi dan berbelanja ke pasar atau swalayan terdekat untuk membeli bahan makanan yang cukup. Perlu diingat, pilih makanan yang tahan lama dan dapat di simpan ke dalam kulkas Anda.

stok makanan dari swalayan untuk keperluan rumah saat pembantu mudik lebaran
Source: kiplinger.com

5. Gunakan Jasa Pembantu Rumah Tangga Infal atau Harian

Apabila Anda kebingungan dimana harus mencari jasa tenaga pembantu rumah tangga infal / harian atau tidak tahu detail biaya yang harus dikeluarkan, Anda bisa mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap di www.beres.id.

button request jasa


Ditulis oleh: Nia Octaviani