Pembantu Betah Bekerja, Majikan Pun Sejahtera

Apa yang harus dilakukan agar PRT betah bekerja untuk anda?

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran seorang pembantu rumah tangga (PRT) atau sosok yang sering disebut dengan panggilan “Mbak” ini menjadi hal penting dalam suatu keluarga atau rumah tangga, apalagi bagi penghuni rumah dengan tingkat aktivitas yang padat. Dari bersih-bersih rumah, menyapu dan mengepel lantai, mencuci baju, memasak, hingga menjaga anak pun dijalani oleh si Mbak.

pembantu rumah tangga (PRT) sedang bersih-bersih kamar rumah

Namun, pada kenyataannya, proses mempekerjakan dan mempertahankan PRT tidak selalu mulus. Salah satu masalah yang paling sering dijumpai saat mempekerjakan pembantu rumah tangga (PRT) adalah pembantu tidak betah atau tidak kerasan bekerja.

Apa yang harus dilakukan agar PRT betah bekerja untuk anda?

1. Hargai si Mbak dan perlakukan mereka dengan sopan

Meskipun kebanyakan pembantu rumah tangga (PRT) tidak berpendidikan tinggi, jangan pernah menganggap rendah mereka. Perlakukan mereka dengan baik dan sopan, jangan meneriaki dan memarahi mereka saat mereka melakukan kesalahan, selama masih dalam batas kewajaran.

Selain itu, menghargai pembantu juga dapat dilakukan dalam bentuk ucapan sederhana seperti menggunakan kata ‘tolong’ saat memberikan perintah dan ‘terima kasih’ saat pekerjaan yang diperintahkan telah diselesaikan.

mengucapkan terima kasih dan tolong kepada pembantu rumah tangga
Source: vemale.com

2. Perhatikan nada anda saat berbicara dengan si Mbak

“Bukan tentang APA yang anda ucapkan, tapi BAGAIMANA cara anda menyampaikannya.”

Saat pembantu anda melakukan kesalahan dalam tugasnya, daripada membentak dan mengucapkan kata-kata kasar, lebih baik anda menasehatinya baik-baik. Tunjukkan dimana kesalahan yang dilakukan si Mbak serta solusinya dan cara mengerjakannya sesuai dengan keinginan anda. Gunakan bahasa dan nada konstruktif.

majikan marah-marah dan membentak pembantu rumah tangga
Source: gayahidup.republika.co.id

3. Berikan upah tambahan dan bonus

Sama seperti karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan manapun pada umumnya, asisten rumah tangga juga membutuhkan peningkatan kesejahteraan, khususnya secara materi atau finansial. Setelah membanting tulang bekerja untuk anda, mereka juga ingin dihargai kinerjanya.

Selain itu, pemberian bonus dan uang tambahan juga dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih giat lagi.

memberikan upah atau bonus kepada pembantu rumah tangga
Source: internasional.kompas.com

4. Pertimbangkan kesehatan fisik PRT

Saat PRT merasa kurang sehat (demam, flu, batuk, sakit kepala, atau keluhan-keluhan lainnya), jangan menuntut mereka untuk bekerja terlalu keras. Berikan mereka beristirahat dan apabila dibutuhkan, bawa mereka ke klinik atau dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Tindakan-tindakan seperti memberi obat, membawa mereka ke dokter ketika sakit menunjukkan kepedulian anda terhadap mereka, walaupun mereka hanya pekerja di rumah anda.

Dokter sedang memeriksa pasien
Source: wartakesehatan.com

5. Berikan waktu libur dan relaksasi

Tidak hanya majikan, asisten rumah tangga juga membutuhkan kesempatan berlibur agar tidak jenuh menjalankan aktivitas. Mereka juga butuh bersosialisasi dengan teman & keluarga atau sekedar berjalan-jalan ke pasar atau supermarket.  

Selain libur tahunan/ hari besar seperti hari raya, berikan mereka libur 1-2 hari dalam sebulan untuk sekedar memanjakan diri dan relaksasi. Mereka pasti akan sangat menghargai kesempatan bekerja untuk anda.

Pembantu juga butuh waktu liburan dan jalan-jalan
Source: shafiraira.com

6. Sokong mereka dengan kehidupan yang layak

Bagi pembantu rumah tangga yang tinggal di rumah, biasanya sang majikan menyiapkan sebuah kamar untuk ditempati. Sediakan kasur & perlengkapan tidur (bantal, guling, dan selimut) yang layak, dan mungkin sebuah kipas angin.

Selain itu, jika anda memiliki pakaian, baju, atau sepatu yang tidak terpakai lagi, anda juga dapat memberikannya kepada si Mbak. Barang yang anda anggap usang atau tidak menarik lagi mungkin akan sangat berarti untuk mereka.

berikan kehidupan yang layak untuk pembantu rumah tangga (PRT) anda

Memang harus diakui bahwa menemukan sosok pembantu yang pas dan cocok memang tidak selalu mudah. Menggunakan jasa penyalur pembantu rumah tangga pun terkadang tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Sudah habis banyak uang, dapat pembantu yang tidak sesuai pula.

Tenang, Beres menyediakan jasa pembersihan/ pembantu rumah tangga yang handal, profesional, dan terpercaya. Sekarang, anda dapat memilih berdasarkan preferensi, budget, dan anda juga dapat membaca ulasan tentang jasa pembantu yang akan anda pekerjakan. Tinjau dan sewa jasa pembantu yang terbaik untuk rumah anda!


Written by Cindy Junovica