Pasca Idul Adha, 5 Bagian Rumah Ini Tidak Boleh Terlewat Untuk Dibersihkan

Bagaimana perayaan Idul Adha di rumah Anda? Semoga meriah! Entah tahun ini Anda berkesempatan menyembelih hewan kurban, turut menjadi tuan rumah proses pemotongan daging untuk didistribusikan, atau sekadar menggelar open house bagi sanak saudara dan tetangga untuk sesi makan-makan, bersih-bersih pasca perayaan menjadi agenda yang menanti Anda di rumah. Berikut adalah 5 tempat di rumah yang wajib memperoleh perhatian Anda. Selamat menyimak dan jangan biarkan satu pun dari list di bawah ini terlewat untuk Anda bersihkan.

1. Kamar Mandi atau Toilet

Kamar mandi atau toilet patut menjadi prioritas utama dalam daftar satu ini. Pada saat perayaan Idul Adha, jumlah penggunaan toilet akan beberapa kali menjadi lebih banyak. Anda akan sering mencuci kaki atau tangan usai menonton proses penyembelihan atau di tengah-tengah mengolah daging kurban untuk nantinya dimasak. Beberapa bilasan air akan nampak cukup untuk membersihkan permukaan kamar mandi. Nyatanya? Tidak. Jangan biarkan permukaan kamar mandi Anda penuh akan residu tak terlihat dari proses sembelih serta daging olahan. Selain dapat meninggalkan bau yang tidak sedap, hal tersebut juga menurunkan tingkat higienitas kamar mandi Anda.

Image Credit: goldstar cleaning
Image Credit: goldstar cleaning

2. Halaman Rumah

Khususnya bagi Anda yang menyelenggarakan ibadah kurban di rumah. Halaman rumah umumnya menjadi lokasi yang ideal untuk proses penyembelihan. Menurut banyak pengakuan, pemilik rumah tidak akan begitu ambil pusing dan membilas seadanya usai proses berlangsung. Padahal, jika dibiarkan begitu saja, bayangkan bekas darah hewan kurban yang berkerak dan membekas di tembok halaman. Belum lagi bila ada bekas-bekas ceceran daging kurban usai disembelih. Meskipun ini hanya bagian terluar dari rumah, Anda tetap harus pastikan halaman dibersihkan dengan baik usai perayaan. Kebersihan halaman rumah menjadi cerminan pertama dan utama sebuah hunian secara keseluruhan. Lebih baik keluar tenaga lebih banyak untuk menjaga kebersihan halaman, ketimbang rumah memiliki kesan usang dan tidak terawat, bukan?

Image Credit: anypond.com
Image Credit: anypond

3. Dapur

Seperti hari raya pada umumnya, perayaan Idul Adha tidak dapat lepas dari sesi makan-makan. Di balik hidangan berlemak nan menggoyang lidah yang disajikan, terdapat proses masak memasak yang memakan waktu berjam-jam hingga semalaman suntuk. Usai perayaan, dapur tergolong bagian dalam rumah yang kerap diabaikan untuk dibersihkan. Alasan paling umum ialah ketika kita berpikir toh dapur sudah sepatutnya berantakan.

Image Credit: Clean My Space
Image Credit: Clean My Space

4. Ruang Makan

Selain dapur, ruang makan juga rentan diabaikan untuk dibersihkan dengan benar. Kecil kemungkinan sesi makan-makan di perayaan khusus seperti Idul Adha akan teratur dan terbebas dari kotoran. Sebaliknya, dari mulai proses menghidangkan, memindahkan sajian ke piring masing-masing hingga saat menyantap makanan akan sulit untuk terlepas dari kuah sayur yang menetes, potongan kentang balado yang terjatuh, hingga ceceran bulir ketupat yang nantinya mengerak di meja makan. Yakin tidak mau lakukan pembersihan ekstra di ruang makan usai perayaan?

Image Credit: DIY Network
Image Credit: DIY Network

5. Ruang Tamu

Hari raya Idul Adha juga identik dengan saling bertamu ke rumah satu sama lain khususnya yang memang menggelar open house bagi sanak saudara dan para tetangga. Anda hanya perlu bayangkan seberapa rentan para tamu ini akan membawa dan menempelkan kotoran atau kuman pada sofa ruang tamu Anda mengingat situasi di luar rumah yang ramai menjadi lokasi penyembelihan hewan kurban di tiap sudut jalanan. Usai perayaan, Anda perlu mempertimbangkan untuk lakukan pembersihan ekstra pada ruang tamu khususnya jika sofa rumah Anda berbahan kulit. Pastikan aset terbesar di ruang tamu tersebut terhindari dari bau tidak sedap dan bersih untuk diduduki tamu-tamu lain di kesempatan selanjutnya.

Image Credit: zimmber.com
Image Credit: zimmber

Namun jika waktu, tenaga, dan (yang terpenting) mood tidak berpihak padamu, jangan ragu untuk serahkan proses pembersihan tersebut pada tenaga terpercaya yang terhubung dengan Beres.id. Tanpa perlu repot, wujudkan rumah yang kembali bersih seperti sedia kala!

 

button request jasa