Mesin Cuci Bukaan Atas dan Bukaan Depan, Pilih Yang Mana?

Mencuci baju adalah salah satu pekerjaan rumah yang tidak pernah dinanti-nantikan. Tips seputar rutinitas merepotkan ini pun tidak pernah masuk dalam pembahasan tentang bagaimana membuatnya menjadi menyenangkan melainkan untuk membuatnya menjadi tidak begitu melelahkan. Tips paling umum dan ampuh adalah bagaimana Anda dianjurkan untuk memilih mesin cuci yang tepat dengan kebutuhan Anda. Dari sini lah kita dihadapkan dengan dua pilihan: mesin cuci bukaan atas dan bukaan depan. Keduanya memiliki karakter yang berbeda, dari mulai harga hingga kinerjanya. Sebelum memilih, kenali perbedaan kunci keduanya berikut ini!

1. Harga

Faktor utama dalam menentukan pilihan antara mesin cuci bukaan atas dan bukaan depan. Siapa pun mudah menerka bahwa mesin cuci bukaan atas umumnya merogoh kocek lebih dalam dari mesin cuci bukaan depan. Ini dikarenakan mesin cuci bukaan depan bisa dikatakan lebih canggih dan memiliki lebih banyak fitur dalam penggunaannya. Meskipun lebih mahal, penggunaan mesin cuci bukaan depan yang tepat dapat turut menghemat air dan listrik.

Bukaan Atas: relatif lebih murah.

Bukaan Depan: relatif lebih mahal.

Image Credit: Youtube
Image Credit: Youtube

2. Kenyamanan

Kenyamanan yang dimaksud di sini lebih kepada proses eksekusi saat mencuci pakaian di unit mesin masing-masing. Mesin cuci bukaan depan umumnya memerlukan usaha relatif lebih banyak karena kita perlu jongkok saat memasukan atau mengeluarkan pakaian dari unit mesin cuci. Namun saat proses mencuci berlangsung, mesin cuci bukaan depan memiliki keunggulan dengan karakternya yang cenderung mengeluarkan bunyi yang tidak begitu bising seperti mesin cuci bukaan atas.

Bukaan Atas: relatif lebih nyaman karena kemudahan memasukan cucian kotor ke unit mesin cuci.

Bukaan Depan: memerlukan usaha lebih untuk jongkok saat memasukan dan mengeluarkan pakaian dari unit mesin cuci. Namun tidak sebising mesin cuci bukaan atas saat sedang bekerja.

Image Credit: BestBuyBlog
Image Credit: BestBuyBlog

3. Kapasitas

Tergantung model unit mesin cuci jenis masing-masing. Dalam beberapa kasus, keduanya tidak memiliki perbedaan kapasitas yang sedemikian signifikan. Namun dalam banyak kasus lain pula, unit mesin cuci bukaan depan memiliki kapasitas yang lebih besar dari mesin cuci bukaan atas.

Bukaan Atas: cenderung lebih sedikit menampung pakaian. Agitator yang ada pada unit biasanya menyulitkan kita untuk mencuci bahan berukuran besar seperti selimut atau bed cover.

Bukaan Depan: kebanyakan memiliki kapasitas lebih besar untuk menampung berbagai jenis cucian kotor.

Image Credit: Daily Mail
Image Credit: Daily Mail

4. Lama Kerja

Kembali lagi, ini tergantung dari model unit mesin cuci jenis masing-masing. Namun umumnya mesin cuci bukaan depan membutuhkan waktu lebih lama dibanding mesin cuci bukaan atas. Meskipun demikian, model terbaru dari kedua jenis mesin cuci ini dilengkapi dengan tombol pengatur jenis cycle yang Anda perlukan. Segala sesuatunya pun dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Bukaan Atas: proses pencucian yang tergolong cepat namun tergantung pada mode cycle yang dipilih.

Bukaan Depan: proses pencucian yang tergolong lebih lama namun dengan hasil yang juga lebih optimal.

Image Credit: GE Appliances
Image Credit: GE Appliances

5. Last Minute Laundry

Pernah terlupa memasukan satu atau dua pakaian kotor ke dalam mesin cuci? Mesin cuci bukaan atas mengizinkan Anda untuk memasukan pakaian kotor yang tertinggal. Sebaliknya, mesin cuci bukaan depan mustahil melakukan hal demikian karena sekali Anda membiarkannya bekerja, tutup kontainer harus terus tertutup untuk mencegah air serta busa bocor keluar mesin.

Bukaan Atas: memungkinkan last minute laundry.

Bukaan Depan: tidak memungkinkan untuk last minute laundry.

Image Credit: the spruce
Image Credit: The Spruce

6. Performa

Idealnya, mesin cuci bukaan depan memiliki kemampuan untuk mencuci lebih bersih dari mesin cuci bukaan atas dikarenakan kecanggihannya optimalkan penggunaan air dan deterjen membilas pakaian kotor. Selain itu, mesin cuci bukaan depan ini juga lebih ramah terhadap bahan pakaian atau kain. Hal ini disebabkan oleh absennya keberadaan agitator seperti pada mesin cuci bukaan atas. Agitator dikenal sebagai bagian pada mesin cuci (bukaan atas) yang berpotensi merusak pakaian.

Bukaan Atas: agitatornya berpotensi merusak pakaian.

Bukaan Depan: dapat mencuci lebih bersih.

Image Credit: : Top Doma
Image Credit: : Top Doma

7. Efisiensi

Mesin cuci bukaan depan membutuhkan lebih sedikit air karena kemampuannya mengoptimalkan penggunaan air serta deterjen tanpa harus ada dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, kemampuan putarannya yang kencang berperan terhadap cepatnya cucian menjadi kering.

Bukaan Atas: membutuhkan lebih banyak air dan energi listrik saat bekerja.

Bukaan Depan: cenderung lebih ergonomis.

Image Credit: Mother Nature Network
Image Credit: Mother Nature Network

8. Perawatan

Umumnya, mesin cuci bukaan atas memiliki lebih banyak bagian dan suku cadang. Dengan begitu, perawatannya pun terkesan lebih rumit dari jenis mesin cuci lainnya. Padahal, mesin cuci bukaan depan pun tetap tidak terhindar dari perawatan yang membuat pusing tujuh keliling. Sebagai contoh, saat kontainer mesin sudah memiliki banyak residu cairan atau deterjen yang menumpuk. Tidak jarang hal tersebut menimbulkan bau apek yang menyengat.

Bukaan Atas: memiliki lebih banyak suku cadang yang berarti lebih banyak titik-titik rawan yang membutuhkan perhatian terutama jika mengalami gangguan atau kerusakan.

Bukaan Depan: lebih jarang membutuhkan servis namun jika salah satu bagian mengalami kerusakan, biaya yang dikeluarkan tergolong besar.

Image Credit: Wirecutter
Image Credit: Wirecutter

Apapun pilihan Anda, mesin cuci bukaan atas dan bukaan depan tetap membutuhkan perawatan yang baik diiringi dengan penggunaan yang apik. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan komponen pada mesin mengalami gangguan hingga mengakibatkan kerusakan.

Jika sudah begini, serahkan solusinya pada jasa perbaikan profesional dan terpercaya yang terhubung dengan Beres.id. Klik di sini untuk cari dan hubungi pilihan penyedia jasa untuk bandingkan harga dan lakukan pemesanan.

 

button request jasa