Menu Sahur Rendah Kalori & Kaya Energi Saat Puasa

Banyak orang beranggapan bahwa berat badan kebanyakan pasti akan turun saat sedang menjalani ibadah puasa. Namun, pada kenyataaannya, menurut sebuah artikel yang dikutip dari DetikHealth, orang-orang malah cenderung makan sahur lebih banyak untuk mencegah kekurangan energi dan menyantap menu buka puasa yang terlalu berat saat berbuka seperti makanan manis, gorengan, santan, dan makanan berkalori tinggi lainnya.

Nah, bagi anda yang ingin tetap berenergi sepanjang hari sekaligus ingin menjaga berat badan, pilih makanan sahur yang kaya energi yang rendah kalori. Berikut menu makanan rendah kalori yang bisa anda konsumsi saat sahur.

Sayur-Sayuran

konsumsi sayur-sayuran sebagai menu sahur saat puasa
Source: flickr.com

Beberapa sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, dan bayam adalah pilihan yang tepat untuk sahur. Kandungan yang terdapat dalam sayuran ini mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Sayuran-sayuran ini bisa diolah sesuai selera untuk dihidangkan sebagai menu sahur, seperti sup.

Selain untuk sahur, sup juga cocok dihidangkan saat berbuka puasa. Kandungan berbagai sayuran yang ada di dalam sup selain membuat anda kenyang lebih lama, juga mampu mengembalikan energi anda yang hilang setelah beraktivitas selama seharian berpuasa. Ini karena kuah sup dapat mencegah dehidrasi dan mengganti cairan tubuh yang hilang.

Telur

telur merupakan makanan kaya protein dan energi yang cocok sebagai menu sahur saat puasa
Source: hellosehat.com

Telur adalah makanan yang kaya protein. Sebuah penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menemukan bahwa telur memiliki tingkat protein yang tinggi dan dapat membuat anda untuk merasa kenyang lebih lama. Tetapi, hindari mengolahnya dengan cara digoreng, karena telur goreng dan berminyak dapat memicu kantuk, terutama saat anda sedang berpuasa. Anda bisa mengolahnya dengan cara lain seperti dikukus atau direbus.

Oatmeal

oatmeal sebagai menu makanan sahur saat puasa
Source: hesca.org

Oatmeal adalah sumber terbaik dari serat dan fitokimia untuk jantung agar selalu sehat. Selain itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bagi tubuh dan otak setelah beraktivitas seharian. Saat sedang berpuasa, oatmeal sangat bermanfaat untuk membantu anda merasa kenyang lebih lama. Bagi anda yang tidak suka makanan yang hambar, jangan khawatir. Anda bisa menambahkan susu, kacang almond atau buah-buahan segar ke dalam oatmeal sehingga membuat anda bersemangat saat memakannya.

Buah Apel

buah apel merupakan buah yang cocok dikonsumsi saat sahur
Source: buavita.co.id

Buah-buahan adalah menu yang baik saat sedang berpuasa. Hal ini dikarenakan buah-buahan mengandung elektrolit yang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar saat sedang beraktivitas seharian. Buah apel, selain mengandung vitamin A, B dan C, juga berfungsi mencegah gangguan mulut seperti sariawan. Kandungan serat dan air yang terkandung di dalam buah apel juga bisa membantu anda merasa lebih kenyang lebih lama.

Untuk memperoleh manfaat maksimal, anda juga disarankan untuk memakan apel beserta kulitnya (pastinya setelah mencucinya terlebih dahulu). Ini dapat  membantu anda melawan kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh dan menyehatkan jantung.


Jika anda dan keluarga ingin mengadakan acara sahur atau buka puasa bersama, Beres menyediakan jasa catering halal yang lezat dengan harga terjangkau. Kirim request kerja dan pilih jasa catering pilihan anda.

NB: Di luar bulan Ramadhan, jika anda membutuhkan jasa catering rantangan atau nasi kotak harian, silakan kirim request kerja untuk mendapatkan ahli catering lezat dengan tarif tetap dan terjangkau.


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica