Menu Buka Puasa: Nikmatnya Iftar Dengan Yang Manis-Manis

Bagaimana ibadah puasa Anda sejauh ini? Masih lancar kan?

Selain iman yang kuat, tubuh yang sehat dan hati yang riang sangatlah penting dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan yang suci ini. Nah, kedua-duanya dapat diperoleh dengan menu buka puasa yang tepat, yaitu makanan yang mempermanis dan menyegarkan hari Anda, serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk menyempurnakan puasa Anda.

1. Kurma

Buah kurma bukan hanya menjadi makanan favorit tetapi juga menu wajib untuk berbuka puasa karena baik untuk kesehatan. Selain rasanya yang manis, kandungan gula sederhana yang tinggi dalam kurma membangkitkan tenaga dengan seketika karena mudah diserap oleh tubuh.

Kurma
Source: viaberita.com

2. Madu

Sama seperti kurma, kandungan karbohidrat dalam madu yang mudah diserap tubuh mengembalikan stamina Anda. Kandungan Antioksidannya yang tinggi juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang lengkap seperti kurma, madu dapat melancarkan proses metabolisme tubuh. Proses pencernaan dan lambung sangat perlu diperhatikan saat berpuasa, bukan?

Madu/ honey baik untuk kesehatan tubuh
Source: Madutetes.com

3. Kolak

Bagi anda yang bermukim di Indonesia, pencuci mulut yang wajib di Indonesia adalah kolak. Dengan dasar santan, gula merah dan pandan yang beraroma, ragam kolak seperti pisang, ubi, singkong dan labu kuning membawa rasa istimewa yang membangkitkan tenaga dan selera. Selain itu, proses pembuatannya juga cukup sederhana.

kolak sebagai menu buka puasa
Source: seputarmakan.com

4. Puding

Selain manis dan menyegarkan di tenggorokan, puding yang bersifat lunak juga bagus untuk perut kosong. Selain aman sebagai santapan pertama lambung Anda, puding sangat membantu proses pencernaan loh, terutama yang sering mengalami masalah lambung dan percernaan saat berpuasa!

puding bersifat lunak dan sangat baik untuk pencernaan lambung saat buka puasa
Source: majalahpuding.com

5. Es Cendol, Es Campur, Es Cincau

Tidak perlu di jelaskan lagi kesegaran desserts khas Indonesia ini. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti cendol, cincau, kolang-kaling, dengan dasar santan yang gurih, gula merah dan es batu, kepuasaannya tiada tanding setelah seharian menahan rasa lapar dan haus. Bahan alaminya di percaya mengatasi gangguan pencernaan dan meredakan panas dalam loh!

Es Campur, Es Cendol, Es Cincau pelepas dahaga saat buka puasa
Source: Kopeku.blogspot.com

6. Pisang Ijo

Makanan khas Makassar ini terbuat dari pisang raja yang dibungkus adonan tepung terigu yang diberi pewarna alami (pandan), kemudian dicampur dengan kuah santan, sirup coco dan es serut. Unik dan enak, pastinya membuat buka puasa anda nikmat dan riang! 

Menu buka puasa: Es pisang ijo
Source: resepmasakanpedia.com

7. Bubur Lemu

Dengan dasar tepung beras, saus gula merah dan santan, bubur lemu yang juga di kenal dengan bubur sumsum bertekstur lembut dan beraroma istimewa dengan manisnya yang gurih. Penasaran? Yuk, coba untuk buka puasa!

bubur lemu, bubur sumsum bertekstur lembut
Source: resepmasakmasakan.blogspot.com

Akan tetapi, jika anda tidak terbiasa dengan makanan di luar, anda juga dapat menikmati santapan ini di rumah bersama keluarga anda. Beres siap membantu menyempurnakan ibadah anda dan keluarga dengan menyediakan jasa katering untuk menu buka puasa!

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga lancar!

booking

 

By Sona Jessica Merlin