Manfaat Mengejutkan Dari Teh Hijau Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Manfaat teh daun hijau untuk kesehatan, kecantikan, kulit, dan kebersihan rumah
Source: healthyliving.natureloc.com

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, teh hijau atau green tea ternyata memiliki banyak manfaat menakjubkan lainnya. Apa saja?

Ketenaran teh hijau memang sudah merajalela di kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari minuman, smoothies, kue, es krim sampai martabak, semuanya serba-serbi green tea! Namun, selain memuaskan indera perasa dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh, teh hijau memiliki manfaat untuk kecantikan, kulit, dan kebersihan rumah loh!

1. Mengurangi lingkaran hitam, bengkak, & kantong mata

Ketika terlalu banyak begadang atau kurang tidur, biasanya lingkaran hitam pun akan muncul di sekitar mata. Tak sedikit orang pun berbondong-bondong membeli krim mata / eye cream yang mahal dengan harapan dapat menghilangkan lingkaran hitam dan kantong mata yang sangat menganggu penampilan ini.

letakkan teh daun hijau pada mata anda dan biarkan sejenak
Source: homeremediesorg.com

Solusi: Anda tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli beragam kosmetik atau krim mata untuk mengatasinya. Cukup letakkan 2 kantong teh hijau dingin di kedua mata anda. Zat Tanin dan Kafein dalam teh hijau dapat menyempitkan kapiler &  pembuluh darah di bawah mata Anda, serta membantu meredakan pembengkakan.

2. Mengatasi jerawat

Kulit berjerawat merupakan masalah yang paling sering dialami oleh orang-orang pada umumnya, terutama para remaja dan orang dewasa. Apalagi bagi anda yang bermukim di Jakarta yang bercuaca panas, lembab, dan berdebu, masalah jerawat pun makin sulit dihindari.

pembersih dengan ekstrak teh hijau dapat mengatasi masalah jerawat
Source: perawatankulitmu.com

Solusi: Gunakan cleanser/ pembersih muka dengan ekstrak teh hijau. Antioksidan dalam teh hijau seperti polyphenol dan epigallocatechin-3-gallate berfungsi mengatur peradangan yang dapat membantu mengurangi jerawat. Ekstrak teh hijau juga membantu mengatur kadar insulin dengan mengurangi penyerapan karbohidrat dan meningkatkan sekresi insulin. Nah, regulasi kadar insulin ini dapat membantu melawan pertumbuhan jerawat.

3. Mengobati kulit terbakar akibat sinar matahari

Kulit anda sering terpapar sinar matahari dan terasa terbakar? Solusi: Isi ember kecil dengan air panas, lalu masukkan kantong teh hijau ke dalamnya. Setelah itu, rendam kain di dalam ember yang berisi teh hijau dan gosokkan pada kulit yang terbakar. Zat epigallocatechin gallate berfungsi meredakan radang akibat sinar matahari.

teh hijau dapat mengatasi sunburn/ kulit terbakar karena sinar matahari
Source: miscw.com

4. Menghilangkan bau tidak sedap

Tempat-tempat seperti kamar mandi, lemari baju, lemari sepatu, kulkas, dan laci seringkali menyimpan bau apek atau bau tidak sedap. Solusi: Letakkan beberapa helai daun teh hijau di dalam kantong tipis kecil, lalu tempatkan di tempat-tempat yang rawan bau apek. Daun teh hijau tersebut mampu menyerap bau.

daun teh hijau dapat membantu menyerap bau apek/ bau tidak sedap
Source: antiketombe.clear.co.id

5. Membersihkan karpet atau permadani

Kejadian ketumpahan minuman atau menjatuhkan makanan pada karpet merupakan hal yang mungkin lumayan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Nah, untuk memastikan bahwa karpet benar-benar bersih dan noda hilang secara tuntas dibutuhkan lebih dari sekedar bersih-bersih atau asal lap saja.

Solusi: Untuk membersihkan karpet secara menyeluruh, tebarkan beberapa helai daun teh hijau lembab di seluruh karpet dan pada noda tersebut, lalu biarkan untuk beberapa saat. Daun teh hijau mampu menarik debu & kotoran sehingga proses meng-vacuum dan bersih-bersih karpet menjadi lebih mudah.

membersihkan noda di karpet dengan teh hijau

Namun, terkadang membersihkan noda membandel dapat memakan waktu yang lama dan terasa sangat melelahkan. Jika anda memerlukan bantuan untuk membersihkan karpet, sofa, atau rumah anda, Beres adalah tempat dimana anda dapat mencari jasa pembersihan rumah/ karpet profesional untuk meringankan beban anda. Kunjungi www.beres.id untuk jasa pembantu cepat, handal, dan terpercaya.


Written by Cindy Junovica