Manfaat Cuka Apel Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

gambar-cuka-apel
Source: google.com

Sebagian dari Anda mungkin telah akrab dengan sebutan cuka apel atau apple vinegar karena terbiasa menggunakannya sebagai penyedap makanan, kecantikan seperti penurun berat badan dan toner kulit berjerawat, dan anti kanker. Akan tetapi, sebagian orang mungkin masih asing dengan produk ini, karena cuka apel belum terlalu banyak digunakan di Indonesia. Selain harganya yang relatif mahal, jenis masakan Indonesia jarang menggunakan cuka apel.

Di samping bermanfaat sebagai perasa makanan, kesehatan dan kecantikan, cuka apel juga bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga seperti berikut.

1. Penetral Bau

Bila ruangan atau dapur rumah tercium bau tidak sedap dan tidak bisa hilang meskipun sudah ditaruh pengharum ruangan, Anda dapat mencoba menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Teteskan cuka apel di dekat sumber bau agar bau tidak sedap hilang dengan cepat.

kegunaan cuka apel sebagai penghilang bau
Source: purelyb.com

Cuka apel juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada toples (Contohnya toples yang sudah lama tidak digunakan).

2. Pembersih Tidak Beracun

Cuka apel juga dapat digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga seperti dinding porselen/ keramik, lemari es, tirai jendela, dan mesin cuci.  Anda bisa memakai cuka apel untuk membasmi kotoran, noda, debu, bakteri serta racun yang ada di rumah. Campurkan cuka apel dengan 1/4 ember air, dan gunakan kain lap untuk membersihkan.

cuka apel dapat digunakan sebagai pembersih lantai rumah
Source: popeti.com

3. Penghilang Noda Minyak

Setelah memasak, terlebih menggoreng ayam atau ikan, dinding porselen/keramik dapur di sekitar kompor cenderung menjadi lengket karena noda minyak. Untuk menghilangkan noda minyak tersebut, Anda dapat menggunakan spon cuci piring yang sudah diberikan cuka apel yang dicampur air. Dalam waktu singkat, dinding anda akan terlihat bersih dan kinclong lagi!

cuka apel dapat menghilangkan noda minyak
Source: masakanpraktisrumahan.com

4. Pembersih Alat Elektronik

Di samping membersihkan perabot rumah tangga, cuka apel  juga dapat membersihkan perangkat digital seperti laptop, keyboard, dan mouse. Lap dengan dengan tissue atau kain lembut yang sudah diberi tetesan cuka apel.  

cuka apel dapat digunakan untuk membersihkan alat elektronik seperti laptop, TV, keyboard, komputer, dll
Source: mozaic.co.id

5. Melancarkan Saluran Air

Saluran air di bak cuci piring Anda mampet? Anda dapat mencoba menanggulanginya dengan  campuran 1 gelas cuka apel dan ½ gelas baking soda. Akan tetapi, apabila  saluran air tetap mampet, sebaiknya serahkan kepada tukang pipa berpengalaman untuk menanganinya.

saluran air mampet dan wastafel kebanjiran
Source: i.telegraph.co.uk

Bagi Anda yang bekerja dari Senin sampai Jumat, Anda hanya ada waktu Sabtu dan Minggu untuk melakukan bersih – bersih. Namun hari Sabtu dan Minggu biasanya dipakai untuk istirahat dan bersantai setelah lelah dan jenuh bekerja.

Anda tidak perlu khawatir – Jika  tidak punya waktu untuk bersih – bersih,  Anda dapat menyewa jasa cleaning service melalui Beres.id. Dapatkan ahli pembersihan yang handal dan terpercaya untuk membereskan rumah anda!


Written by Vonny Dahlan