Malas Merawat AC, 6 Resiko Buruk Ini Dapat Terjadi Pada Anda

Menyandang gelar sebagai negara tropis didampingi dengan dampak pemanasan global yang kian terasa, bukan lagi sebuah wacana bahwa AC kini menjadi salah satu dari bagian terpenting bagi masyarakat Indonesia di rumah hunian masing-masing. Namun harus selalu diingat, penggunaan AC yang bijak harus selalu diupayakan. Jika lalai, Anda sendiri yang akan merasakan dampak buruk yang dihasilkan. Berikut 6 di antaranya yang mungkin terjadi jika unit AC di rumah tidak terawat dengan baik dan rutin.

1. Gangguan Pernafasan

Salah satu bagian terpenting dalam merawat AC adalah proses pembersihan filter. AC yang tidak terawat sama dengan kebersihan filter yang terabaikan. Ini adalah satu hal yang patut dikhawatirkan. Bagaimana tidak, AC secara aktif berperan mengatur siklus udara dalam ruangan saat ia bekerja. Menjadi sarang debu dan kotoran adalah peran mutlak yang tidak dapat dihindari oleh filter AC. Karena itu, bagian dari AC ini penting untuk dibersihkan secara berkala agar kualitas udara yang dihasilkan tetap baik. Kualitas udara yang buruk dapat berujung mengakibatkan gangguan pernafasan Anda. Lebih parah lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti asma dan gangguan sesak nafas. Dalam jangka panjang, debu dan kotoran yang umumnya mengandung kuman jahat tersebut juga mampu menjadi pemicu penyakit yang lebih serius seperti radang paru-paru.

Image Credit: quotemykaam
Image Credit: quotemykaam

2. Resiko Alergi

Masih berkaitan dengan skenario mutlak dari unit AC yang tidak terawat yakni perannya sebagai media penyalur udara dengan kualitas yang buruk. Siklus udara demikian tidak lepas dari bersarangnya berbagai virus dan bakteri. Situasi seperti ini perlu dikhawatirkan khususnya bagi Anda yang memang memiliki alergi terhadap udara kotor. Hal seperti batuk-batuk, gatal-gatal pada kulit, atau sakit tenggorokan pun bisa Anda alami jika Anda tidak ambil tindakan. Dalam skala besar, keduanya berperan membuat Anda sekeluarga terpapar kuman dan virus yang membahayakan kesehatan.

Image Credit: Absolute Service
Image Credit: Absolute Service

3. Sakit Kepala

Masih dari sisi kesehatan, dampak lain yang sulit Anda hindari dari menghirup udara kotor yang dihasilkan AC tak terawat adalah gejala sakit kepala. Dalam banyak kasus, hal ini hanya akan menimpa mereka yang memang alergi terhadap udara kotor. Namun siapapun dapat mengalami hal ini jika filter AC sudah terlampau kotor dan jumlah kuman jahat yang bersarang sudah melebihi batas wajar.

Image Credit: Sylvane
Image Credit: Sylvane

4. Timbul Kebisingan

Wajar jika unit AC mengeluarkan bunyi saat bekerja dan melakukan fungsinya. Namun jika bunyi yang dihasilkan terlampau bising, besar kemungkinan unit AC Anda membutuhkan jasa servis segera. Jangan sepelekan pertanda satu ini. Lebih dari sekadar perkara kenyamanan, bisingnya unit AC dapat menjadi pertanda terbakarnya mesin unit AC atau kompresor yang butuh perbaikan yakni dua hal yang sebenarnya dapat dihindari jika Anda rutin melakukan perawatan.

Image Credit: Brisbane Air
Image Credit: Brisbane Air

5. Biaya Listrik Membengkak

Dalam banyak kasus, kita selalu mengkambinghitamkan penggunaan AC sebagai dalang di balik membengkaknya biaya listrik bulanan yang harus dibayar. Hal itu ada benarnya namun bukan semata-mata soal penggunaan yang berlebihan. Malas merawat AC dapat menjadi alasan yang utama. Tidak terawatnya AC dapat ditandai dengan mesin yang menjadi usang hingga themostat yang rusak, hal-hal yang jika dipaksa untuk tetap dioperasikan akan berdampak pada energi lebih besar yang dibutuhkan untuk membuatnya bekerja. Semakin banyak energi yang dibutuhkan, biaya listrik yang dikeluarkan pun jadi lebih besar.

Image Credit: Cowboy AC Dallas
Image Credit: Cowboy AC Dallas

6. Biaya Pembetulan Yang Mahal

Baru menyadari resiko malas merawat AC rutin setelah terjadi kerusakan parah adalah skenario umum bagi mereka yang lalai. Lebih baik bersedia merogoh kocek rutin untuk biaya servis demi unit AC rumah yang tetap prima daripada harus menunggu terjadi kerusakan serius yang membuat Anda harus membayar mahal untuk perbaikan atau bahkan membeli unit AC baru. Setuju?

Image Credit: American Home Shield
Image Credit: American Home Shield

Anda dianjurkan untuk melakukan servis AC sekurang-kurangnya 3 bulan sekali dengan bantuan profesional dari tenaga ahli. Dari proses cuci yang optimal, cek dan ganti freon, serta pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar kinerja AC, penyedia jasa ahli yang terhubung dengan Beres.id mampu menjadi solusinya!

Klik di sini untuk cari tahu perbandingan harga dan request jasa.

button request jasa