Mahir Lebih Dari Satu Bahasa Memiliki Banyak Keuntungan! Apa Saja?

Sejak tahun 2015 lalu, kawasan Asia Tenggara – termasuk Indonesia – sudah mulai berintegrasi menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Artinya, semua masyarakat yang berasal dari negara ASEAN dapat lebih mudah keluar masuk dan melakukan kegiatan di negara-negara ASEAN lainnya. Nah, supaya kita tidak kalah saat menghadapi persaingan terbuka dengan warga negara-negara lain di Asia Tenggara, bahasa asing menjadi wajib untuk diketahui. Bayangkan, jika anda harus bertatap muka dan kemudian bingung harus berkomunikasi dengan mereka?

Tetapi tidak hanya untuk tujuan diatas, belajar bahasa asing juga akan memberi anda manfaat lainnya:

1. Menambah Kecerdasan

mampu berbahasa asing (lebih dari satu bahasa)

Menguasai lebih dari satu bahasa (bilingual) ternyata mampu menguatkan dan membantu perkembangan otak. Menurut sebuah penelitian, saat anda menguasai lebih dari satu bahasa, maka otak anda secara konstan akan sibuk memilih bahasa mana yang akan digunakan. Proses pemilihan ini mampu menguatkan sel-sel otak dan membuat anda bertambah pintar.

Bukti lain yang menyebutkan bahwa orang bilingual lebih pintar daripada orang yang hanya menguasai satu bahasa (monolingual) adalah bahwa orang bilingual mampu menyelesaikan teka-teki lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang monolingual.

button request jasa

2.  Lebih Mudah Dalam Mempelajari Bahasa Baru Lainnya

orang bilingual lebih mudah dalam mempelajari bahasa baru

Banyak orang berpendapat bahwa mempelajari bahasa asing untuk pertama kalinya merupakan hal yang paling sulit. Akan tetapi, setelah anda mampu menguasai satu bahasa asing, maka otak anda pun akan lebih mudah untuk menerima bahasa asing lainnya.

Sebagai contoh, saat anda telah menguasai bahasa Mandarin beserta huruf kanjinya, anda juga akan lebih mudah saat mempelajari bahasa Jepang dengan Hiragana dan Katakana-nya ataupun bahasa Korea dengan Hangul-nya.

3. Mencegah Penyakit Di Usia Senja

orang bilingual lebih kecil kemungkinan menderita penyakit dementia atau alzheimer di usia senja
Source: www.papasemar.com

Saat usia semakin tua, maka kondisi otak semakin melemah. Tetapi, hal ini dicegah dengan memastikan bahwa otak tetap bekerja seperti sebelumnya. Menurut neuropsikolog, Tamar Gollan, semakin mahir anda menguasai berbagai bahasa, maka anda akan lebih tahan terhadap penyakit Alzheimer dan gejala Demensia yang rentan terjadi ketika usia bertambah.

Hasil penelitian ini dilakukan kepada 44 orang lansia yang menguasai bahasa Spanyol dan Inggris. Ke-44 orang tersebut menunjukkan gejala demensia ataupun Alzheimer rata-rata satu tahun lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang hanya menguasai satu bahasa.

4. Memiliki Problem Solving dan Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Studi terbaru menunjukkan bahwa menjadi bilingual dapat meningkatkan fungsi eksekutif pada otak. Artinya, orang-orang yang bisa berbicara lebih dari satu bahasa lebih baik dalam membuat perencanaan dan pemecahan masalah, dapat mengabaikan gangguan dan tetap fokus dalam waktu lebih lama, serta membuat keputusan dengan lebih mudah. Belum jelas mengapa hal ini bisa terjadi, namun para ilmuan percaya bahwa orang bilingual memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam memantau lingkungan mereka.

5. Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

menguasai banyak bahasa meningkatkan prospek karir dan kerja
Source: www.vemale.com

Di dunia globalisasi saat ini, memiliki kemampuan bilingual dapat menjadi keuntungan anda dalam bisnis dan networking. Selain itu, orang dengan kemampuan berbahasa asing berpotensi menemukan pekerjaan lebih mudah. Hal ini terbukti dari hasil statistik di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa rata-rata orang yang dapat menguasai lebih dari satu bahasa lebih dipertimbangkan daripada yang menguasai satu bahasa.

Ingin mahir berbahasa asing? Dapatkan jasa guru les handal dan berpengalaman. Mau itu bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, atau Korea, tidak ada ruginya mempelajari bahasa lebih!

button request jasa


Written by Putri Wahyuni