Lampu LED: Terang Cahaya, Hemat Biaya Listrik!

Tahukah anda lampu LED dapat menghemat energi hingga 80 – 90% dibandingkan lampu pijar, CFL (Compact Fluorescent Lamps), dan lampu jenis lainnya?

kumpulan berbagai jenis lampu LED
Source: powerhero.com

Light Emitting Diode atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lampu LED merupakan salah satu sumber penerangan yang makin booming belakangan ini. Tak hanya digunakan di jalan raya, lampu senter, lampu telepon genggam/ smartphone, lampu LED pun menjadi pilihan terkemuka untuk sumber penerangan di rumah.

Lampu LED memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh lampu CFL dan lampu jenis lainnya. Apa saja keuntungannya?

1. Lampu LED dapat mengurangi pemakaian energi dan menghemat biaya listrik

Lampu LED membutuhkan paling sedikit energi listrik dibandingkan dengan sumber cahaya lainnya. Oleh sebab itu, anda dapat menghemat energi hingga 80-90% dengan menggunakan lampu LED dan secara otomatis, anda pun mampu meminimalisir biaya tagihan listrik di rumah.

Sebagai perbandingan, lampu LED 10 Watt setara dengan lampu pijar 40 Watt. Jadi, anda dapat mendapatkan sumber penerangan yang sama dengan jumlah energi yang jauh lebih sedikit.

lampu LED hemat biaya listrik
Source: moneycrashers.com

2. Lampu LED lebih tahan awet dan tahan lama

Keawetan lampu LED dapat bertahan belasan bahkan hingga puluhan tahun. Alhasil, anda tidak perlu repot-repot gonta ganti dan membeli bola lampu yang harganya cenderung naik.

Salah satu trik untuk menjaga keawetan lampu LED adalah dengan mengurangi menyalakan-mematikan lampu terlalu sering. Frekuensi buka-tutup lampu yang tinggi menjadi salah satu faktor berkurangnya umur lampu.

saklar lampu LED
Source: reviewsolarenergy.com

3. Lampu LED tidak panas walaupun telah dinyalakan berjam-jam

Cahaya yang dipancarkan bohlam LED tidak panas sehingga temperatur ruangan tetap ideal dan tetap nyaman. Karena lampu LED tidak menghasilkan kalor atau panas berlebih, daya listrik yang digunakan pun tidak banyak. Oleh sebab itu, dapat mengurangi biaya pengeluaran listrik.

4. Cahaya lampu LED lebih terang

Cahaya yang dihasilkan bohlam LED kuat dan terang namun tidak menyilaukan mata. Tidak ada distorsi warna di bagian yang disinari sehingga tidak menimbulkan kerancuan dalam identifikasi warna (tidak mengubah warna asli objek yang disinari).

cahaya lampu LED lebih terang
Source: urbanindo.com

5. Lampu LED ramah lingkungan (eco-friendly) & dapat didaur ulang

Lampu LED tidak mengandung mercury (uap air raksa) sehingga tidak membahayakan lapisan ozon. Selain itu, lampu LED juga tidak memancarkan sinar ultraviolet (UV) yang merupakan salah satu pemicu penyakit kanker.

Lampu LED lebih ramah lingkungan (eco-friendly)
Source: liquidleds.com

Jika anda membutuhkan bantuan untuk memasang lampu di rumah, atau terdapat lampu rusak yang hendak diperbaiki, ahli jasa pemasangan/perbaikan lampu Beres.id siap memenuhi kebutuhan anda. Selain itu, jangan lupa mengontrol/ memeriksa sistem kelistrikan rumah anda sebelum memasang lampu. Anda dapat menyewa tukang listrik terpercaya untuk membantu anda menangani dan memastikan segala hal yang berkaitan dengan sistem kelistrikan/ perkabelan di rumah anda!


Written by Cindy Junovica