Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Cleaner Datang Ke Rumah

Semua orang mengidamkan tempat tinggal yang bersih dan nyaman, namun kendala waktu dan aktivitas di luar rumah yang padat pun menjadi alasan paling sering diungkapkan orang-orang yang tidak punya waktu untuk membersihkan rumah. Untungnya, anda tidak perlu lagi menanggung beban untuk berbenah seisi rumah seorang diri. Dengan adanya jasa pembantu paruh waktu atau cleaner, bersih-bersih pun tidak lagi menjadi masalah.

Sebelum cleaner anda datang ke rumah, anda dianjurkan untuk melakukan beberapa hal agar sesi pembersihan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

1. Simpan barang berharga agar tidak terjadi kesalahpahaman

Salah satu kasus yang paling sering terjadi antara pembantu dan majikan adalah kesalahpahaman atau tuduhan pencurian. Nah, salah satu cara untuk menghindari masalah ini adalah dengan menyimpan barang berharga di tempat yang aman agar tidak terlalu kasat mata.

simpan perhiasan, kalung, gelang, dan cincin berharga sebelum pembantu membersihkan rumah
Source: i.ebayimg.com

Hindari menaruh sejumlah uang di atas meja, atau meletakkan perhiasan mencolok di sembarang tempat. Selain itu, apabila anda menaruh barang antik atau pajangan yang mudah pecah/ fragile seperti vas keramik atau guci, anda dianjurkan untuk menyimpannya untuk mengurangi resiko kecelakaan saat pembersihan.

2. Beritahu cleaner apabila anda memiliki hewan peliharaan

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menimbulkan masalah bagi orang yang memiliki alergi bulu binatang, mungkin salah satunya adalah cleaner anda. Oleh sebab itu, pastikan anda memberitahu perusahaan cleaning service terlebih dahulu tentang keberadaan hewan peliharaan di rumah (jika ada) agar mereka dapat mengirim pembantu yang sesuai dan tidak memiliki alergi. Pastinya anda tidak mau si mbak bersin-bersin dan gatal-gatal saat melakukan pembersihan, bukan?

cleaner berhak tahu apabila anda memiliki hewan peliharaan
Source: 500px.com

3. Jelaskan dengan rinci bagian rumah yang ingin dibersihkan

Sebelum hari pembersihan tiba, ada baiknya jika anda berkomunikasi terlebih dahulu dengan perusahaan cleaning service atau cleaner yang akan membersihkan rumah anda nantinya. Dengan ini, si mbak dapat mengetahui dengan jelas tentang pekerjaan yang mereka terima.

Hal yang patut diinformasikan kepada cleaner:

  1. Tipe properti – rumah teras, ruko, atau apartemen.
  2. Luas properti – perkiraan luas properti yang akan dibersihkan agar si pembantu mengetahui kira-kira berapa lama waktu yang perlu dialokasikan.
  3. Jumlah ruangan mencakup kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur.

Selain itu, jelaskan juga kondisi rumah anda secara detail. Apabila properti yang akan dibersihkan sudah tidak tersentuh selama bertahun-tahun dan membutuhkan pembersihan mendalam/ menyeluruh, perusahaan cleaning service patut mengetahuinya.

4. Sediakan checklist sebelum pekerjaan dimulai

Agar sesi pembersihan berjalan sesuai keinginan dan maksimal, sediakan checklist sebelum cleaner memulai pekerjaan. Contohnya, jika anda ingin si mbak mengelap kipas angin gantung, membersihkan isi kulkas, atau mengganti seprei, beritahu mereka sebelumnya. Apabila anda kurang spesifik dan hanya memberi arahan untuk membersihkan saja, si mbak mungkin akan melewatkannya.

sediakan-checklist-yang-harus-dikerjakan-sebelum-pekerjaan-bersih-bersih-dimulai
Source: quickanddirtytips.com

5. Ingatkan pembantu tentang alat & materi pembersihan

Jika anda tidak mempunyai vacuum cleaner atau mesin penyedot debu di rumah dan anda pikir itu penting untuk memaksimalkan proses pembersihan, beritahu perusahaan cleaning service tentang peralatan yang anda butuhkan. Begitu juga dengan materi dan bahan pembersih. Apabila anda ingin membersihkan bahan berbulu, karpet, atau beldu dan tidak mempunyai bahan pembersih yang sesuai, utarakan pada cleaner anda. Jangan sampai pada hari H dan cleaner anda telah tiba di rumah namun proses bersih-bersih tidak maksimal karena kurang materi dan peralatan.

pembantu sedang bersih-bersih lantai rumah dengan vacuum cleaner
Source: mentalfloss.com

Jika anda sedang mencari jasa cleaner untuk membenahi rumah anda, Beres menyediakan jasa pembantu atau cleaning service yang handal, profesional, dan terpercaya. Anda dapat memilih berdasarkan preferensi, budget, dan anda juga dapat membaca ulasan tentang jasa pembantu yang akan anda pekerjakan. Tinjau dan sewa jasa cleaner terbaik untuk rumah anda!


Written by Cindy Junovica