Kulkas Awet Bebas Bau Dengan 4 Tips Berikut

Lemari pendingin atau yang lebih dikenal dengan sebutan kulkas memang tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi bagi mereka yang gemar memasak dan sering membeli bahan-bahan makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan daging mentah, kulkas merupakan peralatan elektronik terpenting untuk menjaga ketahanan bahan makanan tersebut dan mencegah pembusukan.

Nah, selain membuat seisi kulkas bau, bahan makanan basi atau kadaluwarsa juga beresiko meningkatkan keracunan atau kontaminasi makanan. Dengan mengikuti cara perawatan dan pembersihan kulkas yang benar, anda dapat melindungi kesehatan keluarga, dan juga menjaga kulkas lewat awet pakai dan tahan lama.

Buang sisa makanan & minuman

Jika anda adalah salah satu dari orang yang sering makan di luar dan tidak menghabiskan makanan, anda pasti berpikir untuk mengemas pulang/ takeaway sisa makanan dengan intensi memakannya besok atau lusa di rumah. Tadaa, kemungkinan besar anda pun akan melupakannya dan tidak akan memakannya lagi. Nah, karena lupa, makanan ini pun perlahan mengkontaminasi isi kulkas.

Lakukan: Keluarkan toples, kotak, atau wadah yang berisi sisa makanan dan lihat kondisi makanan tersebut seperti warna dan aroma. Jika salah satu dari elemen ini telah berubah, buang makanan dengan segera.

buang sisa makanan sebelum membusuk
Source: smart-restaurants.co.uk

Pisahkan makanan mentah & matang

Simpan daging dan bahan mentah di bagian bawah kulkas untuk menghindari tetesan cairan di bawahnya. Setelah itu, simpan sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan bahan makanan sejenisnya di tempat yang berdekatan. Ingat, jangan mencampuradukkan makanan seperti kue, cokelat, susu, yoghurt, makanan kaleng, minuman kaleng dengan bahan makanan mentah ya!

pisahkan bahan makanan mentah dan matang
Source: sunlight.co.id

Bersihkan noda tumpahan sebelum mengering

Saat memasukkan atau mengeluarkan makanan, terkadang tetesan saus atau kuah makanan tersebut tercecer di sekitar kulkas. Nah, langsung lap dengan menggunakan kain basah atau tisu sebelum mengering. Jangan dibiarkan karena tumpahan atau noda mengering biasanya lebih susah dibersihkan dan baunya dapat mengkontaminasi isi kulkas.

tumpahan noda, saus, atau minuman
Source: ngapainaja.com

Gunakan lemon, cuka atau baking soda

Tidak perlu bahan pembersih atau desinfektan keras untuk membersihkan kulkas. Cukup gunakan campuran cuka dan air, atau campuran lemon, garam, dan air hangat! Sebagai opsi tambahan, anda dapat menggunakan campuran baking soda dan air hangat juga untuk membersihkan noda dan kotoran dalam kulkas.

cuka, lemon, garam, dan baking soda untuk bahan pembersih kulkas
Source: cdn.homelife.com.au

Butuh bantuan untuk membersihkan kulkas? Anda dapat mengirimkan permintaan kerja melalui www.beres.id untuk jasa pembersihan / cleaning service. Pastikan bahwa anda memberitahukan tentang pembersihan kulkas dalam deskripsi pekerjaan anda agar cleaner mengetahui keinginan anda sebelumnya.

Selain itu, apabila masalah seperti kulkas tidak dingin, kulkas meneteskan air, atau kulkas rusak terjadi kepada anda, anda bisa menyewa jasa service perkakas berpengalaman dan ahli untuk menanganinya. Selain kulkas, teknisi perkakas kami juga menangani service mesin cuci, kompor, TV, dan peralatan elektronik lainnya.


Written by Cindy Junovica