Kriteria Penting Yang Harus Dimiliki Guru Les Privat

Dewasa ini, kegiatan belajar tidak hanya berlangsung di dalam ruang kelas saja tetapi juga di luar lingkungan sekolah. Tidak sedikit siswa yang paham dengan materi tetapi kesulitan saat mengerjakan soal. Ingin bertanya namun waktu yang singkat terkadang membuat murid tidak sempat berkomunikasi dengan guru di sekolah.

Nah, salah satu hal solusi untuk menangani masalah seperti ini adalah dengan mendatangkan guru les privat untuk membantu proses belajar siswa. Dengan adanya guru les privat, tentunya akan menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan murid pun mendapat perhatian penuh karena fokus guru les privat tidak terlalu terbagi kepada banyak orang (seperti di sekolah).

Nah, sebelum anda menyewa guru les privat untuk anak anda (atau anda sendiri), ada baiknya anda mengevaluasi kriteria-kriteria penting seperti berikut untuk memastikan bahwa tutor yang dipilih cocok dan terpercaya.

Kualifikasi Serta Pengalaman Mengajar

Anda dianjurkan untuk mengecek latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi calon guru les yang hendak anda sewa secara seksama sebelum mengatakan ‘iya’. Contohnya, berapa tahun pengalaman mengajar yang dimiliki, apakah mereka menyandang sertifikasi dan prestasi khusus dalam bidangnya, dan sebagainya.

 

kualifikasi dan sertifikasi guru les privat
Source: pinterest.com

Jika masih kurang yakin, anda juga bisa menanyakan pendapat atau ulasan dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Biasanya, guru les yang handal dan berkualitas punya sederet klien puas yang akan dengan senang hati menjawab keraguan anda. Lebih baik hati-hati daripada salah pilih!

Kepribadian Guru Les Privat

Di samping kemampuan atau skill, kepribadian guru les juga patut diperhatikan dan dievaluasi. Seorang guru les privat yang baik harus mampu menyalurkan materi pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Pastinya anda tidak ingin guru les anda atau anak anda bersikap dingin dan otoriter, bukan?

kepribadian atau personality guru les privat juga harus cocok dengan murid

Jago mengajar murid dewasa belum tentu mampu mengajar murid anak-anak

Ini adalah ciri yang tak kalah pentingnya. Tidak semua guru les mampu memberikan pelajaran pada kelompok usia yang berbeda-beda; ada guru les yang khusus mengajar anak SD dan TK, ada yang lebih condong memberikan les pada orang dewasa. Bedanya, anak-anak membutuhkan perhatian khusus dan memiliki metode pembelajaran yang berbeda, orang dewasa kebanyakan lebih mandiri dan dapat menjadi penyeimbang bagi diri mereka sendiri. Oleh sebab itu, pastikan anda menyewa tipe guru les yang tepat.

Guru les anak-anak lebih cenderung bersifat lembut, dan sabar menghadapi berjuta pertanyaan dan kerewelan si anak. Selain itu, guru les anak-anak yang berkualitas biasanya mampu menggunakan cara kreatif untuk membantu si anak memahami pelajaran lebih cepat.

murid anak-anak diajar oleh guru les privat

Kedisiplinan guru les tak kalah penting dari kedisiplinan murid

Agar sesi pembelajaran maksimal, kedisiplinan merupakan salah satu faktor penentunya. Pastikan bahwa guru les yang anda sewa tepat waktu, memberikan kursus semaksimal mungkin dalam sesi les privat yang dijanjikan, dan tegas namun tidak terlalu memaksa saat mengajar. Akan tetapi, si murid juga harus mengimbanginya dengan kedisiplinan yang tinggi agar mencapai hasil pembelajaran yang bagus dan cepat.

Apakah anda sedang mencari jasa guru les? Beres.id menyediakan jasa guru les privat terpercaya dan profesional untuk membantu anda atau anak memahami pelajaran lebih baik. Selain itu, bagi Anda yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, keterampilan menguasai bahasa asing sangatlah penting untuk dikuasai. Beres.id menghubungkan Anda dengan guru les kursus Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, hingga Bahasa Korea. Bandingkan harga dari beberapa guru les privat dan pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.


Written by Cindy Junovica