Khawatir Wastafel Rumah Mampet? Kenali 4 Cara Jitu Berikut Untuk Mencegahnya

Wastafel rumah mampet berarti menumpuknya piring-piring kotor, gelas bekas minuman, dan juga rombongan peralatan makan lainnya. Rumah jadi tampak kotor dan tidak terawat.  Belum lagi kemungkinan datangnya kecoa dan kawanan hama rumahan pembawa penyakit lainnya yang ‘merasa terundang’. Sebelum situasi menjengkelkan seperti itu terjadi, yuk kenali 4 trik berikut yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mencegah wastafel rumah mampet!

1. Gunakan saringan kotoran.

Jangan pernah sepelekan penggunaan saringan kotoran pada wastafel rumah Anda. Meskipun Anda tidak pernah lupa untuk membuang sisa-sisa makanan pada piring atau gelas sebelum dicuci, kemungkinan adanya residu yang tertinggal tetap ada. Tanpa saringan kotoran, residu yang awalnya tidak begitu signifikan tersebut akan menumpuk dan lama kelamaan menjadi aktor utama dibalik wastafel mampet.

Ada baiknya residu-residu pada saringan kotoran dibuang sesering mungkin ke tempat sampah atau paling tidak sehari sekali saat malam menjelang waktu tidur. Ini penting untuk diingatkan karena dalam banyak kasus, saringan makanan dibiarkan begitu saja hingga residu makanan larut dan lolos masuk ke saluran air. Usaha yang dilakukan dengan trik ini pun menjadi sia-sia.

Image Source: Prevent Clogged Drain
Image Source: Prevent Clogged Drain

2. Siram air panas ke dalam saluran usai pemakaian.

Sebaik-baiknya kita mencegah ada residu makanan atau kotoran masuk ke dalam saluran air. Tetap ada aktor penyebab wastafel rumah mampet yang tidak mempan dengan berbagai jenis penghalang. Minyak dan lemak, sebagai contoh. Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukkan khususnya dari hal-hal yang tidak dapat dikontrol ini, menyiramkan air panas ke dalam saluran usai pemakaian adalah satu solusi yang patut Anda coba di rumah.

Air panas dikatakan mampu membantu minyak serta lemak yang umumnya menempel pada piring makanan untuk terus lolos ke destinasi akhir saluran pembuangan serta membantu melunakkan mereka-mereka yang sudah terlanjur mengendap di sisi-sisi pipa. Jika ini wajib dilakukan setidaknya setiap penggunaan, kesempatan menghindari wastafel rumah mampet menjadi lebih besar.

The Creek Line House
Image Source: The Creek Line House

3. Waspada dengan hal yang dapat menyebabkan saluran mampet jika dibiarkan menumpuk.

Hal yang dapat menyebabkan saluran mampet jika dibiarkan menumpuk tidak terbatas pada residu makanan saja. Prinsipnya tetap sama: jika disepelekan karena terlihat sedikit, lama kelamaan akan menumpuk lalu mengendap dan berujung mengakibatkan wastafel rumah macet. Temukan daftar dari hal-hal yang berpotensi menyebabkan pipa air di rumah macet di sini.

Canada Plumbing
Image Source: Canada Plumbing

4. Rutin cuci secara mandiri.

Menyiram saluran air pada wastafel dengan air panas sebenarnya sudah cukup membantu untuk mencegah terjadinya pengendapan kotoran. Namun, hanya itu saja dinilai tidak cukup terlebih lagi jika wastafel rumah Anda tidak pernah absen digunakan setiap harinya. Tambah proteksi Anda terhadap kelayakan wastafel rumah dengan cara berikut:

 

  • Berikan baking soda secukupnya ke dalam saluran air atau pipa pada wastafel Anda diiringi dengan air panas. Seperti yang kita ketahui bersama, Baking Soda bekerja sangat baik dalam proses pembersihan. Fungsi lain yang bisa dimanfaatkan adalah bagaimana baking soda menyerap bau tidak sedap dari saluran air di wastafel.  

 

  • Siram cukup cuka putih ke dalam saluran air lalu diamkan selama kurang lebih 24 jam, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan menyiramkan air panas ke dalam saluran air juga. Cuka putih bekerja optimal menghilangkan endapan-endapan organik di pipa saluran air. Hanya saja, baunya bukan kegemaran semua orang. Jika Anda juga merasakan hal yang sama, iringi langkah ini dengan pemberian air jeruk lemon atau potongan jeruk nipis untuk diletakkan di saringan kotoran, jika ada.
bia-bd.org
Image Source: bia-bd.org

Langkah pencegahan tidak menjamin wastafel Anda akan lolos begitu saja dari berbagai kemungkinan yang menjurus ke arah kerusakan. Wastafel rumah mampet, air yang keluar sedikit, atau keran yang tidak berfungsi baik mungkin bisa kita hindari dengan cara penggunaan dan perawatan yang baik. Namun jika kerusakan tetap ada, jangan ragu untuk serahkan pada ahlinya. Jangan biarkan sampai rusak terlalu jauh dan malah menghabiskan biaya yang membengkak nantinya.

 

button request jasa