Keuntungan Belajar Bahasa Korea Yang Bakal Berguna Di Hidup Kamu

Baru-baru ini, masyarakat Indonesia digemparkan oleh sebuah video yang beredar secara viral di Facebook. Pasalnya, seorang pria keturunan Afrika Amerika bernama Joseph Busto menyanyikan sebuah lagu Korea dengan penuh perasaan, serta suara dan pelafalannya pun terdengar layaknya seperti orang Korea asli.

Globalisasi budaya Korea Selatan di Indonesia yang dikenal dengan sebutan demam K-pop pun tidak dapat dihindari, mulai dari musik & groupband Korea, film-film drama Korea, makanan Korea (Korean BBQ) dan pencuci mulut/ desserts sampai fashion atau cara berpakaian.

Dengan pengaruh yang begitu kuat di bidang hiburan, kuliner, dan fashion di mata dunia internasional, tentunya Bahasa Korea pun menjadi salah satu bahasa yang bermanfaat dan penting untuk dikuasai.

1. Menguasai bahasa Korea berguna untuk karir dan dunia kerja

Mampu berbahasa asing (Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, dan sebagainya) merupakan salah satu kriteria yang dicari oleh kebanyakan perusahaan-perusahaan di zaman sekarang.  Apalagi jika perusahaan tersebut menjalankan kerja sama dengan perusahaan Korea atau memiliki klien orang Korea, pastinya membutuhkan tenaga kerja yang mampu berbahasa Korea juga.

Oleh sebab itu, kemampuan berbahasa Korea dengan lancar dapat meningkatkan kesempatan anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Belajar Bahasa Korea untuk karir dan pekerjaan
Source: tipskarir.com

2. Membangun dan mengembangkan koneksi

Salah satu cara untuk mengembangkan koneksi dan berteman dengan orang baru adalah dengan berbicara bahasa yang sama. Jika anda ingin berkenalan dan membangun hubungan dengan orang Korea, anda dianjurkan untuk menguasai paling tidak dasar-dasar bahasa Korea. Dengan begitu, anda pun dapat menjalin komunikasi lebih baik.

belajar bahasa korea untuk membangun koneksi dan persahabatan
Source: insightguides.com

3. Anda tidak akan kewalahan atau tersesat saat jalan-jalan di Korea

Kota Seoul yang terletak di Korea Selatan merupakan salah satu destinasi liburan favorit yang banyak dikunjungi masyarakat Indonesia. Apakah anda salah satunya?

Keindahan pemandangan malam Seoul, Korea Selatan
Source: cphi.com

Nah, jika anda tidak ingin tersesat dan menghabiskan waktu untuk bertanya kepada orang, ada baiknya anda menguasai setidaknya dasar-dasar bahasa Korea sebelum berkunjung. Akan tetapi, alangkah baiknya jika anda dapat berbicara bahasa Korea lancar, bukan? Anda bisa menikmati atraksi-atraksi Korea, membaca tulisan di papan pengumuman/ Billboard, dan memahami tulisan di menu makanan dengan mudah.

4. Menikmati drama Korea (K-Drama) dan lagu Korea (K-pop)

Pernahkah anda mendengar lagu Korea yang indah namun tidak tahu artinya? Atau ketika anda ingin segera menonton drama Korea keluaran terbaru tapi subtitle/ terjemahan belum tersedia?

Nah, jika anda mampu memahami bahasa Korea, tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah. Anda dapat benar-benar memahami lirik lagu yang dinyanyikan dan menonton film atau drama Korea tanpa subtitle. Dengan begitu, anda pasti akan lebih menikmatinya!

Drama Korea, Descendants of the sun
Source: youtube.com

Gimana? Tertarik buat belajar bahasa Korea? Tidak ada kata terlambat untuk belajar!

Anda dapat menyewa jasa guru les bahasa Korea di Beres.id. Kirim permintaan kerja dan anda akan mendapatkan penawaran harga dan profil dari masing-masing guru les untuk dibandingkan.


Written by Cindy Junovica