Ketahui 4 Hal Ini Guna Memilih AC Yang Cocok Untuk Rumah Anda

Pentingnya AC atau pendingin ruangan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Hal-hal seperti kapasitas AC, tipe/ jenis AC, merk AC pun menjadi hal yang patut dipertimbangkan secara matang sebelum memasang AC.

1.  Ukuran atau luas ruangan yang akan dipasang AC

Luas ruangan sangat berpengaruh pada suhu/ temperatur AC yang akan dipasang. Untuk ruangan yang berukuran besar, maka disarankan untuk memasang AC dengan kapasitas lebih besar agar hawa dingin dapat menjangkau seisi ruangan, dan sebaliknya.

pertimbangkan ukuran ruangan yang akan dipasang AC
Source: howtofurnish.com

2. Kapasitas AC dan tegangan listrik sesuai dengan besarnya ruangan

Saat memilih AC, anda juga harus mengetahui kapasitas AC dan tegangan listrik yang anda butuhkan, dan biasanya hal ini tergantung pada luas ruangan yang akan dipasang AC. Untuk hawa dingin dan penggunaan yang efektif, pilih kapasitas AC yang cocok.

kapasitas AC bergantung pada ukuran ruangan

3. Jumlah orang di dalam ruangan yang akan dipasang AC

Jumlah kepala orang yang berada di dalam ruangan juga mempengaruhi suhu atau hawa dingin yang dikeluarkan oleh AC. Logikanya, makin banyak orang yang mengkonsumsi hawa dingin yang dihembuskan AC di ruangan tersebut, makin besar kapasitas AC yang diperlukan untuk menghasilkan suhu dingin.

4. Tipe AC & Merk AC yang dipasang

Terdapat beberapa tipe AC di pasaran seperti AC Split, AC Cassette, AC Standing, AC Ceiling, AC Window, dan sebagainya.

  • AC Split merupakan AC yang paling lazim dipasang di rumah untuk penggunaan sehari-hari. Terdiri dari 2 bagian, bagian indoor AC yang dipasang di dalam ruangan dan outdoor AC yang merupakan kondensor atau mesin yang diletakkan di luar.
AC Split yang dipasang di rumah
Source: daikin.com
  • AC Cassette lebih cocok untuk ruangan yang berukuran besar, seperti meeting room dan ruangan kantor karena AC tipe ini dapat mendinginkan ruangan luas secara cepat.
AC Cassette di dalam ruangan
Source: airconco.com
  • AC Standing merupakan tipe AC berdiri yang dapat dipindahkan sesuai dengan keperluan. Jenis AC ini biasanya diperlukan untuk acara dimana terdapat banyak orang di dalam ruangan indoor seperti pesta, seminar, pameran, dan lain-lain.
AC standing
Source: sylvane.com
  • AC Ceiling biasanya dipasang pada langit-langit ruangan seperti gedung perkantoran, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan/ shopping mall. AC ini memiliki pipa lebih panjang dan efisiensi yang jauh lebih tinggi.
AC ceiling dipasang di langit-langit ruangan
Source: mitsubishielectric.com.au

Jadi, untuk penggunaan sehari-hari di rumah, anda dapat memasang AC Split dengan kapasitas AC sesuai dengan kebutuhan.

Untuk merk AC, terdapat beberapa nama yang terkenal di pasaran seperti Sharp, Panasonic, Samsung, Daikin, LG, dan sebagainya. Untuk informasi lanjut, anda dapat berkonsultasi dengan ahli service AC dari Beres.id.

Gimana? Sudah memutuskan AC apa yang akan dipasang? Jika anda masih bingung, jangan ragu untuk mengkomunikasikannya dengan ahli jasa service AC handal dan terpercaya. Tukang AC Beres.id akan memberikan informasi dan menjawab pertanyaan anda, serta membantu anda dengan proses pemasangan AC hingga tuntas.


Written by Cindy Junovica