Kenali Suara Dari AC-mu

Saat ini kamu diharuskan untuk tetap tinggal dalam rumah, mau nggak mau kamu jadi sering hidupin AC di rumah. Penting banget nih buat kamu untuk ngertiin AC yang selalu menyelamatkan kamu dari panasnya udara luar, oleh karena itu Beres siapin tips buat kamu biar bisa kenali suara dari AC kamu.

Suara Bergetar

shutterstock_604689581

Pernah nggak sih disaat kamu lagi ngadem di kamar kamu, tiba-tiba AC kamu munculin suara bergetar dari dalamnya? Ternyata ada beberapa aspek yang menyebabkan AC kamu bergetar.

1. Baut Longgar

AC kamu akan bergetar saat baut-baut di dalamnya ada yang longgar. Biasanya juga ini dikarenakan efek usia yang sudah terlalu lama dari AC kamu.

2. Cover atau Penutup Filter Longgar

Penutup filter yang tidak tertutup secara benar akan menimbulkan efek suara bergetar. Jika cover AC kamu sudah longgar, kamu bisa mengganjalnya dengan kain atau sobekan kardus agar tidak mengeluarkan getaran lagi.

Suara Berisik

shutterstock_643577269

Suara AC yang satu ini hampir mirip dengan suara bergetar, namun frekuensinya cenderung lebih konstan dan kencang. Suara berisik ini bisa disebabkan oleh rusaknya bagian dalam AC kamu, seperti longgarnya sabuk atau belt AC kamu, atau kendornya bearing kompresor. Kamu perlu mengganti belt dari AC kamu atau perlu mengganti serta menambahkan freon pada AC kamu. Masalah kerusakan ini tidak bisa kamu selesaikan sendiri. Kamu perlu memanggil jasa perbaikan AC biar kerusakannya nggak semakin parah nih.

Suara “Bip” berulang

shutterstock_1077470510

Jika di tempatmu ada suara “bip-bip” berulang, jangan panik! Itu mungkin suara AC kamu yang mulai rusak. Suara “Bip” ini berarti bahwa ada sensor atau sistem elektronik yang berfungsi tidak sempurna pada AC-mu. Kerusakan pada sensor dan sistem digital ini dapat disebabkan oleh kelemahan sistem karena faktor usia, dan juga dapat dikarenakan sensor yang terkena air sirkulasi AC kamu.

Kerusakan AC yang terlalu lama dibiarkan dapat semakin memperburuk keadaan AC kamu, hal terburuknya adalah kamu perlu mengganti unit ac kamu yang harganya bisa berkali-kali lipat daripada perbaikan. Jika kamu menemukan kerusakan pada AC kamu, atau kerusakan-kerusakan lainnya dirumah selama masa PSBB, pesan saja semuanya di Beres. Penyedia jasa kami akan selalu siap membantumu walaupun dalam masa PSBB. Yuk pesan!