Inspirasi Lampu Hias Unik Untuk Rumah Anda

Seringkali, proses mendesain interior ruangan suatu rumah menghabiskan waktu yang lama dan biaya selangit. Kabar baiknya, ada trik yang bisa kamu gunakan untuk menyulap dan memberikan kesan berbeda pada interior ruangan dengan mudah. Bagaimana caranya?

lampu selain sebagai sumber penerangan juga berperan sebagai material dekorasi rumah
Source: botilight.com

Selain berfungsi sebagai sumber penerangan sebuah ruangan, penataan dan pemilihan lampu yang tepat berperan penting dalam mempercantik ruangan, memberikan kesan lebih ‘hidup’ dan memunculkan karakteristik asli dari warna sebuah ruangan. Contohnya lampu gantung dalam sebuah kafe terlihat redup, menambahkan keintiman anda dengan segelas kopi di meja. Sedangkan untuk interior rumah (tempat terang), lampu jenis LED dipilih karena lebih hemat listrik dan efisien (25.000 jam pakai).

Berikut tips-tips menggunakan lampu untuk menciptakan suasana ruangan yang berbeda , & tentunya tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

1. Kembalinya tren lampu gantung

Jadikan lampu gantung atau lampu dengan ukuran besar sebagai titik tumpuan utama dalam desain interior ruangan anda. Berita baiknya, anda tidak perlu ruangan yang besar untuk memasang lampu dengan ukuran besar. Justru lampu dengan ukuran besar seperti lampu gantung dapat memberikan kesan luas pada ruangan!

lampu gantung dapat dipasang di ruang tamu rumah
Source: cmuhome.com

Nuansa klasik dari lampu gantung membuat kebersamaan ketika berkumpul juga semakin terasa. Lampu gantung modern sangat populer digunakan di banyak tempat seperti ballroom hotel ataupun kafe dan restoran. Cara pemasangan saklar dan kelistrikannya pun sama dengan lampu-lampu lain pada umumnya.

2. Lampu hias kecil

Masih seperti lampu gantung, lampu hias kecil juga memberikan kesan klasik pada ruangan. Namun lampu hias kecil lebih cocok dipasang pada ruangan yang tergolong kecil. Lampu hias kecil harus terpasang dalam 1 kelompok yang berjumlah 5-10 buah lampu agar terlihat cantik. Biasanya sekelompok lampu hias kecil merupakan lampu jenis seri yang terhubung pada 1 saklar yang sama.

lampu hias kecil yang disusun secara bersamaan dapat memberi kesan klasik dan terlihat cantik
Source: pinterest.com

3. Lampu kontrol jarak jauh (Wireless)

Teknologi seakan tidak pernah berhenti memukau kita. Sistem wireless pada aplikasi lampu masa kini membuat anda dapat mengatur terang/redup lampu hanya dari tempat duduk anda, tanpa perlu mengambil langkah untuk menekan saklar.  Media pengontrol yang digunakan bisa merupakan remote ataupun dari smartphone anda. Saklar lampu sekarang ada di tangan anda, terkoneksi dengan sistem Wi-fi.

lampu modern dengan sistem pengaturan melalui wifi atau remote
Source: iqjar.com

Yang lebih menakjubkan lagi, lampu ini juga memiliki fitur mood yang dapat mengintegrasikan antara terang lampu dan suasana hati anda. Cahaya lampu redup saat makan malam romantis atau cahaya terang saat membaca, anda yang pilih!

4. Lampu hias DIY

Jangan memandang sebelah mata benda-benda DIY atau “Do It Yourself”. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat lampu DIY sangat kecil dibandingkan dengan membeli baru. Kepuasan hati yang anda dapat juga sangat besar.

Seperti yang dilansir oleh boredpanda.com, seorang desainer bernama Ed Chew membuat lampu gantung antik hanya dengan rangkaian kotak susu bekas. Tanpa ragu, hasil akhir dari lampu DIY buatan Ed Chew akan sangat memukau semua mata yang melihatnya (termasuk saya sendiri!).

Lampu DIY ini terbuat dari kotak susu bekas

Lampu DIY karya Ed Chew, seorang designer kreatif

Hasil akhirnya… Tadaa!

Hasil akhir lampu DIY karya Ed Chew yang mengagumkan
Source: boredpanda.com

5. Cari konsep desain lampu yang tidak biasa

Konsep desain tidak biasa disini maksudnya adalah jangan terpaku pada penempatan lampu yang disitu-situ saja. Cari tempat-tempat tidak biasa seperti di dalam laci, pinggir lemari, atau bahkan dinding untuk memasang lampu hias anda. Asal dilakukan secara benar, ruangan rumah anda akan tampak lebih manis dan unik dimata.

rangkaian bola lampu mengelilingi meja rias
Source: pinterest.com

Tempatkan lampu dengan posisi dan tempat yang unik

Selain tips-tips di atas, yang tidak kalah penting dari desain lampu ruangan adalah pemilihan bola lampu yang tepat. Lampu LED adalah pilihan terbaik masa kini dan cocok untuk semua konsep desain lampu ruangan anda.

Juga, jangan lupakan tata cara pemasangan lampu ruangan anda. Pilihlah tukang listrik yang tepat untuk hasil penerangan dan sistem kelistrikan maksimal untuk ruangan anda. Jika anda membutuhkan jasa ahli kelistrikan untuk menanganinya, anda bisa menyewa tukang listrik terpercaya dan profesional melalui www.beres.id.  


Written by Ryandi Kaswira