Inspirasi Kain Gorden Untuk Mempercantik Rumah Menjelang Idul Fitri

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah tinggal menghitung hari. Seperti kebanyakan hari raya pada umumnya, Idul fitri selalu identik dengan sesuatu yang baru. Mulai dari pakaian sampai dekorasi rumah, menjadi sorotan utama untuk dipercantik pada bulan Ramadhan ini. Nah, kain gorden yang cantik juga memiliki peranan penting untuk menjadikan rumah anda lebih indah dan menghadirkan suasana ‘lebaran’.

Ruang tamu dengan gorden: tirai warna cokelat yang megah
Source: fishalfurnishings.com

Terdapat berbagai jenis kain yang dapat anda jadikan pilihan untuk gorden rumah anda. Akan tetapi, pemilihan kain gorden sebaiknya disesuaikan dengan perabotan, sofa, dan kondisi interior rumah, beserta manfaat dan fungsinya.

1. Kain Satin

Kain jenis Satin merupakan kain yang paling banyak digunakan dalam membuat tirai jenis gorden. Sifatnya yang cenderung mengkilap dan memancarkan cahaya. Jatuhnya kain terlihat sangat lembut ke lantai, menambah kesan klasik pada rumah anda. Jenis kain satin pun bervariasi dan dapat anda pilih sesuai dengan selera.

Kain Satin Untuk Gorden/ Tirai
Source: fitinline.com

button request jasa

2. Kain Lace (Renda)

Pada umumnya, kain jenis lace (renda) sangat sering digunakan sebagai kain pelapis dibelakang kain tebal anda (contohnya kain satin), atau yang biasa kita sebut vitrase. Kehadiran kain jenis lace sangat membantu dalam mempercantik jendela ruang terutama saat tirai dibiarkan terbuka, ataupun dapat juga dipakai tanpa dilengkapi kain tebal. Motif tenunan kain lace sangat beragam. Semakin rumit desain yang digunakan, harganya pun semakin mahal.

Kain Lace (Renda) Untuk Gorden: Tirai
Source: fitinline.com

3. Kain Belacu

Kain jenis belacu adalah jenis kain katun yang berwarna putih pucat dan bersifat masih “mentah”. Namun warna asli dari kain yang putih kekuningan dan sifat kain yang terlihat seperti masih unfinished justru memberikan ciri khas khusus kain ini dibandingkan kain lainnya.

Kain Belacu Untuk Bahan Tirai: Gorden
Source: myindonesiastyle.blogspot.com

Nilai lebih kain belacu yaitu mampu menghadirkan kesan natural dan kasual pada rumah bergaya etnik/ country. Pada rumah bergaya kasual, padukan dengan kain tenun berwarna. Sedangkan pada nuansa rumah bergaya etnik, padukan dengan jenis kain seperti batik sebagai pemanis.

4. Kain Batik

Kain batik yang biasanya dipakai dalam tirai jenis curtain terbuat dari mori yang diberi motif dari plastisin.  Meskipun saat ini bahan batik sudah cukup populer dan beragam, contohnya sutra dan serat sintetis, namun mori masih menjadi pilihan utama karena biayanya lebih terjangkau. Kain gorden jenis batik sangat cocok digunakan karena dapat menghadirkan nuansa tradisional yang pastinya khas Indonesia banget!

Kain Batik Untuk Bahan Gorden: Tirai
Source: desainic.com

5. Kain Sutera

Kain Sutera adalah jenis kain yang memberikan kesan mewah jika digunakan sebagai tirai gorden pada jendela anda. Namun untuk mendapatkan kain kualitas sutera anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Ada dua jenis pilihan kain sutera pada umumnya, yaitu sutera murni dan sintetis. Sutera sintetis lebih mudah didapatkan di pasaran dan juga lebih terjangkau dari segi harga daripada sutera murni.

Kain Sutera Untuk Bahan Tirai: Gorden
Source: curtainworks.com

6. Kain Katun

Kain jenis katun (cotton) sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Selain terkenal oleh teksturnya yang halus dan lembut tahan lama, kain katun juga nyaman dipakai dan tidak menimbulkan alergi pada kulit. Kain katun pun juga memiliki banyak jenis seperti katun jepang, katun cina, katun rayon, katun bangkok, bahkan katun sutera.

Kain Katun Untuk Bahan Tirai: Gorden
Source: ctwotop.com

Bagaimana? Anda sudah menetapkan pilihan kain untuk melengkapi ruangan rumah anda dengan tirai gorden yang cantik dan apik? Ssssttt, sekedar informasi kalau Beres juga menyediakan jasa pembuatan dan pemasangan kain gorden untuk rumah anda loh. Jadi tunggu apa lagi? Lengkapi momen berkumpul bersama keluarga anda di hari yang Fitri dengan dekor ruang tamu yang serba baru dan nyaman!

button request jasa


Written by Ryandi Kaswira