Inilah Cara Hilangkan Noda Membandel Pada Pakaian Dari 8 Hal Berikut

Selama hari-hari kita masih berkutat dengan kopi pembuka pagi, hidangan makanan lezat dari yang berminyak hingga yang berkuah (atau bahkan keduanya), aktivitas yang memicu keringat, serta sisi ceroboh dari diri sendiri atau orang lain sebagai ‘bumbu pelengkap’, resiko pakaian kesayangan yang kita kenakan menjadi kotor akan selalu ada. Bahkan, beberapa jenis kotoran akan sangat sulit untuk dibersihkan. Namun tenang, telah kami rangkum cara hilangkan noda membandel pada pakaian dari 8 penyebab yang berbeda sebagai berikut.

Image Credit: People.com
Image Credit: People.com

1. Kopi

Salah satu biang kerok yang paling sering berulah. Terkadang meskipun kita sudah sangat berhati-hati saat menikmatinya, resiko tertumpah minuman berkafein sejuta umat ini tetap saja ada. Dari mulai meja sarapan yang tanpa sengaja tersenggol hingga saat berpapasan dengan teman kantor yang sedang jalan terburu-buru.

Inilah cara ampuh untuk hilangkan noda membandel pada pakaian yang diakibatkan oleh kopi:

Bilas bagian yang terkena noda kopi dengan air dingin yang mengalir dari keran.

– Taburkan cukup deterjen ke permukaan noda.

– Gosok permukaan tersebut dengan gunakan sikat gigi berbulu halus yang bertujuan untuk membantu deterjen masuk ke serat-serat pakaian.

– Diamkan selama beberapa menit.

– Tanpa perlu membilasnya, cuci pakaian di mesin cuci seperti biasa. Pilih temperatur paling panas, jika ada.

Image Credit: Kidspot
Image Credit: Kidspot

2. Rumput Basah

Keluhan umum para orangtua yang memiliki anak dengan hobi berolahraga lapangan ialah bagaimana sulitnya membersihkan pakaian olahraga yang mereka kenakan usai setiap latihan atau pertandingan. Jika salah langkah dan memilih untuk langsung mencucinya di mesin cuci, noda tidak akan begitu saja hilang. Sebaliknya, pakaian lain yang dicuci bersamaan akan ikut-ikutan kotor.

Cobalah ikuti langkah untuk hilangkan noda membandel pada pakaian kotor dari rerumputan basah usai dikenakan untuk pertandingan olahraga:

Rendam pakaian dalam air dingin yang telah diberi cukup deterjen selama setidaknya 30 menit. (semakin lama umur noda, semakin lama durasi perendaman)

– Hindari perendaman dengan air hangat atau panas karena hanya akan membuat noda semakin sulit dihilangkan.

– Jika usai direndam noda masih terlihat, rendam sekali lagi selama 30 menit.

– Setelah direndam, langsung masukkan pakaian yang masih basah itu ke dalam mesin cuci untuk lakukan pencucian seperti biasa. Pilih temperatur paling panas, jika ada.

Image Credit: CF Service
Image Credit: CF Service

3. Coklat

Coklat kerat dikaitkan dengan kenangan manis kecuali saat tanpa sengaja menodai pakaian yang kita kenakan. Selain sukses merusak momen bahagia, terkena noda coklat juga membuat kepala pusing karena umumnya rupa noda yang dihasilkan nampak pekat dan sulit dibersihkan.

Tapi jangan khawatir, seperti noda jenis lainnya, bekas coklat pada pakaian juga bisa hilang lewat cara yang tepat. Berikut adalah di antaranya yang terbukti membawa hasil.

Ambil sisa-sisa coklat dari pakaian. Berhati-hatilah saat melakukannya agar noda tidak semakin menempel di serat-serat pakaian.

– Bilas bagian belakang dari permukaan yang ternoda dengan air keran atau air soda. Ini dapat melemahkan partikel pada coklat dan membuatnya untuk lebih mudah dibersihkan tanpa bekas.

– Taburkan deterjen atau cairan pencuci piring ke permukaan noda dan gosok-gosok perlahan hingga noda memudar.

– Rendam pakaian dalam air dingin selama 15 menit dan setiap 3-5 menit, gosok-gosok bagian ternoda.

– Tanpa perlu membilasnya lagi, cuci pakaian di mesin cuci seperti biasa. Pilih temperatur paling panas, jika ada.

Image Credit: White Way
Image Credit: White Way

4. Darah, Keringat, Muntahan.

Noda yang berasal dari reaksi tubuh secara alamiah seperti keringat, darah, serta muntahan pada dasarnya mengandung protein. Untuk hilangkan noda membandel pada pakaian dari noda protein seperti ini, coba lakukan langkah sebagai berikut:

– Langkah pertama, gunakan cairan pembersih noda berbahan alkaline yang ampuh menyerap dan mengangkat protein dari dalam noda.

– Sebagai pengganti atau pelengkap, gunakan cairan atau bubuk pembersih pakaian berbahan enzim ke bagian yang ternoda.

– Gosok dengan hati-hati hingga noda memudar.

– Cuci pakaian seperti biasa dengan mesin cuci. Juga dengan deterjen berbahan enzim serta bleaching beroksigen.

– Karena umumnya noda protein seperti ini meninggalkan bau tak sedap, kita dapat gunakan cuka putih sebagai solusi mengembalikan aroma pakaian.

Image Credit: Thought Co
Image Credit: Thought Co

5. Tinta

Entah itu dari pakaian sekolah si kecil, kemeja kuliah si kakak, sampai baju kerja suami atau istri, noda tinta adalah ‘kejutan’ yang sering ditemui siapapun yang bertugas mencuci pakaian di rumah. Namun siapa sangka, cara hilangkan noda membandel dari pakaian akibat tinta ternyata begitu mudah.

Hanya berbekal cairan beralkohol, berikut langkah-langkah sederhana pembersihannya!

Semprotkan hairspray ke permukaan yang terkena noda tinta. Hairspray yang digunakan baiknya yang tidak mengandung aerosol.

– Semprot terus-menerus hingga permukaan noda agar memudar karena basah.

– Berikan cairan hand sanitizer pada permukaan yang ternoda untuk kemudian kita gosok secara hati-hati.

– Diamkan selama 10 menit.

– Bilas secukupnya dengan air dingin lalu masukan ke mesin cuci untuk dicuci seperti biasa.

Image Credit: How Hometo
Image Credit: How Hometo

6. Minyak

Satu lagi jenis noda yang sering ditemui pada pakaian berhubung sumber noda berasal dari apa yang kita temui sehari-hari khususnya hidangan makanan yang kita santap. Berikut adalah langkah yang bisa kita lakukan untuk membersihkannya.

– Bilas bagian yang terkena noda minyak dengan air dingin.

– Gosokkan permukaan yang ternoda tersebut usai diberikan beberapa tetes cairan pencuci piring yang bekerja membersihkan lemak serta lemak.

– Gosokkan permukaan yang sama dengan bubuk atau cairan deterjen hingga noda memudar.

– Diamkan selama beberapa menit baru kemudian kita cuci seperti biasa di mesin cuci.

Image Credit: How Stuff Works
Image Credit: How Stuff Works

7. Lumpur

Noda yang sulit dihindari apalagi saat musim hujan. Lokasi yang paling sering dinodai jenis kotoran ini adalah bagian bawah celana atau bagian belakang baju terutama bagi para pengendara atau penumpang sepeda motor.

Langkah berikut dapat coba kita lakukan untuk hilangkan noda membandel pada pakaian yang terkena cipratan lumpur.

Biarkan noda lumpur mengering terlebih dahulu.

– Gosok lumpur atau tanah-tanah yang sudah mengering dari permukaan yang terdampak.

– Rendam dalam wadah yang berisikan cukup air hangat, 1 sendok teh cairan pencuci piring dan deterjen, 1 sendok makan cuka putih selama kurang lebih 15 menit.

– Bilas dengan air dan biarkan selama beberapa menit. Jika noda masih sangat terlihat, gosok permukaan dengan spons yang telah diberi cairan alkohol, lalu bilas dengan air bersih.

– Cuci pakaian seperti biasa.

Image Credit: Tide
Image Credit: Tide

8. Saus Tomat dan Cairan Berbahan Tomat Lain

Noda yang dihasilkan kecap, saus tomat dan sejenisnya cenderung paling mudah untuk dibersihkan. Faktor utamanya adalah bagaimana kita biasanya ada dalam alam bawah sadar saat proses terpaparnya pakaian kita oleh noda jenis ini terjadi. Hal ini pun memudahkan kita untuk melakukan langkah praktis dan cepat seperti berikut.

Bilas dengan air dingin yang mengalir dari kran.

– Rendam pakaian di ember berisikan air hangat, setengah sendok makan sabun cuci tangan dan 1 sendok makan cuka.

– Masih dalam wadah rendaman, totol-totol bagian permukaan baju dengan spons yang telah dilapisi oleh cairan pembersih piring.

– Cuci kembali pakaian seperti biasa dan jangan disetrika sampai benar-benar kering karena berpotensi membuat bekas kotoran kembali.