Inilah 9 Permasalahan Umum Mesin Cuci Dan Cara Atasinya

Sebagai salah satu perangkat elektronik yang berperan besar di rumah, mesin cuci selalu sukses membuat pusing kepala bila terjadi kerusakan atau gangguan yang membuatnya tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dari mulai mesin yang mengeluarkan bunyi bising yang memekakkan telinga, pengering yang tidak bekerja maksimal, hingga unit yang mengeluarkan bau apek tidak segar, berikut kami kumpulkan 9 permasalahan umum mesin cuci di rumah dan cara untuk mengatasinya.

1. Mesin cuci bocor

Merupakan masalah yang tergolong umum terjadi. Air menetes dan bocor saat mesin cuci sedang digunakan. Besar kemungkinan ada kerusakan pada selang dan segel pintu mesin cuci: kelonggaran, contohnya. Jika sudah begini, Anda perlu mengganti keduanya dengan yang baru. Sementara itu, Anda juga dapat mencoba tuangkan ½ cangkir cuka putih pada air bersih secukupnya (+/- 1 liter) pada cucian Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi luapan residu busa yang kerap kali mengakibatkan kebocoran.

Image Credit: The Spruce
Image Credit: The Spruce

2. Mesin cuci mengeluarkan bunyi bising

Memang wajar jika mesin cuci mengeluarkan bunyi saat bekerja. Namun Anda perlu mencurigai adanya masalah ketika bunyi yang dikeluarkan terlampau bising dan berkelanjutan. Sumber utamanya kemungkinan adalah benda asing yang tersangkut pada mesin; koin atau penjepit rambut yang lupa dikeluarkan dari celana saat hendak dicuci, misalnya. Solusi untuk masalah satu ini yakni dengan melakukan pengecekan, khusunya pada mesin dan baling-baling mesin cuci. Jika benar ada benda asing tersangkut, ambil secara hati-hati dan jangan lupa untuk pasang kembali mesin unit dengan benar.

Image Credit: instructables
Image Credit: instructables

3. Layar yang menampilkan siklus kerja mesin cuci tidak berfungsi.

Mesin cuci modern saat ini umumnya hadir dengan fitur layar yang menampilkan siklus kerja mesin cuci. Hal ini sangat membantu karena kita dapat dengan mudah mengontrol langkah yang tepat untuk pencucian maksimal seperti kapan harus memasukan softener, dan sebagainya. Jika layar mulai ngaco, tidak akurat atau berhenti bekerja sama sekali, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada timer mesin cuci. Selain itu, dapat juga terjadi kesalahan pada perangkat lunak dalam mesin yang mengakibatkan kesalahan program. Kalau sudah begini, alangkah lebih baik jika Anda langsung konsultasikan ke tenaga perbaikan profesional untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Image Credit: pinterest
Image Credit: pinterest

4. Mesin cuci mengeluarkan bau apek

Merupakan hal yang wajar jika setiap mesin cuci, khususnya yang sudah tergolong lama digunakan, untuk menjadi wadah penumpukan kotoran atau bakteri yang berasal dari baju-baju kotor yang dicuci di dalamnya. Ada baiknya Anda lakukan pembersihan menyeluruh secara rutin dan berkala untuk mencegah bakteri atau kotoran tersebut membusuk terlalu lama dan mengakibatkan bau apek yang tidak sedap. Jangan sampai tunggu berbau, karena mesin cuci yang kotor jelas dapat membuat hasil cuci pakaian khususnya yang berwarna cerah menjadi tidak maksimal dan cenderung kusam.

Image Credit: Thrifty Fun
Image Credit: Thrifty Fun

5. Mesin cuci tidak dapat dikosongkan dari air

Periksa selang mesin cuci terlebih dahulu. Pastikan selang tidak tertekuk sedemikian rupa yang membuat air susah mengalir. Selain itu, selalu lakukan pengecekan berkala pada rongga selang mesin cuci dan pastikan itu selalu terhindar dari penumpukan kotoran, sisa-sisa bahan pakaian atau objek asing lain yang mampu membuatnya saluran air tersumbat.

Image Credit: Youtube/Repair Clinic
Image Credit: Youtube/Repair Clinic

6. Mesin cuci tidak berputar sebagaimana mestinya

Mesin nyala namun mesin cuci tidak berputar? Ini kendala yang cukup umum dihadapi dan cenderung membuat panik. Pada dasarnya, mesin cuci tidak cukup menerima daya listrik saat hal ini terjadi sehingga membuatnya sulit untuk berputar dan mulai bekerja. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah pakaian yang ada di dalam mesin untuk dibersihkan. Jika masih belum bisa juga, periksa kabel mesin cuci yang terhubung pada sumber listrik dan cabut untuk kemudian Anda pasang lagi. Anda dapat juga mencoba mencolok mesin ke sumber listrik lain karena barangkali sumber sebelumnya rusak.

Image Credit: Espares Blog
Image Credit: Espares Blog

7. Mesin cuci tidak dapat diisi air

Anda dapat melakukan pengecekan pada selang di dalam mesin dan pastikan tidak ada bagian yang tertekuk atau melingkar. Permasalahan ini juga bisa diakibatkan oleh katup yang rusak atau penyumbatan pada filter selang. Jika memang demikian, cabut kabel penghubung mesin cuci ke listrik, lepas selang dan periksa kelayakan kedua ujung selang beserta filternya.

Image Credit: pinkkorset
Image Credit: pinkkorset

8. Mesin cuci tidak dapat dikosongkan dari air

Permasalaha ini memiliki langkah antisipasi yang serupa dengan dua permasalahan sebelumnya yakni dengan melakukan pengecekan pada selang. Jika ada kotoran atau penyumbatan di dalam selang, mesin cuci jelas sulit untuk melakukan proses pengosongan air sebagai bagian penting dari siklus kerjanya.

Image Credit: Tribunnews
Image Credit: Tribunnews

Masih ada permasalahan lain yang kerap Anda temui pada mesin cuci di rumah? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah.

Jika penanganan masalah pada mesin cuci berada dalam jangkauan pemahaman Anda, jangan ragu untuk konsultasikan dan serahkan pada jasa perbaikan profesional terpercaya melalui Beres.id. Klik di sini untuk terhubung ke mereka dan lakukan pemesanan.

button request jasa