Inilah 7 Tanda Keberadaan Kutu Kasur Pada Tempat Tidur Di Rumah: Deteksi Dan Basmi!

Pernah merasa gatal atau perasaan tidak enak lainnya saat berbaring di tempat tidur di kamar Anda? Waspada, itu bisa jadi pertanda bersarangnya kutu kasur! Ukurannya yang relatif kecil membuat kita sulit melihatnya dengan mata telanjang. Namun bukan berarti bisa kita anggap remeh. Bersarangnya kutu kasur sepatutnya menjadi salah satu indikasi kamar yang kotor dan rawan terhadap penyakit: dari hal sepele seperti gatal-gatal yang mengakibatkan merah atau luka pada kulit hingga alergi akut yang dapat berakibat buruk jika dibiarkan terlalu lama.

Awali langkah Anda mengatasi permasalahan kutu kasur dengan kenali 7 pertanda sederhana tentang keberadaan mereka  berikut ini. Sudah siap untuk deteksi dan basmi?

1. Saat kenyamanan tidur atau berbaring di kasur berkurang 

Kutu kasur cenderung lebih aktif beraktifitas saat ada manusia yang sedang berbaring atau tidur tanpa kesadaran di atasnya. Terlebih lagi jika manusia tersebut sedang dalam keadaan usai beraktifitas penuh dan belum sempat mandi sebelum tidur. Itu sama halnya dengan memperluas area bermain bagi para kutu kasur. Jika Anda mulai merasa gatal atau seperti ada nyamuk yang menghinggapi kulit tubuh, besar kemungkinan kutu kasur adalah penyebabnya.

Image Credit: bedbugguide
Image Credit: bedbugguide

button request jasa

2. Deteksi dengan indera penciuman Anda 

Kutu kasur tergolong aktif menghasilkan feromon, atau zat alamiah yang dikeluarkan dari dalam tubuhnya. Berhubung umumnya keberadaan kutu kasur selalu dalam koloni, bau feromon yang dihasilkan pun tentunya berkali-kali lipat lebih mudah tercium. Kabar buruknya, bau yang dimaksud disini adalah bau yang tidak menyenangkan: umumnya bau  musty atau apek. Sederhananya, jika kamar khususnya bagian permukaan kasur sudah mulai berbau seperti kaus kaki basah atau ruang ganti gym yang penuh dengan manusia, Anda perlu melakukan inspeksi karena besar kemungkinan ada koloni kutu busuk di balik situasi tersebut.

Image Credit: Sleep Sugar
Image Credit: Sleep Sugar

3. Muncul bekas serangan kutu kasur pada tubuh Anda 

Adalah pertanda yang paling mudah dideteksi dan paling tidak kita inginkan tentunya. Bekas serangan mereka cenderung sulit dibedakan dengan bekas gigitan serangga lainnya seperti nyamuk. Namun berikut beberapa karakter yang kiranya dapat membantu Anda mengenali mereka dengan lebih baik.

 

  • Rupa bekas serangan: umumnya ditandai dengan area kemerahan (kecil hingga luas). Teksturnya juga beragam dari yang datar ‘gradakan’ hingga bentol.
  • Rasa yang ditimbulkan: umumnya gatal namun tidak menutup kemungkinan jejak serangan mereka hanya sekadar membekas tanpa rasa gatal.
  • Daerah pada tubuh yang jadi sasaran: area manapun yang tidak tertutup. Namun sasaran empuk mereka umumnya sekitar mata kaki, tangan, leher, dada dan punggung.
  • Waktu serangan: kutu kasur termasuk hewan nocturnal. Mereka aktif bermain di malam hari. Namun semakin minim pencahayaan matahari langsung di kamar Anda, semakin panjang pula ‘jam main’ para kutu busuk ini.
  • Pertanda lain: bekas gigitan kutu kasur umumnya tidak hanya satu dalam satu serangan. Karakter unik mereka adalah bagaimana mereka cenderung menggigit lebih dari satu wilayah sebagai ‘percobaan’ hingga mereka menemukan wilayah yang paling enak pada permukaan kulit kita untuk disantap darahnya. Karena itu, umumnya bekas gigitan kutu kasur akan berpola seperti yang disebutkan sebelumnya.
Image Credit: Medical News Today
Image Credit: Medical News Today

 

4. Nampak bekas kotoran atau kutus kasur

Wujudnya seperti tinta pena berwarna hitam yang bocor. Faktanya, kotoran kehitaman ini adalah bekas darah santapan kutu kasur yang sudah dicerna. Untuk memastikan apakah itu benar-benar kotoran kutu kasur, Anda hanya perlu coba menyeka permukaan yang kotor dengan selembar kain yang dibasahi atau tisu basah. Jika kotoran meninggalkan bekas, terlebih lagi berbau, maka benar kalau bekas kotoran tersebut adalah milik koloni kutu kasur.

Image Credit: Pest Hacks
Image Credit: Pest Hacks

5. Ditemukannya telur kutu kasur 

Telur kutu busuk umumnya nampak seperti butiran-butiran beras dengan ukuran 3 kali lebih kecil. Masih dapat ditangkap dengan mata telanjang meskipun tidak begitu jelas. Jika diperhatikan, teksturnya sedikit menyerupai mutiara yang nampak halus dan fragile. Anda dapat melakukan inspeksi keberadaan telur kutu busuk ini setiap permukaan kasur serta sprei yang menyelimutinya. Satu kutu kasur betina dikatakan mampu melahirkan 5 telur setiap harinya dan 500 telur seumur hidupnya. Bayangkan berapa banyak pasukan kutu kasur yang akan lahir dari koloni hama kecil satu ini jika kita tidak segera mengambil tindakan!

Image Credit: What Kills Bed Bugs
Image Credit: What Kills Bed Bugs

6. Ada cangkang atau kulit kutu menyerupai remahan popcorn berserakan 

Ukurannya relatif lebih kecil dari kutu kasur pada umumnya yakni sekitar 2.5 mm hingga 4.5 mm. Bentuknya seperti kerangka transparan yang berbentuk cenderung sama dengan kutu kasur aslinya. Kalau diperhatikan, hal ini hampir menyerupai remah-remah popcorn klasik. Beda seperti telur kutu yang dapat ditemukan di permukaan kasur, cangkang atau kulit kutu lebih umum berserakan di rongga atau celah kerangka kasur khususnya yang terbuat dari kayu.

Image Credit: Pest hacks
Image Credit: Pest hacks

7. Jika kutu kasur dewasa terlihat dengan mata telanjang

Pertanda paling tidak menyenangkan yang bisa terjadi. Yakni ketika Anda dapat melihat dengan mata kepala sendiri seekor serangga yang menyerupai biji buah Apel dengan ukuran 4.5 hingga 8.8 mm berlarian di permukaan kasur Anda. Warnanya tidak melulu hitam karena kutu kasur yang kekenyangan akan darah biasanya akan berwarna cukup kemerahan. Jika pertanda satu ini sudah muncul, bisa dikatakan situasi tempat tidur Anda sudah siaga satu akan hama kecil menyebalkan satu ini.

Image Credit: Pest Strategies
Image Credit: Pest Strategies

Perlu kembali kami sampaikan, 7 pertanda ini hanyalah cara mudah dan praktis sebagai langkah awal inspeksi hama kecil satu ini. Dalam banyak kasus, kutu kasur bisa dengan mudahnya hidup, berkoloni, dan menjalankan ‘fungsi’nya tanpa sepengetahuan kita.

Maksimalkan usaha Anda membebaskan rumah khususnya kamar tidur Anda dari kutu kasur dengan rutin melakukan inspeksi menyeluruh, rutin mengganti sprei kasur, hingga sesekali memanfaatkan jasa profesional terpercaya yang ahli dalam membersihkan setiap sudut rumah hingga kembali bersih. Klik di sini untuk terhubung dengan mereka!

button request jasa