Inilah 7 Penyebab Pipa Air Bocor Yang Patut Anda Ketahui

 

Mengetahui penyebab pipa air bocor adalah informasi yang wajib Anda sebagai pemilik rumah ketahui. Dari mulai perkara shower di kamar mandi mampet, kran wastafel terus-terusan meneteskan air padahal sudah dimatikan, hingga semprotan air dari selang di halaman rumah tidak begitu kencang adalah beberapa kemungkinan buruk yang dapat dihindari jika kita tahu apa yang dapat menjadi penyebab pipa air bocor. Selamat menyimak dan mulai beraksi!

 

Image Credit: Buildpedia
Image Credit: Buildpedia

1. Proses Korosi

Kualitas pipa tidak akan selamanya bertahan baik. Korosi adalah hal yang tidak bisa dihindari terutama jika sudah belasan tahun lamanya berlalu sejak pipa di rumah Anda dipasang untuk pertama kalinya. Proses korosi, yang umumnya sulit dideteksi, lama kelamaan akan membentuk bukaan yang berujung terjadinya kebocoran pada pipa saluran air. Selain dipengaruhi oleh umur pipa, senyawa kimiawi yang terkandung dalam air di rumah Anda juga turut diperhatikan. Mineral dan pH yang tidak seimbang akan mempercepat proses korosi tersebut terjadi.

Image Credit: Rent Post
Image Credit: Rent Post

button request jasa

2. Penyumbatan

Adanya penyumbatan, khususnya di bagian yang memiliki tekanan air tinggi, berpotensi menyebabkan keretakan yang berujung kebocoran di saluran air. Inilah mengapa Anda perlu selalu memastikan bahwa saluran air di rumah bebas dari berbagai masalah penyumbatan. Lakukan pembersihan secara rutin dan waspada terhadap benda yang rawan menyumbat hingga menjadi penyebab pipa air bocor.

Image Credit: Real Homes
Image Credit: Real Homes

3. Tekanan Air

Jangan terlena dengan kenyamanan akan tingginya tekanan air di rumah. Hal itu mungkin menjadi hal yang baik bagi Anda namun perlu Anda ketahui, semakin tinggi tekanan air semakin tinggi pula resiko keretakan pada pipa saluran dapat terjadi. Jika sudah retak, hal seperti kebocoran pun akan sulit untuk dihindari. Atur agar tekanan air di rumah tetap dalam batas wajar.

Image Credit: RumahHokie
Image Credit: RumahHokie

4. Kualitas Plester Tembok

Kasus yang cukup umum terjadi adalah ketika plester tembok yang digunakan berkualitas buruk dan terlalu keras menekan permukaan pipa saluran. Pipa yang tertekan lama kelamaan pun akan retak dan tidak menutup kemungkinan untuk pada akhirnya pecah. Disitulah kebocoran yang tidak diinginkan dapat mutlak terjadi.

Image Credit: Drain It
Image Credit: Drain It

5. Jenis Pipa

Jenis pipa yang dapat Anda peroleh di pasaran sangatlah beragam. Rule of thumb: jangan beli pipa dengan harga termurah khususnya untuk pemasangan di balik tembok. Untuk pemasangan di luar tembok, bukan masalah jika Anda ingin menggunakan jenis pipa dengan harga yang lebih ekonomis karena tidak akan sulit bagi Anda untuk memonitor dan bertindak jika sewaktu-waktu terjadi gangguan atau kerusakan.

Image Credit: Plumber in College Station
Image Credit: Plumber in College Station

6. Bergesernya Pipa

Bergesernya pipa dapat diakibatkan oleh banyak hal, antara lain: fondasi rumah yang tidak kokoh, erosi, serta bencana alam khususnya banjir atau gempa bumi. Sebelum mencapai tahap kebocoran, umumnya Anda menemukan kasus seperti rendahnya tekanan air, keruhnya warna air yang mengalir, dan terdengarnya bunyi air mengalir dari balik tembok rumah.

Image Credit: Express Plumbing NJ
Image Credit: Express Plumbing NJ

7. Buruknya Kualitas Pemasangan

Pemasangan pipa saluran air wajib dilakukan oleh tenaga profesional terpercaya. Strategi pemasangan yang benar bukanlah hal yang remeh karena jika salah perhitungan, kebocoran dapat terjadi kapan saja. Jika Anda bukanlah orang pertama yang menjadi pemilik dari hunian Anda saat ini, ada baiknya Anda menggunakan jasa profesional yang memeriksa kelayakan pipa yang terpasang dan mengukur potensi terjadinya kebocoran sebelum itu terjadi.

 

button request jasa