Inilah 6 Jenis Permasalahan Umum Pada Kulkas Yang Perlu Anda Waspadai

Rusaknya unit kulkas di rumah umumnya termasuk dalam kategori permasalahan paling tidak menyenangkan bagi para pemilik hunian. Peran kulkas bisa dibilang krusial mengingat fungsinya sebagai wadah menyegarkan sekaligus mendinginkan makanan khususnya minuman yang kita butuhkan sehari-harinya.

Baik itu pada bagian lemari penyimpanan atau freezer, sumber permasalahan kulkas biasanya ada pada bagian pipa yang bocor, tabung gas Freon yang terisi terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak, kumparan motor yang rawan korsleting, hingga kompresor yang bocor.

Penyebab umum yang disebutkan di atas berdampak pada 6 jenis permasalahan pada kulkas berikut ini. Selamat menyimak dan pssst… jangan khawatir, pembahasan akan disertai dengan solusinya juga!

Image Credit: Image Credit:
Image Credit: speedysubzero

1. Kulkas Mati Total

Umumnya ini terjadi karena aliran listrik tidak dapat masuk pada komponen-komponen yang ada di dalam kulkas. Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan kabel untuk memastikan mereka berfungsi dengan baik. Lebih baik lagi jika Anda memiliki Ohm Meter di rumah untuk menguji kelayakan fuse. Jika kedua hal ini sudah Anda lakukan dan masih tidak ada juga tanda-tanda kehidupan pada kulkas, segera konsultasikan masalah ini pada tenaga jasa profesional sebelum kerusakan menjadi semakin parah.

2. Kulkas Tidak Dingin

Kulkas yang tidak dingin memiliki banyak kemungkinan penyebab. Bisa berasal dari refrigran yang mengalami kebocoran, kerusakan kompresor karena tidak dapat dialiri oleh listrik secara layak, hingga rusaknya kapasitor. Solusi paling bijak adalah dengan menggunakan jasa profesional untuk melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen pada kulkas berhubung kemungkinan penyebab yang disebutkan sebelumnya tergolong sensitif. Hal ini juga dapat menghindari kerusakan lebih jauh jika Anda, terutama yang awam dalam hal elektronik, turun tangan sendiri.

Image Credit: ebylife
Image Credit: ebylife

3. Freezer Dingin Tidak Merata

Jika freezer di rumah Anda tidak dingin secara merata dan berfungsi sebagaimana mestinya, besar kemungkinan adanya masalah pada refrigran yang alirannya tersumbat, kompresor rusak, komponen utama kulkas yang kekurangan oli, kondensor yang tidak maksimal dalam membuang panas dari unit kulkas, evaporator yang kotor atau bahkan suhu lingkungan terlalu tinggi yang tidak diimbangi dengan fungsi heater yang baik (atau tidak adanya heater sama sekali. Dari berbagai kemungkinan yang disebutkan, Anda dapat mulai dengan melakukan pengecekan pada jalur sirkulasi refrigran mengingat komponen ini adalah salah satu penyokong utama di balik kinerja freezer pada kulkas.

4. Atau Dingin Merata Namun Tidak Maksimal

Masih seputar freezer, permasalahan lain yang mungkin terjadi adalah ketika tingkat kedinginan freeer pada unit kulkas di rumah Anda tidak maksimal. Indikasi paling jeals dari situasi ini adalah ketika es pada freezer mencair dan kesulitan untuk kembali membeku seperti sedia kala. Jika sudah begini, permasalahan umumnya terdapat pada beban dalam freezer yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan kapasitas. Selain itu, penyebab lain juga bisa Anda temukan pada evaporator yang telah tertumpuk kotoran atau rusaknya beberapa komponan seperti panel pengatur suhu, timer, overload.

Image Credit: cnet
Image Credit: cnet

5. Chiller Tidak Dingin

Timer dan heater yang tidak berfungsi dengan baik adalah tersangka utama situasi ini dapat terjadi. Gangguan pada kinerja keduanya berpengaruh terhadap menumpuknya endapan kotoran sisa makanan atau bunga es yang lama kelamaan mengakibatkan adanya penyumbatan. Solusi pertama yang bisa coba Anda lakukan adalah dengan membersihkan saluran udara pada unit kulkas khususnya bagian yang menghubungkan freezer dengan chiller. Bila masih belum teratasi, konsultasikan hal ini pada tenaga ahli profesional dan lakukan pengecekan pada timer dan heater unit kulkas di rumah Anda.

6. Mesin Kulkas Tidak Bekerja

Masalah paling mengkhawatirkan ketika unit kulkas tidak bekerja sama sekali saat dicolokkan ke sumber listrik. Jika hal ini terjadi, Anda juga tidak akan dapat mendengar pergerakan motor pada mesin kulkas begitu juga dengan kompresornya. Cara terbaik untuk jenis kerusakan ini adalah dengan menggunakan tenaga profesional untuk melakukan pengecekan menyeluruh dan membantu Anda mencari dimana titik permasalahannya.

Image Credit: LG
Image Credit: LG

Tahukah Anda kini Beres.id telah terhubung dengan sejumlah pilihan penyedia jasa servis kulkas? Mulai dari isi freon, penggantian filter, penyedia sparepart, penggantian relay PTC, hingga perbaikan kerusakan-kerusakan minor lain di seluruh bagian kulkas, para tenaga profesional ini siap memberikan Anda solusi. Klik di sini untuk cek harga dan lakukan pemesanan.

 

button request jasa