Inilah 15 Aplikasi Smartphone Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Bikin Hidup Lebih Mudah

Berasa nggak sih,  semangat start-up di Indonesia kini sedang sedemikian membara. Manusia kreatif di balik layar tersebut tengah asik berlomba-lomba mengulik permasalahan yang ada, khususnya di Indonesia, untuk dijadikan landasan dari inovasi bisnis cemerlang yang pada akhirnya bertujuan untuk memudahkan hidup orang banyak. Bagian paling seru dari kabar membahagiakan ini adalah fakta bahwa inovasi-inovasi yang dimaksud kebanyakan berbasis digital: hanya perlu “ketik”, “scroll”, lalu “click” untuk dapat memanfaatkannya!

Lapar? Tinggal pesan-antar. Pegal-pegal? Panggil jasa urut outcall. Sakit? Bisa order dokter ke rumah. Butuh informasi ini dan itu? Hanya perlu masukan kata kunci terkait dan semua tersedia. Berikut 15 aplikasi smartphone yang wajib kamu miliki untuk bikin hidup jadi lebih mudah!

 

Bagi kamu yang butuh diantar jemput kesana kemari

1. GOJEK

Pelopor jasa transportasi berbasis online karya anak bangsa ini mulai ‘dekat’ kehadirannya di tengah masyarakat pada awal tahun 2015. Bersanding dengan Grab, kini GoJek telah menjadi pilihan top of mind bagi masyarakat untuk hal mobilisasi. Selain Ojek Online,  GoJek nggak pernah kehabisan ide untuk memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang dimiliki masyarakat. Dari mulai Go-Food untuk layanan pesan-antar makanan, Go-Send untuk jasa kirim-terima dokumen, Go-Glam untuk panggil tukang rias ke rumah dan banyak jenis serba-serbi layanan lainnya yang bisa kamu ketahui lebih lanjut lewat fitur Bantuan  di aplikasi.

Image Credit: GoJek and Grab
Image Credit: GoJek and Grab

2. GRAB

Satu lagi jagoan dalam industri transportasi berbasis online yang belum lama ini mengakuisisi Uber. Sejak awal kehadirannya, Grab lebih dulu mengambil hati masyarakat karena sistem pricing yang jelas sehingga tidak perlu ada kekhawatiran tarif membengkak karena macet atau satu dua hal lainnya di tengah perjalanan. Fitur andalan lain dari Grab adalah jasa pesan-antar makanan dari restoran yang telah menjadi partner. Di pertengahan tahun 2018 lalu, Grab juga bekerja sama dengan OVO, sebuah aplikasi yang mengusung konsep ‘dompet online’. Melalui kerjasama ini, pengguna dibanjiri dengan banyak promo terbaik yang dapat dimanfaatkan.

 

Bagi kamu yang buta jalan

3. WAZE

Pilihan yang cocok bagi kamu yang buta jalan dan nggak pandai memahami tampilan peta. Aplikasi ini menyediakan arahan real-time serta dilengkapi dengan suara manusia sungguhan yang akan menemani kamu sampai ke lokasi tujuan.

Image Credit: Waze
Image Credit: Waze

4. MOOVIT

Ini adalah aplikasi bagi kamu-kamu dengan jiwa petualang yang nggak masalah naik satu bus ke bus lainnya untuk mencapai satu tujuan. Dengan Moovit, kamu akan diberikan beberapa alternatif cara mencapai lokasi yang kamu tuju. Entah itu bus, ojek, atau berjalan kaki, semua tersedia lengkap dengan estimasi waktu dari masing-masing alternatif yang ada.

Image Credit: Moovit
Image Credit: Moovit

5. TRAFI

Aplikasi yang nggak cuma berperan sebagai penunjuk jalan tapi juga sebagai perangkat lacak jadwal transportasi umum utama seperti Transjakarta dan Commuter Line. Menjalin kerjasama dengan Jakarta Smart City, Trafi diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dari masalah kemacetan berkepanjangan di kota besar seperti Jakarta.

Image Credit: Trafi
Image Credit: Trafi

 

Bagi kamu yang butuh bantuan buat ngurus rumah

6. BERES – SEWA LAYANAN

Beres – Sewa Layanan menghubungkan kamu dengan penyedia jasa profesional terkait urusan rumah. Dari mulai tukang pipa saat wastafel di dapur bocor, penjual wallpaper dinding saat kamu bosan dengan suasana ruangan di rumah, tukang ganti freon saat AC udah berasa nggak dingin lagi, ahli elektronik saat kulkas rusak, hingga pembasmi hama saat hunian sedang ramai kedatangan nyamuk, kecoa dan kawanan lainnya. Menariknya, lewat aplikasi ini kamu nggak hanya dihadapkan oleh satu melainkan beberapa alternatif penyedia jasa. Jadi kamu bisa bandingkan harga dan sesuaikan dengan kebutuhan!

online_cleaning_services_jakarta_beres.id_

Image Credit: Beres Id
Image Credit: Beres Id

 

Bagi kamu yang pengen punya badan sehat dan bugar tanpa harus ke gym

7. FREELETICS

Cocok untuk kamu yang nggak suka pergi ke gym dengan alasan budget atau terlalu sibuk sampai nggak bisa atur waktu. Ada banyak pilihan program olahraga yang bisa kamu ikuti. Sebelumnya mereka akan berikan beberapa referensi sesuai dengan data diri yang kamu input saat pendaftaran. Dalam setiap program, kamu bisa temukan panduan lengkap dan mendetail tentang gerakan yang harus kamu lakukan serta bagaimana dampaknya ke tubuh, Panduan juga dilengkapi dengan video sehingga kamu yang memang awam dengan istilah olahraga pun bisa dengan mudah memahami maksud dan cara melakukan setiap gerakan. Satu lagi hal menarik dari aplikasi ini: Personal Trainer Online!

Image Credit: Freeletics
Image Credit: Freeletics


Bagi kamu yang selalu kehabisan ide ’weekend enaknya ngapain,  ya?’

8. FAVE

Entah untuk makan, high tea, spa, facial, gunting rambut, atau massage, inspirasi mengisi waktu akhir pekan akan kamu dapatkan hanya dengan scroll dan tap saat menjelajahi aplikasi FAVE. Di dalamnya, tersedia banyak sekali alternatif penawaran menarik seputar gaya hidup (makan di restoran berbintang dengan diskon 70%, anyone?) yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa nggak perlu ribet gunakan cash saat transaksi karena aplikasi ini juga dilengkapi dengan dompet online yang bisa kamu manfaatkan.

Image Credit: Fave
Image Credit: Fave

 

Bagi kamu yang lagi nggak enak badan, butuh penanganan tapi nggak kuat jalan ke klinik atau hanya ke apotek terdekat sekalipun

9. HALODOC

Terobosan brilian di bidang kesehatan! Di sini kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter via telepon atau video call. Fitur lain yang bisa kamu manfaatkan antara lain jasa pesan-antar obat dari apotek terdekat dan portal untuk terhubung dengan apotek, klinik atau rumah sakit di sekitarmu. Mengingat urusan kesehatan adalah prioritas semua orang, Halodoc jelas merupakan aplikasi smartphone yang wajib kamu miliki.

Image Credit: HaloDoc
Image Credit: HaloDoc

 

Bagi kamu yang suka kebingungan harus nonton apa di bioskop

10. BOOKMYSHOW

Kebingungan sebelum datang ke bioskop: antara kebelet nonton tapi nggak familiar sama alternatif film yang lagi tayang atau sebaliknya yakni saat terlalu banyak film yang keliatan seru buat ditonton sampai bingung harus nonton yang mana dulu. Kegelisahan seperti ini yang coba dipecahkan oleh Bookmyshow. Lewat Bookmyshow, kamu bisa lebih mudah ambil keputusan film mana yang kamu tonton dengan simak trailer-nya, membaca review dan bagaimana rating atau penerimaan setiap film. Selain itu, kamu juga bisa lakukan transaksi pembelian tiket langsung melalui aplikasi ini lho!Nggak jarang ada penawaran-penawaran seru lain seperti potongan harga tiket atau promo buy 1 get 1.

Image Credit: BookMyShow
Image Credit: BookMyShow

 

Bagi kamu yang dompetnya terlalu tebal (wow!)

11. ALA CARDS

Namun… karena kebanyakan member card suatu produk tertentu dan kartu promosi lainnya :’) Dengan Ala Cards, kamu bisa input data kartu membership atau jenis kartu promosi lainnya sehingga mengubah mereka menjadi data digital. Kamu pun bisa gunakan berbagai jenis penawaran atau promosi yang ditawarkan kartu-kartu tersebut hanya lewat satu aplikasi Ala Cards ini. Dompet kamu jadi lebih tipis dan nggak rawan copet deh!

Image Credit: A La Cards
Image Credit: A La Cards

 

Bagi kamu yang lagi hunting kost-an atau unit apartment

12. MAMI KOS

Aplikasi pihak ketiga yang menghubungkan calon anak kos dengan pemilik kamar kos. Calon ‘anak kos’ bisa melacak keberadaan kamar kos yang tersedia di daerah sekitarnya. Kamu juga bisa melacak kesediaan kamar kost ini dengan basis check point kampus kamu, misalnya. Sehingga lebih mudah untuk hunting tanpa harus benar-benar terjun ke lapangan.

Image Credit: Mami Kos
Image Credit: Mami Kos

13. URBAN INDO

Sama halnya dengan Mami Kos, Urban Indo juga bisa kamu andalkan saat hunting kost-an. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga lama dikenal sebagai portal berbagai informasi seputar properti di Indonesia secara umum. Jadi nggak sebatas kamar kost-an, kamu yang lagi cari alternatif unit apartment atau rumah utuh pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Image Credit: Urban Indo
Image Credit: Urban Indo

 

Bagi kamu yang butuh asisten dalam atur keuangan

14. MONEY LOVER

Money Lover bisa bantu kamu monitor pendapatan dan pengeluaran tiap bulannya. Dengan pelacakan digital yang tergolong rapih seperti ini, kamu pun akan dengan mudah mengatur keuangan kamu. Nggak ada lagi tuh alasan untuk boros! Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa pihak bank swasta. Kamu juga bisa bagikan visibilitas arus keuangan kamu di aplikasi dengan keluarga atau kerabat untuk tujuan tertentu.

Image Credit: Money Lover
Image Credit: Money Lover

15. SPLITWISE

Cocok bagi kamu yang tinggal satu rumah atau unit apartment bareng dengan teman-teman. Karena selain bekerja sebagai pengatur keuangan digital, fokus dari aplikasi ini juga mencakup manajemen utang piutang serta patungan antara kamu dengan orang lain di dalam satu kelompok. Nggak perlu lagi repot catat dan nagih hutang satu sama lain, deh!

Image Credit: Splitwise
Image Credit: Splitwise