Ini Alasan Krusial Mengapa Fotografer Profesional Mengenakan Biaya Mahal

fotografer sedang melakukan aksi pemotretan dengan kamera profesional

Sebagian besar orang berandai-andai dan berpikir bahwa menjadi seorang fotografer adalah hal yang mudah. Hanya perlu menghabiskan beberapa jam dan menekan beberapa tombol, kemudian selesai. Namun, pada kenyataannya, pekerjaan ini tidak semudah yang dikira. Fotografer yang handal dan berpengalaman menguraikan banyak validasi akan tarif tinggi yang dikenakan. Simak beberapa alasannya dibawah ini.

1. Fotografer Mengorbankan Banyak Waktu dan Energi

Fotografer tidak mulai bekerja saat hari yang ditentukan tiba, tapi jauh sebelum itu. Biasanya, fotografer mulai bekerja berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum pengambilan gambar berlangsung. Biasanya, mereka melakukan recce untuk memeriksa lokasi, merencanakan pengambilan gambar, bertemu dengan tim kreatif (termasuk konsultan makeup artist/ penata rias dan stylist/ penata busana), dan berdiskusi dengan klien beberapa kali sebelum hari pemotretan.

fotografer sedang melakukan pengeditan foto atau pasca-produksi setelah pemotretan
Source: Rocketstock

Tidak hanya itu, alih-alih bersantai, fotografer harus mengerjakan aspek pasca-produksi/ editing setelah pemotretan, memilih gambar yang akan digunakan dan kemudian mengeditnya. Di tahap ini, suntingan dasar, seperti penyesuaian pada pencahayaan, sorotan, bayangan, ketajaman, kejenuhan, warna, dan pekerjaan retouching lainnya akan dikerjakan. Waktu yang dihabiskan juga tidak sedikit. Proses ini bisa berlangsung selama empat atau lima jam (minimal) dan juga rentang beberapa hari.

Jadi jika anda memberi kompensasi jutaan rupiah kepada fotografer profesional, anda tidak hanya membayar untuk layanan yang diberikan hanya dalam satu sesi pemotretan, tetapi anda sebenarnya telah membayar untuk pekerjaan yang dilakukan selama beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan.

2. Fotografer Profesional Membutuhkan Keterampilan Khusus

fotografer profesional dan berpengalaman dengan keahlian dan skill khusus
Source: sowedding.ca

Memiliki kamera dan mengetahui cara menggunakannya tidak otomatis menjadikan anda seorang fotografer profesional. Fotografi adalah keterampilan yang dikembangkan, diperbaiki serta ditingkatkan melalui latihan dan pembelajaran berkelanjutan. Ini bukan keterampilan yang dapat diperoleh dalam satu malam. Dengan kata lain, fotografer profesional mengenakan biaya tinggi untuk skill atau keahlian khusus, dan sudut pandang fotografi yang jeli dan berbeda dari fotografer amatiran lainnya.

3. Perlengkapan Profesional Dengan Harga Puluhan Bahkan Ratusan Juta

penggunaan kamera drone untuk pemotretan
Source: aerielphotographybook.com

perlengkapan kamera fotografer profesional

Fotografer profesional tidak berkompromi dengan kualitas perlengkapannya. Mereka membeli peralatan profesional yang menghabiskan puluhan bahkan ratusan juta untuk mendapatkan beberapa bodi kamera, lensa terbaik untuk berbagai situasi dan angle, peralatan flash, tripod, lampu berdiri, latar belakang, alat peraga, kotak bawaan dan penyimpanan.

Tidak hanya itu, mereka membeli lisensi profesional untuk perangkat lunak dan solusi penyimpanan back-up yang berbeda. Bagi fotografer, perlengkapan profesional ini adalah investasi terbaik mereka untuk memuaskan keinginan para klien.

4. Tidak Kompromi & Banyak Alasan

Source: youtube.com
Source: youtube.com

Fotografer profesional bekerja tanpa kompromi. Mereka akan memberikan yang terbaik yang mereka bisa. Dalam situasi ini, seluruh bisnis, mata pencaharian, dan nama baik mereka dipertaruhkan. Selain itu mereka tidak akan mundur dari tugas berat, misalnya pemotretan dengan cuaca ekstrem atau spot foto yang tidak biasanya. Mereka akan pergi ke lokasi, menggunakan kemampuan maksimal, dan memberikan yang terbaik untuk kepuasan klien.

5. Pengalaman & Portofolio Yang Tak Perlu Diragukan

portofolio dan hasil pemotretan fotografer profesional yang tidak perlu diragukan
Source: medianovak.com

Pengalaman adalah hal yang tidak dapat dibeli atau dipalsukan. Fotografer profesional yang terbiasa bekerja dengan berbagai klien dapat mengerti dan memahami keinginan anda, dan membantu merealisasikannya. Mereka juga mampu memberi saran mengenai elemen pemotretan yang dibutuhkan, seperti warna dan tipe gaun yang cocok sesuai tema, tatanan wajah & rambut, masukan untuk pose dan angle, dan lain-lain.


Acara penting atau hari spesial seperti pernikahan, pertunangan, ulang tahun, anniversary, atau prewedding merupakan momen penting yang tidak bisa didapatkan kembali. Bisa saja untuk mencari jalan pintas dengan memakai jasa fotografer amatiran, tapi hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas, profesionalisme, dan ketenangan pikiran Anda. Bagaimana jika saat-saat penting seperti wedding kiss, momen menuju altar, atau momen meniup lilin terlewatkan atau hasil yang keluar tidak sesuai harapan? Pastinya anda tidak ingin menyesali dan meratapi foto buruk seumur hidup, kan?

Oleh sebab itu, pastikan fotografer yang Anda sewa benar-benar profesional, berpengalaman, dapat diandalkan, dan pastinya, mengabadikan momen berharga Anda dalam foto yang indah & berkualitas tinggi. Booking jasa fotografer melalui www.beres.id dan dapatkan penawaran harga dari fotografer di platform kami untuk dibandingkan. Anda dapat menyesuaikan dengan budget, dan mengutarakan preferensi anda terlebih dahulu sebelum menyewa. Pilih yang terbaik dan tercocok untuk Anda!

button request jasa


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica