Ingin AC Rumah Anda Awet & Tahan Lama? Jangan Lewatkan Langkah Berikut!

Pernahkah anda membayangkan bagaimana rasanya beraktivitas dan beristirahat di cuaca Jakarta yang bertemperatur 32┬░C tanpa AC? Pastinya anda akan merasa kepanasan, berkeringat, kulit lengket, dan tidak nyaman, bukan? Di saat-saat seperti ini, peranan AC atau pendingin ruangan ini pun menjadi sangat signifikan.

service AC secara rutin agar AC tahan lama dan awet

Apapun tipe atau merek AC yang anda gunakan di rumah, anda dianjurkan untuk melakukan perawatan AC secara berkala demi menjaga ketahanan dan keawetan AC. Dengan menjaga agar sistem dan mesin AC tetap awet, anda juga dapat mencegah biaya tagihan listrik yang membengkak.

1. Posisi Condenser/ Outdoor AC

Penempatan outdoor AC harus dilakukan dengan tepat. Letakkan outdoor AC di ruang terbuka namun pada posisi yang teduh (re: tidak langsung terpapar sinar matahari atau terkena hujan). Hal ini dikarenakan outdoor AC harus membuang kalor atau udara panas. Selain itu,  hindari meletakkan tumpukan barang-barang di sekitar atau di atas outdoor AC anda ya!

Pertimbangkan posisi condenser/ Outdoor AC saat memasang AC di rumah

2. Tutup Rapat Jendela & Pintu

Untuk menjaga agar ruangan tetap dingin, anda disarankan untuk selalu menutup jendela dan pintu. Mengapa? Karena semakin sering anda membuka-tutup pintu & jendela dan semakin lama anda membiarkannya terbuka, suhu ruangan pun akan meningkat dan hal ini menyebabkan sistem AC bekerja lebih keras.

Pastikan anda menutup jendela & pintu rumah saat AC dinyalakan
Source: scgka.com

3. Matikan Lampu & Alat Elektronik

Cahaya lampu dan alat-alat elektronik seperti laptop, komputer, dan TV yang menyala selama berjam-jam menghasilkan panas/ kalor yang cukup besar. Hal ini juga mengakibatkan sistem AC bekerja lebih keras.

Matikan alat-alat elektronik seperti laptop, komputer, lampu, dan TV
Source: illigoisnoc.com

4. Isi Freon AC

Pernahkah anda merasa ruangan tidak dingin padahal AC telah dinyalakan dalam waktu lama? Freon merupakan pendingin dari unit AC. Oleh karena itu, saat AC sudah terasa tidak dingin, anda dianjurkan untuk mengisi ulang freon AC untuk mengembalikan kinerjanya. Hindari membiarkan sistem AC bekerja keras tanpa benar-benar menghasilkan udara dingin.

isi ulang freon AC saat AC tidak dingin
Source: lubbockonline.com

5. Kontrol & Periksa Kabel AC

Pengontrolan kabel listrik AC dianjurkan untuk mencegah terjadinya konsleting listrik. Selain itu, anda juga dapat mendeteksi masalah kelistrikan seperti kebocoran listrik dan mengambil tindakan-tindakan pencegahan yang diperlukan.

6. Lakukan Service AC Secara Rutin

Agar AC awet dan tahan lama, jangan lupa lakukan perawatan dan service AC secara berkala. Selain itu, anda dapat meminimalisir biaya tagihan berlebihan yang tidak diinginkan dengan melakukan servis. Jika anda membutuhkan jasa service AC handal, profesional, dan terpercaya, kirimkan permintaan kerja melalui Beres.id. Anda dapat memilih penyedia jasa servis AC sesuai budget dan preferensi.


Written by Cindy Junovica