Hati-hati! 10 Benda Ini Dapat Jadi Penyebab Pipa Air Rumah Macet

Pipa air rumah macet padahal Anda merasa sudah merawatnya dengan baik dan benar? Tenang, Anda tidak sendirian! Perawatan memang bukan satu-satunya yang ambil peran membuat pipa air rumah bebas macet. Cara penggunaan juga tentunya perlu turut diperhatikan. Salah satunya adalah benda apa yang kerap berinteraksi dengan saluran air di rumah selama penggunaan. Dari rambut hingga minyak bekas makanan, inilah 9 benda yang dapat jadi penyebab pipa air rumah macet.

1. Rambut

Kamar mandi menjadi lokasi sering ditemukannya helaian rambut. Satu dua hela masih bukan sebuah masalah. Namun jika sudah menumpuk dan masuk ke saluran air, di situlah Anda temui resiko pipa air rumah macet. Berhubung jatuhnya helaian rambut sulit untuk dihindari khususnya saat mandi, jangan tunda untuk ambil dan buang dengan benar saat Anda menemuinya. Jangan biarkan sampai menumpuk dan masuk ke dalam saluran air.

Image Credit: Balkan Drain Cleaning
Image Credit: Balkan Drain Cleaning

2. Minyak dan lemak makanan

Lokasi rawan dimana keduanya berada tentu lah tempat cuci piring. Tahukah Anda bahwa baik minyak dan lemak pada sisa makanan lambat laun dapat mengendap hingga berujung menyumbat pipa saluran air rumah Anda? Ini adalah fenomena yang tidak dapat dihindari karena sudah sewajarnya Anda mencuci piring di tempat cuci piring. Namun Anda dapat memperlambat prosesnya yakni dengan merendam terlebih dahulu piring atau bekas wadah makanan berlemak di dalam kontainer lain. Cuci di tempat cuci piring ketika wadah-wadah ini sudah memiliki lebih sedikit minyak atau lemak menempel.

Image Credit: Canada Plumbing
Image Credit: Canada Plumbing

3. Tisu dan kawan-kawan

Hal yang tergolong sering diremehkan. Tekstur tisu yang tipis kerap membuat kita berpikir kalau bukan masalah besar jika kita buang mereka ke toilet, misalnya. Padahal, tisu khususnya tisu basah mustahil terurai dan membaur dengan air begitu saja. Sebaliknya, mereka akan mengendap dan hanya akan membuat pipa air rumah macet. Selain tisu, perangkat kosmetik lainnya seperti kapas atau cotton bud juga perlu dihindari saluran air di rumah Anda.

Image Credit: Taiwan News
Image Credit: Taiwan News

4. Pembalut wanita

Mustahil? Tidak. Masih banyak ditemukan kasus ‘penemuan spektakuler’ berupa pembalut wanita yang tersangkut di pipa air baik di rumah atau tempat-tempat umum. Dari segi ukuran hingga komponen yang membentuk satu pembalut, kami rasa tidak perlu ada penjelasan lagi mengapa pembalut wanita tidak boleh sampai lolos masuk ke toilet atau saluran air lain di rumah. Sediakan tempat sampah kecil di toilet rumah Anda untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini.

Image Credit: Youtube
Image Credit: Youtube

5. Cangkang telur

Familiar dengan miskonsepsi bahwa potongan-potongan cangkang telur dapat memperlancar jalannya air di saluran atau pipa rumah? Nyatanya, cangkang telur justru berpartisipasi menjadi penyebab pipa air rumah macet. Selain itu, membran cangkang yakni lapisan terluar kedua setelah cangkang juga tergolong padat dan membahayakan kerja pipa air di rumah.

Image Credit: Homeowner FAQS
Image Credit: Homeowner FAQS

6. Kulit dan serabut dalam buah

Potongan kecil dari kulit buah sering terjatuh begitu saja di tempat cuci piring saat proses pemotongan. Terkadang kita membiarkan begitu saja sampai pada akhirnya mereka menumpuk dan membuat pipa air rumah macet. Selain itu, serabut pada buah (seperti yang kita dapat temukan pada jeruk) juga tidak kalah berperan menjadi penyumbat pipa air di rumah karena sifat mereka yang sulit melebur.

Image Credit: Food and Cooking Guide
Image Credit: Food and Cooking Guide

7. Tepung dan makanan jenis fiber lain

Tepung sisa-sisa memasak juga jika dibiarkan dapat mengendap dan berujung membuat pipa air rumah macet. Selain tepung, Anda juga perlu mewaspadai jenis makanan lain yang berbahan fiber. Ambil contoh kentang; seperti halnya mie, kentang juga dapat membengkak jika terlalu lama dibiarkan mengendap. Ukurannya yang membesar pun jelas akan membuat pipa air rumah macet. Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan tidak ada sisa berupa potongan sekecil apapun Anda biarkan masuk ke saluran air khususnya di tempat cuci piring.

Image Credit: Dreamstime
Image Credit: Dreamstime

8. Mainan anak

Baik mainan yang berbahan solid hingga slime, mainan anak Anda juga benda yang perlu diwaspadai karena dapat ambil bagian dari masalah pipa air rumah macet. Biarkan mereka bermain namun awasi jangan sampai ada satu pun dari mainan mereka yang terbuang di saluran air rumah Anda.

Image Credit: Ramper
Image Credit: Ramper

9. Pasir kucing

Perhatikan dengan baik saat Anda membersihkan kandang atau wadah bermain kucing kesayangan Anda di rumah. Pastikan sebelum membilasnya di kamar mandi, pasir-pasir kucing yang ada pada wadah ini telah terlebih dahulu disisihkan di tempat lain atau dibuang. Pasir-pasir kucing ini mudah mengendap dan membuat pipa air rumah macet.

Image Credit: 123RF
Image Credit: 123RF

10. Teh dan kopi

Baik itu sisa teh atau pun ampas kopi, keduanya dapat menyebabkan pipa air rumah macet jika dibiarkan menumpuk dan masuk ke saluran air terlalu sering. Biasakan untuk membuang residu-residu sejenis ini di tempat sampah sebelum gelas-gelas yang mewadahinya Anda cuci. Jika beberapa penyebab tersebut sangat sulit diperbaiki, jangan paksakan diri Anda untuk membetulkan permasalahan ini. Mengapa? Jawabanya dapat Anda baca di artikel ini.

Image Credit: Sun Gazing
Image Credit: Sun Gazing

 

button request jasa